10 Usaha di Kampung berpeluang menguntungkan

Halo sobat kali ini saya coba bahas 10 usaha yang bisa dijalankan dikampung atau pedesaan dengan peluang keuntungan dan bisa dijadikan usaha jangka panjang, tetapi sebelum kita lanjutkan pembahasan untuk 10 usaha yang akan saya bahas kita jawab dulu pertanyaan, kenapa buka usaha dikampung banyak Orang berkata tidak menguntungkan? Mereka lebih memilih usaha dikota dengan meninggalkan kampung halamannya.

Usaha yang cocok dikampung

Banyak yang bilang usaha dikampung sangat sulit dan sangat jauh dari yang namanya untung yang berlipat”, tidak seperti dikota buka usaha satu sampai tiga tahun sudah balik modal kalau dikampung jangankan balik modal malah hutang piutang menjadi momok menakutkan, memang itu benar adanya.

Read More

Memang tidak bisa dipungkiri usaha di kampung pedesaan banyak sekali tantangannya terutama mencari peluang pembeli jasa kita ataupun barang yang kita jual sangat kurang, karena memang dikampung populasi penduduknya masih kurang dengan begitu bila kita contohkan sebagai pedagang tentu harus susah payah untuk menjual dagangannya.

Dikampung seperti kampung saya para pengusaha harus siap menyediakan modal 3 kali lipat dari modal utamanya karena tantangan usaha dikampung yang saya rasakan sendiri adalah banyaknya yang gali lobang tutup lobang dan pada akhirnya banyakan galinya daripada nutupnya disitulah resiko tukang dagang / pengusaha.

Pengusaha  banyak yang gulung tikar karena jangankan untung modalpun tidak kembali, seperti saya bilang tadi modal tiga kali lipat itu terkadang tidak cukup untuk menutupi lobang yang ada, yang diperlukan bila ingin bertahan usaha dikampung usahakan harus benar-benar memperhitungkan keuntungan dan kerugiannya apalagi bila modal dapat pinjaman dari bank yang harus disetor pada setiap bulan.

Tetapi saya rasa peluang usaha dikampung bisa berpotensi lebih besar bila melihat dari mata Pebisnis yang mempunyai dana investasi yang besar. Dengan masih luasnya lahan kosong tentu bila pengelolaan sudah memadai akan banyak menarik investor masuk, bila investor sudah masuk maka perkembangan ekonomi akan berkembang lebih pesat, sebenarnya tinggal nunggu waktu saja pedesaan akan menjadi buruan Orang-Orang kota yang berduit.

Lalu usaha apa yang cocok dikampung?

Inilah 10 usaha dikampung berpeluang menguntungkan:

  1. Jasa perbaikan elektronik
    • Jasa perbaikan elektronik seperti TV,Radio dan sejenisnya sangat dibutuhkan untuk dipedesaan
  2. Jasa pengurusan surat-surat
    • Nah ini yang berpotensi sangat baik, jarak antara desa dengan kantor dinas pemerintahan yang terbilang jauh dan kurangnya informasi edukasi dimasyarakat tentu peluang ini bisa dijadikan satu usaha yang menjanjikan bila ditekuni dengan baik dan bertanggungjawab, masih banyak masyarakat yang tidak mau bila harus pergi kekantor dinas tertentu karena terkendala jarak dan juga waktu, mereka lebih memilih mengeluarkan uang lebih untuk biaya jasa.
  3. Jasa cetak poto rumahan
    • Masih menjadi barang langka kalau dipedesaan, namun jangan salah kenapa saya pilih jasa cetak poto rumahan engga yang besar sekalian” kalau dipedesaan itu yang penting poto bisa dicetak dikertas tanpa memperdulikan mau bagus atau tidak kualitasnya dan harga murah yang mereka pilih bukan kualitas
  4. Jasa transfer uang
    • Seperti Agen BRILink yang selain menyediakan jasa transfer antar rekening bank BRILink juga menyediakan pulsa, pembayaran dan lain-lain yang menjadi kebutuhan sehari-hari.
  5. Peternakan 
    • Peternakan ayam atau hewan lainnya tentu ini bisa dijalankan karena lahan dikampung masih luas dengan begitu kandang peternakan tidak beresiko mengganggu kenyamanan warga sekitar apabila terlalu dekat dengan pemukiman
  6. Pertanian
    • Selain menanam padi yang sudah mejadi kebutuhan pokok, perkebunan sayur mayur dan lainnya, menjadi satu pilihan dengan memanfaatkan lahan yang masih kosong dan juga masih terjaganya tanah yang subur
  7. Pabrik pengolahan kayu (panggesekan) 
    • Pabrik pengolahan kayu menjadi satu pilihan yang tepat karena masih tersedianya kayu-kayu milik Warga yang bisa dibel dan dioalah lalu dijual kekota
  8. Usaha Bengkel kendaraan (otomotif)
    • Usaha ini juga masih rekomendasi saya untuk dijalankan
  9. Pabrik gula
    • Usaha ini tentu bisa menjadi pilihan terbaik karena masih banyaknya perkebunan kelapa yang bisa dikelola dan diolah menjadi gula kelapa, dan ada juga yang namanya gula aren kalau dikampung namanya gula kawung
  10. Pabrik penggilingan Padi
    • Yang namanya pedesaan tentu tidak jauh dari yang namanya lahan sawah yang ditanami padi dan pada akhirnya padi akan digiling dipabrik penggilingan padi, walaupun memang ada beberapa usaha yang saya sebutkan diatas ada yang embutuhkan modal yang besar bila dilihat dari kacamata penusaha menengah kebawah, dan sebetulnya masih banyak lagi usaha yang bisa dijalankan dikampung.

Dalam usaha tentu ada rugi dan untung, usahakan usaha dengan yang kita bisa jalani, dengan sumber daya yang kita miliki, bila kita tidak memiliki keahlian coba belajar satu hal yang Anda suka jangan memulai usaha yang terlalu besar resikonya coba bertahap dari yang terkecil dulu tetapi pasti menghasilkan, jangan ambil resiko terlalu besar dengan modal nekat.

Tips lainnya, bila suatu daerah memiliki potensi untuk membuka satu usaha tetapi masih jarang Orang yang membutuhkan jasa yang kita tawarkan,coba buka usaha yang lain yang sering dibutuhakn oleh masyarakat sekitar lainnya, atau istilah saya adalah multi usaha dengan begitu asaha satunya kosong satunya lagi menutupi terjadilah keseimbangan antartusaha satu dengan yang lainnya, saling menutupi klau bahasa kerennya.

Cukup sekian artikel bahasan 10 usaha dikampung berpeluang menguntungkan, bila ada yang bertanya usaha apa yang cocok dikampung? semoga jawaban diatas bisa bermanfaat. Terimakasih

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *