5 Ciri Kerusakan Pada Laher Sepeda Motor

  • Whatsapp

Kali ini, Saya akan membahas mengenai ciri-ciri atau gejala-gejala yang timbul karena rusaknya laher sepeda motor. Berikut adalah cirinya:

1. Timbulnya suara kasar

Karakteristik laher motor rusak biasanya diawali dengan suara suara agresif pada bagian roda depan yang mestinya tidak timbul di saat komponen tersebut dalam keadaan yang wajar. Suara gemelutuk paling terasa saat sepeda motor dipacu menabrak jalanan yang berlubang ataupun bergelombang. Suara gemuruh juga terdengar semakin lantang saat kecepatan kendaraan di akselerasi. Laju kecepatan yang bisa menimbulkan suara gemuruh yang lebih jelas ini umumnya didapatkan ketika sepeda motor dipacu pada kecepatan minimun 40 kilometer/ jam.

Read More

2. Kemudi yang terasa bergetar

Bearing dan laher motor yang rusak ialah salah satu keadaan yang dapat juga jadi pemicu stang motor terasa goyang ataupun bergetar. Yang perlu teman-teman perhatikan adalah bearing motor yang rusak akan menyebabkan stang motor bergetar.

3. Kemudi yang berat

Teman-teman dapat memperhatikan bahwa kemudi yang berat merupakan indikasi khusus bahwa terjadi kesalahan pada laher. Setang seher akan ikut terasa berat dan ini tentunya akan memicu kerusakan komponen-komponen yang lain. Melakukan manuver juga menjadi berbahaya bagi anda. Jangankan berbelok, bahkan berjalan lurus akan terasa sulit dilakukan. Tentu saja hal ini jangan dibiarkan berlangsung terlalu lama. Segeralah bawa motor teman-teman ke dealer maupun bengkel terdekat untuk memperbaiki kondisinya.

4. Stir ataupun kemudi yang oblak

Rusaknya laher ataupun bearing pada sepeda motor umumnya bermula pada bagian pelor bearing yang aus. Apabila keadaan tersebut dibiarkan berlarut-larut makai a dapat menimbulkan bearing menjadi longgar sehingga stir berdiri dengan tidak normal. Setang yang terdapat pada posisi janggal tersebut tentunya akan terasa oblak jika digunakan. Guna mencegah kerusakan ini terjadi, maka teman-teman wajib mengganti semua komponen yang rusak termasuk laher dan bearingnya.

5. Roda depan yang bergoyang

Karakteristik laher motor rusak berikutnya merupakan timbulnya keadaan dimana roda depan terasa bergoyang serta tidak normal. Untuk mengetesnya, teman-teman dapat membawa sepeda motor melaju di atas marka jalan. Apabila sepeda motor terasa nggliyur maka ini adalah pertanda bahwa laher sepeda motor anda mengalami kerusakan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *