12 Video Tutorial Servis Sepeda Motor dari Channel Jangeby

Teman-teman yang suka otomotif pasti sudah pernah mendengar channel Jangeby. Yap, Channel Jangeby adalah channel yang membahas permasalahan yang dialami oleh pengguna sepeda motor berikut solusinya. Channel ini sangat bagus disimak bagi para penggemar otomotif sepeda motor maupun para pemula yang ingin mempelajari cara memperbaiki sepeda motornya sendiri. Dengan bahasa yang mudah dipahami, teman-teman yang buta otomotif pun akan dapat belajar cara-cara menanggulangi permasalahan sepeda motor yang sering teman-teman alami. Tutorial berbagai macam servis sepeda motor dikemas dengan jelas dan lugas dan dapat langsung dipraktekkan di rumah dengan menggunakan alat-alat tersedia di rumah. Teman-teman bahkan tidak perlu membeli peralatan khusus untuk menerapkan tutorial servis dari Jangeby ini. Gunting, kabel, dan obeng biasa sudah lebih dari cukup untuk melakukan segala macam servis dan perbaikan sepeda motor. Selain servis, tak jarang Jangeby menjelaskan review komponen sepeda motor dan tips perawatan sepeda motor matic yang baik. Berikut ini adalah 12 video tutorial servis sepeda motor dari Channel Jangeby yang harus teman-teman tonton sampai habis.

1. Cara Bongkar Pasang Throttle Body Yamaha

12 Video Tutorial Servis Sepeda Motor dari Channel Jangeby

Setipa pengguna motor pasti pernah punya masalah dengan Body Throttle motornya. Video dari Jangeby Channel ini membahas cara membongkar sekaligus memasang kembali Throttle Body. Tutorial ini sangat berguna bagi para pengguna sepeda motor matic yang ingin membersihkan sendiri sepeda motornya. Jangeby menyarankan kepada para pengguna sepeda motor untuk membersihkan throttle bodinya setiap 4-6 bulan sekali. Kinerja throttle body akan terganggu oleh debu dan kotoran yang tidak dibersihkan karena piston akan menghisap kotoran tersebut ke ruang pembakaran. Walaupun dalam video ini Jangeby membahas cara bongkar pasang Throttle Body Yamaha tetapi Jangeby juga menjelaskan bahwa tutorial ini bisa dipraktekkan ke sepeda motor lainnya. Teman-teman bisa menyaksikan tutorial lengkap video ini dengan klik disini.

Read More

2. Cara cek sumber suara berisik di CVT Vario 125

Suara Berisik di CVT VArio 125, Cara Cek Sumber Suara

Dalam Video ini, Jangeby menjelaskan contoh permasalahan dan solusi terhadap apa yang terjadi pada CVT sepeda motor matic Vario 125 keluaran Honda. Namun sekali lagi Jangeby memberikan pesan juga bahwa tutorial yang dilakukan dan dijelaskan pada video ini bisa juga dipraktekkan pada sepeda motor matic merek lain. Jangeby menjelaskan bahwa perawatan yang jarang dilakukan dapat memicu permasalahan pada sepeda motor matic. Suara berisik, suara grasak grusuk, dan suara nyaring sering sekali merupakan permasalahan yang berawal dari kurangnya perawatan. Pengguna motor tidak perlu bingung lagi, untuk mengetahui sumber suara berisik, teman-teman tinggal menyimak video disini.  

3. Penyebab motor matic bunyi ngiung

Motor Matic Anda Bunyi Ngiung? Inilah Penyebabnya

Dalam video kali ini, Jangeby menjelaskan tiga hal yang perlu diperhatikan oleh para pengguna sepeda motor matic supaya tidak ada bunyi ngiung yang keluar dari sepeda motornya. Penyebab terjadinya bunyi ini memang jarang sekali diketahui oleh orang. Sehingga, kebanyakan orang merasa hanya perlu mengganti oli gardan atau oli transmisi saja untuk mengatasinya. Padahal, selang hawa, seal as pulley dan seal as roda kadang menjadi pemicu utama terjadinya bunyi nguing. Teman-teman akan dapat menyimak cara mengecek ketiga komponen krusial penyebab bunyi berikut cara perawatannya. Contoh kasus dalam Video ini menggunakan sepeda motor Vario Carbo 110 yang tidak hanya mengeluarkan bunyi tapi juga harus mengganti gigi rasionya. Yuk, simak bersama video berikut ini.

4. Penyebab CVT Mio Bunyi Kasar Akibat Pulley Belakang

Studi kasus pada video ini dilakukan pada sepeda motor Yamaha Mio. Sepeda motor kerap memproduksi bunyi yang tidak halus. Kasus yang sama sering ditemui pada sepeda motor Mio Sporty, Mio Carbo, dan Mio M3 walaupun tidak menutup kemungkinan kasus serupa ditemukan di sepeda motor jenis lain keluaran Yamaha, honda, maupun Suzuki. Motor yang bermasalah ini mengeluarkan bunyi semacam kratak-krotok ketika pengguna berboncengan mengendarainya. Apabila teman-teman pernah mengalami hal yang sama, ada baiknya menonton video penjelasan dari Jangeby Channel dengan cara klik di di ini.

5. Tutorial Mengatasi Seal Kruk As Mio M3 Cepat Bocor

Kebocoran sering terjadi pada seal kruk as Mio. Beberapa jenis sepeda motor keluaran Yamaha memang memiliki seal kruk as yang kersp sekali mengalami kebocoran. Xeon, Soul GT dan Fino Fi adalah sedikit contohnya. Keempat merek sepeda motor matic Yamaha tersebut punya kode seal kruk as yang persis sama. Oli mesin menjadi salah satu pemicu utama kerusakan pada seal kruk as. Jangeby membagikan siasat yang sangat bagus dalam usaha meperlama usia seal kruk as. Jika teman-teman ingin mempelajari siasat unik hasil pengalaman Jangeby, teman-teman hanya perlu klik video tersebut di sini.

6. Trik Ampuh Mengatasi Sil Kruk As yang Cepat Bocor

Seal Kruk As Mio cepat bocor ini solusinya

Di sepeda motor merek Honda, kebocoran sering sekali terlihat pada Sil kruk as. Beberapa jenis sepeda motor honda yang kedapatan sering mengalami hal ini adalah Honda Beat Karbu, Scoopy Karbu, Spacy Karbu , Vario 110 Karbu, Vario 110 Fi, Vario 110 Fi Esp, Beat Fi, Beat Fi Esp, Scoopy Fi, Scoopy Fi Esp, Spacy Fi Dan Honda Genio Fi Esp. Oli mesin yang kurang menyebabkan as menjdadi panas sehingga rentan merusak Sil Kruk as. Ada trik ampuh yang bisa dilakukan untuk memperlama usia sil kruk as. Mengurangi diameter cincin sil kruk as adalah salah satu caranya. Teman-teman yang ingin tahu penjelasan langsung bagaimana cara mempraktekkan tips ini bisa langsung meluncur ke video tutorial Jangeby Channel dengan klik di sini.

7. Tutorial Reset ECU Beat F1 Manual Menggunakan Kabel

Jangeby sendiri menjelaskan bahwa hampir semua gangguan pada sepeda motor dapat dihilangkan dengan cara melakukan reset Ecu. Motor akan kembali seperti baru keluar dari pabriknya jika teman-teman melakukan reset Ecu. Video ini menjelaskan dengan gamblang apa saja gangguan pada sepeda motor kerap terjadi dan meresahkan pengguna. Jangeby menjelaskan bahwa reset manual ini ternyata dapat dilakukan sendiri oleh teman-teman di rumah. Kasus mesin tersendat-sendat, hilang tenaga, dan gas telat umumnya bisa segera dilenyapkan dengan cara melakukan reset ECU manual. Video berikut ini berisi tutorial melakukan Reset ECU pada Beat F1 manual menggunakan kabel.

8. Cara Pasang CVT Beat ESP terbaru Dan Scoopy ESP Tebaru

Cara Pasang CVT Beat ESP terbaru Dan Scoopy ESP Tebaru

Jika teman-teman, tertarik untuk mempelajari video pcara pemasangan CVT pada sepeda motor Beat ESP terbaru maka ini adalah video yang tepat untuk ditonton. Video ini akan menjelaskan secara lengkap cara Jangeby memasang bagian CVT atau komponen CVT pada sepeda motor Honda. Sepeda motor yang akan digunakan sebagai contoh adalah Beat ESP terbaru tapi step by step pemasangan yang sama dapat dilakukan di semua sepeda motor Honda. Teman-teman harus memperhatikan langkah-langkah yang dilakukan oleh Jangeby pada video ini pasalnya kesalahan pemasangan akan menyebabkan kerusakan parah pada CVT. Untuk melihat lebih lengkap tutorial pasang CVT Beat ESP dan Scoopy ESP terbaru, teman-teman dapat klik link di sini.

9. Dalaman CVT Beat ESP New: Review Perbedaan dengan ESP OLD

Dalaman CVT Beat ESP New: Review Perbedaan dengan ESP OLD

Selain menyediakan video tutorial, tak jarang jangeby channel juga mengulas dan mempbandingkan komponen-komponen sepeda motor. Video ini beresi review dari Jangeby mengenai perbedaan komponen-komponen CVT antara Honda Beat ESP terbaru dengan ESP yang lama. Teman-teman akan diberikan review dan penjelasan yang menyeluruh tentang perbedaan maupun kesamaan komponen Beat lama dan baru. Informasi ini tentu saja sangat berguna ketika teman-teman ingin melakukan penyesuaian dengan komponen dalaman CVT Honda Beat. Kode-kode komponen yang digunakan tentu saja perlu dipahami oleh penggiat otomotif yang henda menggonta-ganti dalaman CVT. Jangeby berhasil memaparkan keseluruhan komponen berikut cara singkat prosedur pergantiannya dalam video berikut ini. Teman-teman bisa menyimak dan menggunakan informasi ini sebagai solusi permasalahan pada komponen CVT sepeda motor matic.

10. Motor Tidak Mau Digas? Ternyata Penyebabnya Sepele

Apakah teman-teman pernah mengalami sepeda motor yang tiba-tiba mati ketika digas? Dalam video ini Jangeby memaparkan solusi dari permasalahan ini. Video dibuat dengan contoh kasus yang terjadi pada Sepeda Motor Vario 125. Jangeby menjelaskan ternyata kerusakan yang dialami sepeda motor tersebut tidaklah fatal. Malah permasalahannya cenderung sepele. Jika teman-teman tertarik mendengar solusi dari permasalahan otomotif ini, silakan teman-teman menyimak video berikut ini.

11. Penyebab Motor Susah Dikendalikan, Tinggal Pilih KAKU atau JETRUK

Penyebab Motor Susah Dikendalikan, Tinggal Pilih KAKU atau JETRUK

Dalam video ini, Jangeby menegaskan bahwa jika sudah ada kerusakan di komstir, anda akan dihadapkan pada pilihan antara KAKU atau JETRUK karena sepeda motor tidak dapat di stel enak. Komstir adalah sumber utama penyebab motor susah dikendalikan. Video ini memasang contoh kasus komstir yang bermasalah yaitu komstir yang sudah jemblung. Komstir juga bisa rusak karena pemakaian. Hal ini bisa disebabkan oleh pengendara yang suka menghantam polisi tidur tanpa mengerem terlebih dulu, ini akan membuat komstir lebih cepat rusak. Pemakaian yang tidak diperhitungkan juga dapat menyebabkan komstir cepat rusak atau aus. Oleng atau goyang akan sangat wajar dialami oleh pengguna sepeda motor ketika ini terjadi, bahkan setelah di stel setang masih tidak mau kembali seperti semula. Komstir bisa jadi sudah memiliki dalaman yang berlubang seperti pada contoh kasus yang dilansir dalam video.

12. Baru 1 Bulan Sudah Habis, Piringan Jebol akibat Kampas Palsu

Baru 1 Bulan Sudah Habis, Piringan Jebol akibat Kampas Palsu

Video jangeby yang ini secara tidak langsung menghimbau kepada pengguna sepeda motor untuk tidak membeli dan mengganti kampas sepeda motornya dengan yang palsu. Kampas palsu marak beredar di pasaran dan sulit sekali dibedakan dengan kampas yang asli. Bagi teman-teman yang masih pemula dalam dunia otomotif, sering kali terjebak untuk membeli kampas palsu. Kampas mirip sekali dengan yang asli dan dijual dengan harga yang murah. Nominal yang tak seberapa tentunya menjadikan kampas palsu sebagai pilihan tepat untuk teman-teman yang segan merogoh kocek tinggi dalam perawatan sepeda motor. Namun ternyata, kampas palsu dapat menyebabkan piringan rusak dan membuat biaya perawatan sepeda motor bertambah. Ingin tahu lengkapnya? Teman-teman bisa menyimak video berikut ini.

Sekian 12 Video Tutorial servis sepeda motor yang wajib teman-teman tonton dari Channel Jangeby. Semoga video-video ini bisa menghadirkan solusi atas permasalahan yang dapat menimpa sepeda motor matic teman-teman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *