5 Tips Aman Belanja Online Ditengah Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

Ditengah maraknya wabah Covid -19, pemerintah menerapkan kebijakan physical distancing demi memutus rantai penularan virus tersebut. Kebijakan ini membuat banyak orang beralih profesi menjadi penjual online dan membuka toko online.

Baca juga: 5 Kegiatan #Dirumahaja Ala Squidward Tentacles

Read More

Semakin banyak penjual tentu semakin ketat persaingan penjualan nya. Akan tetapi menguntungkan untuk pembeli karena mereka bisa semakin banyak memilih barang dan harga yang sesuai dengan keinginan.

Namun, jangan dulu terlena dengan tampilan gambar dan harga yang murah, sebagai pembeli kita harus tetap cerdas agar terhindar dari penipuan online dan barang-barang palsu.

Untuk belanja online agar tidak tertipu dengan barang palsu, ada beberapa tips yang sudah kami siapkan berikut ini agar kamu tetap aman dalam berbelanja di rumah, simak ya:

1. Pilih Toko Online Terpercaya

Hal yang paling penting pertama adalah kamu harus perhatikan toko online itu terpercaya atau tidak. Cara menilainya bisa dilihat dari testimoni, review, dan rating yang dimiliki toko online tersebut.

Untuk keamanan dan kepraktisan kamu bisa menemukan toko online di marketplace besar yang sudah terkenal di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee maupun Lazada. Jika ada masalah pemesanan, kamu akan dibantu oleh tim terkait, jadi tidak pusing sendiri.

Sementara jika kamu memilih belanja di toko online dari media sosial dan website, kamu juga harus lebih jeli dan teliti lagi ya guys. Harus jelas alamat, pemiliknya dan kontak yang bisa dihubungi. Jangan pernah terkecoh dengan nama brand besar, karena ada toko-toko kloningan atau palsu yang menyerupai brand aslinya berkeliaran di internet.

2. Cek semuanya dengan teliti

Setelah sudah menemukan barang yang diinginkan, pastikan untuk cek semuanya dengan teliti seperti: Kesesuaian nama, barang dan foto. Deskripsi barang, informasi pengiriman dan keamanan barang serta kebijakan lain-lainnya.

Jangan hanya baca 1 atau 2 testimoni dan review, lihat juga yang lainnya. Selanjutnya, bandingkan dengan toko online lain, apakah harganya wajar, jika selisih terlalu tinggi sebaiknya kamu harus hati-hati.

3. Tanya jawab penjual

Selanjutnya jangan ragu untuk selalu bertanya kepada si penjual. Meskipun dalam deskripsi telah disebutkan barang telah siap dan lain sebagainya.

Tak ada salahnya, untuk kamu menanyakan kembali agar lebih jelas. Sekaligus kamu juga bisa menanyakan hal-hal lain yang masih membuat kamu ragu.

Respon penjual juga bisa menentukan seberapa baik dan sigap penjual dalam melayani dan memperlakukan barang pesanan kamu.

4. Cara Pembayaran Aman

Pada kondisi sekarang ini transaksi online menjadi pilihan paling aman, tanpa ada kontak fisik dengan memanfaatkan teknologi mobile banking maupun aplikasi dompet digital.

Pembayaran belanja online melalui marketplace juga lebih menguntungkan karena banyaknya pilihan metode pembayaran. Mulai dari debit instan, kartu kredit, transfer virtual account, hingga saldo dompet digital. Untuk kamu yang gemar belanja online di Bukalapak dan Lazada ada kabar baik buat kamu.

5. Simpan Selalu Bukti Transaksi

Online shop yang baik akan memberikan bukti transaksi biasanya melalui email. Sebelum barang yang akan dibeli sampai ke rumah, sebaiknya semua bukti transaksi berupa email pemesanan maupun bukti pembayaran tetap disimpan agar bisa dijadikan bukti ketika barang tidak sampai.

Itulah beberapa tips aman belanja online untuk kamu yang suka belanja online agar tetap aman dari penipuan karena menyikapi semakin banyaknya penjual dan toko online.

Selamat berbelanja 🙂

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *