5 Tips Mempertahankan Bisnis Selama Pandemi Covid -19

  • Whatsapp

Bisnis Selama Pandemi Covid -19 – Ditahun 2020 ini kita menerima musibah luar biasa yang sangat berdampak buruk bagi berbagai macam aspek. Covid -19 namanya, virus yang sampai saat ini menjamur ke seluruh belahan dunia membuat semua orang jadi terbatasi kegiatannya.

Penyebarannya yang begitu cepat mendorong pemerintah untuk membuat berbagai macam ketentuan, seperti misalnya physical distancing dan PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar). Semua ketentuan itu rupanya sangat berdampak luar biasa bagi berbagai macam aspek, seperti; terhentinya kegiatan belajar mengajar disekolah yang cukup lama, dan parahnya berakibat buruk untuk sektor perekonomian Indonesia.

Read More

Tidak sedikit pemilik-pemilik bisnis yang mengeluh karena dagangannya mengalami penurunan penjualan yang signifikan. Bahkan banyak yang takut jika penyebaran covid ini terjadi sangat lama, bisa berdampak pada penutupan-nya bisnis yang sedang digeluti tersebut.

Tapi tenang dulu, disini saya akan coba memberikan beberapa tips mempertahankan bisnis ditengah pandemi covid -19.

5 Tips Mempertahankan Bisnis Selama Pandemi Covid -19

  1. Sesuaikan produk dan layanan Bisnis Anda
    Solusi terbaik pertama demi mempertahankan bisnis selama pandemi berlangsung ini adalah dengan menyesuaikan produk dan layanan Anda sesuai dengan kondisi yang terjadi selama pandemi COVID-19.

Anda dapat memberikan penawaran baru dalam pelayanan bisnis Anda, misalnya layanan pesan antar dengan biaya murah, memberikan diskon serta bonus pelayanan. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan produk-produk yang sedang dibutuhkan Customer selama masa penyebaran COVID-19, seperti masker, hand sanitizer, dan lain sebagainya.

Penting untuk Anda mempertimbangkan bahwa tidak hanya bagaimana bertahan sebagai bisnis selama wabah, tetapi juga memiliki strategi untuk apa yang akan terjadi sesudahnya. Jangan berasumsi bahwa begitu ancaman terhadap kesehatan masyarakat telah berlalu, segalanya akan kembali seperti semula sebelum wabah.

Hal inilah yang menyebabkan, mengapa penting untuk fleksibel dan menyesuaikan layanan Anda sehingga mereka tidak hanya berguna selama wabah, tetapi tetap menjadi pilihan terbaik setelah semuanya tenang

  1. Jual Produk Makanan Siap Antar
    Siapa sih yang tidak butuh makan? Pastilah setiap hari orang memelukan makanan untuk bisa bertahan hidup. Ditengah ramainya pandemi corona yang menyebabkan orang tidak boleh kemana-mana, bisnis kuliner ini menjadi usaha yang cukup menjanjikan dan bisa mempertahankan kelangsungan bisnis Anda. Silahkan Anda banting setir untuk mencoba bisnis kuliner dengan layanan siap antar karena makanan itu dibutuhkan setiap harinya.
  2. Pasarkan Produk dan Layanan melalui Internet
    Seiring dengan diterapkan kebijakan physical distancing yang menyebabkan masyarakat lebih memilih untuk beraktivitas di rumah, Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan pemasaran produk dan layanan Anda. Anda dapat melakukan pemasaran melalui internet, baik melalui blog maupun media sosial.

Anda dapat menawarkan produk dan layanan Anda serta promo-promo baru selama masa pandemi COVID-19. Salah satu hal yang dapat menjadi pertimbangan, masyarakat yang beraktivitas di rumah, akan menjadi pelanggan yang beralih ke solusi online. Sehingga, Anda perlu pastikan audiens target Anda tahu bahwa bisnis Anda masih berjalan dengan penawaran produk yang lebih menarik.

  1. Identifikasi Tantangan Bisnis
    Setelah Anda menyusun strategi secara efektif untuk bisnis Anda, Anda juga perlu mengidentifikasi tantangan yang mungkin akan dihadapi oleh bisnis Anda. Anda perlu mempertimbangkan segala hal yang berkaitan dengan produksi, proses komunikasi, pelanggan hingga proses distribusi. Setelah Anda mengidentifikasi tantangan, Anda dapat mengembangkan beberapa solusi untuk tantangan tersebut.
  2. Manfaatkan Teknologi
    Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan platform online untuk perencanaan dan komunikasi dalam bisnis Anda, misalnya Google Documents untuk dokumen kolaboratif yang dapat diedit dan dikomentari semua orang.
    Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan teknologi pendukung yang dapat mempermudah Anda dalam mengelola operasional bisnis, seperti sistem akuntansi berbasis cloud dapat membantu Anda di tengah kondisi saat ini.

Sistem Akuntansi berbasis cloud memungkinkan Anda untuk memonitor seluruh proses bisnis dan mengambil keputusan berdasarkan data real-time, dimanapun dan kapanpun. Salah satu sistem akuntansi berbasis cloud yang dapat Anda manfaatkan adalah Omegasoft.

Omegasoft merupakan aplikasi kasir dan akuntansi yang dapat membantu Anda menjalankan setiap aspek dari bisnis Anda. Dari manajemen persediaan untuk analisis data, pengolahan penjualan dan manajemen pelanggan, hingga Accounting & E-Faktur.

Omegasoft berbasis online (Cloud Base) sehingga mempermudah Anda mengelola cabang-cabang toko Anda dari manapun dan kapanpun Omegasoft juga menyajikan data vital mengenai bisnis Anda secara real-time dan mudah. Sehingga Anda dapat memperoleh insight bisnis Anda lebih dalam.
Omegasoft juga memiliki aplikasi loyalty app yang dapat digunakan member untuk bertransaksi pada bisnis franchise yang Anda miliki.

Nah guys gimana tips mempertahankan bisnis ditengah pandemi yang menegangkan ini? Anda bisa terapkan cara-cara diatas jika tidak mau bisnisnya gulung tikar alias tutup. Semoga artikel ini bermanfaat ya dan jangan lupa share ke teman bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *