5 Cara Setting APN Smartfren Agar Internet Makin Kenceng

Apa itu APN ? APN adalah singkatan dari Acces Point Name untuk fungsinya sendiri adalah untuk Gateway jaringan GSM, jaringan 3G dan jaringan 4G. Pada kesempatan kali ini akan berbagi bagaimana Cara Setting APN Smartfren dengan mudah pada smartphone kalian semua.

Dengan setting APN sendiri tentu akan memperngaruh pada IP Address, Proxy dan server pada jaringan tersebut. Setiap operator seluler tentu memiliki APN Default masing – masing agar bisa konek dengan jaringan mereka, namun setting APN tersebut ini tidak menjamin jaringan yang sangat kencang, oleh karena itu harus di setting kembali agar jaringan bisa stabil.

Read More

Untuk itu saya akan memberikan tutorial yang bisa kamu coba yaitu Cara Setting APN agar internet semakin kencang, tidak begitu sulit untuk setting APN smartfren ini caranya pun juga sangat mudah dan gampang.

1. Cara Setting APN Smartfren 4G LTE untuk GSM Android

Pertama setting APN Smartfren 4G LTE untuk GSM Android, Langkah pertama kamu buka aja menu Setting pada smartphone kalian, kemudian pilih Celuler Network Setting, kemudian pilih APN yang Sesuai slot kartu SIM yang akan kamu pilih.

Setelah itu kamu pilih ‘Add APN’ dan isilah APN sesuai keinginan lalu ‘Save Settings’ yang telah kamu masukkan. Kamu bisa memasukkan Nama: Smartfren4G, APN Smartfren4G dengan Nama Pengguna smartfren dan Sandi smartfren. Kemudian pilih jenis autentikasi PAP atau CHAP dan Jenis APN default, supl, xpal dengan pilihan Protokol APN dan roaming APN IPv4/IPv6.

2. Setting APN Smartfren IPhone

Selanjutnya adalah setting APN Smartfren pada iPhone, langkah pertama pilih menu Pengaturan, pilih Setting APN Smartfren, pilih Celuler Data Networks, kemudian kamu bisa pilih APN Default yang ada di iPhone kamu tersebut.

3. Cara Setting APN Smartfren 4G LTE Default

Selanjutnya setting APN Smartfren 4G LTE Deafault,Langkah pertama Kalian bisa memasukkan Nama “smartFren4G” dan APN “smartfrem4G”. Lalu kamu masukkan Nama Pengguna “smartfren” dan Sandi “smartfren”. Lalu masukkan MMSC berupa http://10.17.93.103:8080, Proxy MMS 10.17.27.250, dan Port MMS 8080. Lalu kamu setting MCC menjadi 510 dan MNC menjadi 09. Pilihlah Jenis Autentikasi berupa PAP atau CHAP dan jenis APN berupa Default, MMS, dan supl. Kemudian pilihlah Protokol APN IPv4/IPv6 dan Protokol Roaming IPv4. Terakhir pilihlan Bearer LTE.

4. Setting APN Smartfren Ultimated

Dengan setting APN ini maka akan membuat internet makin stabil dan lancar yaitu dengan setting APN Smartfren Ultimated. Pertama kamu masukkan Nama: Smartfren Unlimited 4G dan APN: smartfren4g. Lalu, Port: 80, Nama Pengguna: smartfren, dan Sandi: smartfren.

Kemudian pilih MMSC: 10.17.27.250 dan Proxy MMS: 10.17.27.250. Lalu setting Port MMS: 8080 dengan MCC: 510 dan MNC: 09. Kemudian masukkan Jenis autentikasi: PAP atau CHAP dan Jenis APN: default,supl,xcap. Untuk Protokol dan Protokol Roaming, pilihlah APN: IPv4/IPv6.

5. Setting APN Smartfren OCN

Setting APN Smartfren selanjutnya adalah untuk meminimalisir buffering saat streaming Youtube atau video online lainnya. Pertama, kamu masukkan Name: Bebas dan APN: 3g-d-2.ocn.ne.jp. Kemudian, masukkan Proxy: 180.250.63.99 dan Port: 80. Jangan lupa untuk memasukkan Username: smartfren dan Password: smartfren.

Selanjutnya masukkan MCC: 510 dan MNC 09. Lalu pilih Jenis autentikasi beripa PAP dan Jenis APN default,supl,XCAP. Jangan ketinggalan untuk memasukkan Protokol APN dan Protokol Roaming APN ipv4. Internetmu telah siap dengan setting Smartfren OCN.

Nah itulah Setting APN Smartfren agar internet makin kenceng dan stabil, bila kalian masih bingung bisa tanya melalui kolom komentar