5 cara mengatasi layar smartphone tergores

Duh, Layar Smartphone Kesayangan Tergores, 5 Cara Ini Bantu Mengatasinya

Smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan kaum milenial dan bukan lagi barang mewah. Hampir setiap orang di zaman digital seperti sekarang, setidaknya memiliki satu buah smartphone di rumahnya masing – masing. Bukan sekadar gaya atau berkomunikasi, saat ini smartphone merupakan sarana ampuh untuk mendapatkan uang atau meningkatkan produktivitas. Dengan smartphone kesayangan, orang akan lebih mudah menjual barang, mendapatkan pekerjaan, berkomunikasi dan sebagainya. Tidak heran, smartphone selalu menjadi barang wajib yang ada di dalam saku atau tas ke mana pun saat bepergian.

Mungkin tanpa sengaja, layar smartphone bisa saja tergores saat beradu dengan barang lain yang tajam seperti koin, kunci atau resleting. Atau, bisa saja tergores ketika kalian menaruhnya di saku celana atau kantong tas. Tampilan layar smartphone kesayangan yang cacat membuat banyak orang panik karena penampilan dan sensitivitas layar jadi menurun. Jika layar sudah tergores, kalian jangan terburu – buru membeli yang baru, karena pada dasarnya masih bisa kok diperbaiki sendiri di rumah. Yuk, ikuti tips – tips memperbaiki layar smartphone yang tergores dengan cara sederhana berikut ini ya…

Read More

1. Matikan smartphone dan lepaskan baterainya

Sebelum “mengotak – atik” lebih lanjut, sebaiknya matikan dahulu smartphone kesayanganmu. Lepaskan baterainya dan simpan di tempat yang baik seperti laci meja atau laci lemari. Kemudian, segel atau lapisi bagian port – port smartphone yang berlubang menggunakan selotip bening atau isolasi bening. Dengan cara ini smartphone akan terlindungi dan mencegah terkena cairan selama proses perbaikan.

2. Gunakan odol atau pasta gigi putih

Umumnya, kalian pasti punya odol atau pasta gigi berwarna putih yang bertekstur kental dan mengandung fluoride ini kan? Pasta gigi ini ternyata tidak hanya bermanfaat menghapus noda yang menempel pada gigi saja lho, tetapi juga menghilangkan adanya goresan atau guratan pada layar smartphone. Patut diingat, sebaiknya gunakan pasta gigi putih, bukan pasta gigi dari bahan gel.

Selanjutnya, oleskan sedikit pasta gigi putih ke ujung cotton bud atau kapas. Kemudian, gosok secara memutar dengan pelan – pelan ke atas layar smartphone yang tergores. Ulangi menggosok perlahan hingga goresan terlihat memudar atau bahkan hilang sama sekali. Lalu, kini bersihkan layar smartphone dengan memakai kain yang lembap atau ditetesi 1 – 2 tetes air untuk membersihkan sisa – sisa partikel pasta gigi. Menurut para pakar, pasta gigi putih yang mengandung fluoride dan calcium bermanfaat untuk membuat goresan pada layar smartphone terlihat lebih samar atau memudarkan goresan para layar smartphone yang umumnya berbahan temper glass.

3. Manfaatkan Krim Pembersih Motor

Kalian pasti sudah familiar dengan jenis krim yang biasa dipakai untuk membersihkan permukaan sepeda motor agar terlihat lebih mengkilap atau kinclong. Nah, krim pembersih motor ini dapat digunakan untuk menyamarkan goresan atau garis – garis tipis yang “menghiasi” layar smartphone kalian.

Sebaiknya, oleskan sedikit krim terlebih dahulu ke atas kain yang lembut atau kanebo. Kemudian, gosokkan secara perlahan – lahan secara memutar ke permukaan layar smartphone. Ulangi beberapa kali hingga goresan tampak memudar. Untuk mendapatkan krim pembersih motor ini, kalian bisa membeli di bengkel atau toko peralatan pembersih dan pasar modern (supermarket).

4. Pakai Baking Soda

Bagi kaum ibu rumah tangga, tentu sudah tidak asing lagi dengan baking soda. Bentuknya mirip seperti serbuk halus berwarna putih yang biasa dipakai untuk membuat adonan kue mengembang. Tetapi, rupanya di seluruh dunia, baking soda juga kerap dipakai untuk bahan membersihkan noda apa pun yang membandel. Tidak terkecuali, menghilangkan goresan pada permukaan layar smartphone

Untuk mempraktekkan langkah ini, cobalah menambahkan dua sendok baking soda dan 1 sendok air ke dalam mangkuk. Kemudian, aduk – aduk hingga membentuk tekstur kental seperti krim. Lalu, oleskan campuran ini memakai kain bersih dan lembut ke atas permukaan layar smartphone yang tergores. Usap perlahan secara melingkar untuk memaksimalkan metode pembersihan. Bila goresan telah memudar, lap kembali layar smartphone dengan kain yang lembap untuk membersihkan sisa partikel baking soda. Kini, layar smartphone kalian tampak kinclong dan bersinar kembali seperti baru.

Selamat mencoba tips di atas ya. Semoga berhasil!