10 Tips menjaga dan merawat layar smartphone

  • Whatsapp

Pentingnya Menjaga dan Merawat Layar Smartphone, Simak Langkah-langkah Berikut!

Saat ini hampir semua orang telah menggunakan ponsel layar sentuh. Memang penggunaan dapat terasa lebih mudah, layar lebih lega terlebih ketika digunakan untuk menonton video, bermain game atau keperluan lainnya. Belum lagi semua itu ditunjang dengan dapur pacu dan kapasitas baterai yang besar.

Read More

Namun, rupanya intensitas penggunaan ponsel yang besar dapat memengaruhi performa layar. Semakin sering digunakan semakin besar pula potensi kerusakan. Karena saat sedang digunakan, banyak hal yang bisa terjadi dan dapat mengakibatkan kerusakan. Ketika layar ponsel sudah rusak, tentu ponsel akan sangat sulit digunakan bahkan berpotensi tidak dapat digunakan kembali atau membutuhkan biaya perbaikan yang mahal.

Kini banyak layar ponsel yang sudah dilengkapi dengan lapisan Gorilla Glass yang memiliki perlindungan layar lebih tinggi. Namun, hal itu tidak cukup jika cara pemakaian ponselnya tidak sesuai. Maka, fasilitas seperti apapun tidak akan berpengaruh.

Beberapa masalah sering  terjadi karena intensitas pemakaian dan cara pemakaian yang salah atau sembarangan. Jika dibandingkan dengan ponsel tombol, ponsel layar sentuh memang lebih rentan. Hanya saja fitur menarik dari ponsel masa kini tersebut membuatnya banyak diminati. Sebagian besar layar ponsel mudah kotor dan menjadi rentan. Belum lagi pada saat menggunakannya kotoran di tangan dapat menempel pada layar. Menekan layar secara berlebihan pun dapat membuat respon layar berkurang atau menjadi kurang peka.

Begitupun dengan tempat penyimpanan ponsel yang tidak sesuai, sering terjatuh, dan berbagai kelalaian lainnya dapat mengakibatkan kerusakan pada layar ponsel. Karena itu, untuk menjaga performa layar memang membutuhkan ketelatenan dan cara khusus. Memang, pada akhirnya setelah lama digunakan performa ponsel secara keseluruhan akan tetap berkurang. Namun, setidak-tidaknya kita dapat menjaga umur ponsel agar maksimal salah satunya dengan menjaga dan merawat layar ponsel. Berikut adalah beberapa tips agar layar ponsel tetap terjaga dan terawat sehingga terhindar dari berbagai kerusakan.

  1. Pasang Anti Gores

Hal ini sangat perlu dilakukan terutama saat membeli ponsel baru, terlebih jika ponsel tidak dilengkapi dengan layar Gorilla Glass.  Memasang anti gores dapat menghambat goresan langsung ke layar asli, sehingga tidak memengaruhi performa layar. Adapun anti gores tersebut dapat diganti jika sudah tidak layak dipakai lagi.

Jadi, tips ini sangat penting jika Anda membeli ponsel baru agar layar ponsel terjaga sejak awal dan pemakaiannya akan terasa lebih nyaman. Lagi pula harga anti gores juga terjangkau dan demi perlindungan jangka panjang.

  1. Rutin Membersihkan Layar

Kegiatan yang satu ini memang harus dilaksanakan dengan telaten. Bersihkanlah layar ponsel secara teratur dengan menggunakan kain yang lembut agar tidak merusak layar. Misalnya selepas bepergian ke luar ruangan atau ke tempat yang terdapat banyak debu. Sekalipun Anda tidak bepergian pun, tidak ada salahnya membersikan layar ponsel agar tetap bersih. Karena selama pemakaian tentu ada kotoran maupun noda yang asalnya dari sentuhan tangan.

Selain itu, banyak riset yang menyebutkan bahwa alat elektronik lebih mudah kotor dan terdapat banyak kuman di permukaannya, termasuk pada layar ponsel. Karena itu harus dibersihkan secara rutin.

  1. Bersihkan Layar dengan Gel Pembersih

Agar pembersihannya maksimal, Anda perlu menggunakan gel pembersih. Misalnya seperti gel alkohol. Namun, tetap harus berhati-hati terlebih jika ponsel Anda bukan ponsel yang tahan air. Tuangkan gel pada kain pembersih, bukan langsung pada layar. Lalu bersihkan layar secara perlahan, tidak perlu terlalu menekannya.

  1. Gunakan Flip Cover

Jika menggunakan anti gores dirasa masih kurang, Anda dapat menggunakan flip cover agar perlindungan lebih maksimal. Terutama jika Anda orang yang sering bepergian dan harus menyimpan ponsel di tas bersama barang lain atau di saku baju dan celana. Menggunakan flip cover adalah pilihan yang tepat untuk melindungi ponsel dari goresan.

  1. Selalu Simpan Ponsel di Tempat yang Aman

Hal ini harus diperhatikan. Jangan letakkan atau menyimpan ponsel di tempat yang rawan. Sebisa mungkin selalu meletakkan atau menyimpan ponsel di tempat yang aman dan terhindar dari tekanan, tindihan atau benda-benda yang dapat menggores layar. Sekalipun sudah menggunakan anti gores maupun flip cover.

Apabila Anda harus menyimpannya di tas, setidak-tidaknya pada tempat khusus. Jika tidak menggunakan anti gores atau flip cover, sebaiknya gunakan dompet kecil untuk menyimpan ponsel Anda.

  1. Hati-hati Saat Menggunakan Ponsel

Seketat apapun perlindungannya jika Anda tidak menggunakan ponsel dengan penuh kehati-hatian, maka hasilnya akan sia-sia. Contohnya, Anda harus menyimpan ponsel di tempat yang aman tidak hanya dimaksudkan agar aman dari goresan, namun juga aman dari kemungkinan untuk jatuh atau hilang.

Saat menggunakan ponsel juga harus hati-hati, misalnya harus pada situasi dan kondisi yang nyaman serta aman. Jangan gunakan ponsel saat sedang menyetir, jangan gunakan ponsel saat sedang dibonceng karena jika terjatuh potensi terjadinya kerusakan layar akan sangat besar. Bagi Anda yang berkuku panjang, juga harus berhati-hati karena kuku dapat menggores layar.

  1. Hindarkan Dari Paparan Sinar Matahari

Penggunaan ponsel di bawah paparan sinar matahari dapat mengakibatkan performa panel ponsel menurun dan pada akhirnya dapat mengakibatkan kerusakan. Di awal, respon layar akan berkurang. Dan kemudian dapat semakin parah jika terus membiarkan ponsel terpapar sinar matahari secara langsung. Karena itu, hindarilah penggunaan ponsel di bawah matahari langsung atau jangan meletakkan di tempat yang memungkinkan ponsel dapat terpapar sinar matahari secara langsung.

  1. Hindarkan Dari Medan Magnet

Paparan medan magnet juga dapat menurunkan performa layar ponsel kesayangan Anda. Biasanya kasus seperti ini terjadi karena sering meletakkan ponsel di dekat alat elektronik lain yang memancarkan radiasi dengan kuat. Oleh karena itu, hindari perilaku tersebut agar performa layar Anda tetap terjaga.

Gejala awal yang terjadi biasanya gambar pada layar akan tampak bengkok atau tidak berpresisi, dan yang cukup parah akan terdapat garis-garis pada layar. Tentunya itu akan sangat mengganggu, sedangkan biaya untuk memperbaiki layar cukup mahal.

  1. Hindari Menekan Layar Secara Berlebihan

Saat sedang menggunakan ponsel, tekan layar sesuai keperluan saja, tidak perlu menekannya secara berlebihan karena hal itu dapat mengurangi kepekaan layar terhadap sentuhan. Gunakanlah sewajarnya saja.

  1. Jika Terlanjur Tergores

Hal ini mungkin banyak dialami oleh para pengguna ponsel layar sentuh. Nah, jika kamu adalah salah satunya, jangan panik. Hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan pasta gigi dengan cara mengoleskannya pada bagian yang tergores. Selain pasta gigi, krim pembersih motor juga dapat digunakan. Oleskan pada bagian yang tergores hingga rata, kemudian bersihkan sisanya dengan kain yang lembut atau menggunakan jenis kain microfiber agar lebih aman.

Sepuluh tips di atas sangat mudah dilakukan dan aman bagi layar ponsel Anda. Cukup dengan perawatan sederhana, performa ponsel Anda dapat tetap terjaga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *