6 Aplikasi Pemerintahan yang membuat Hidup lebih mudah

  • Whatsapp

Aplikasi Pemerintah yang Membuat Hidup Bernegara Menjadi Lebih Mudah.

Mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi di seluruh dunia, pemerintah Indonesia telah berusaha untuk ikut serta memberikan pelayanan masyarakat secara online.

Read More

Tujuannya tentu untuk memudahkan masyarakat Indonesia mengurus urusan- urusan yang berkaitan dengan negara dengan mudah. Sistem yang dibuat secara digital ini juga tentu meminimalisai adanya pungutan liar yang kerap kali masih terjadi di bangsa ini.

Mau tau apa saja aplikasi pemerintah yang dapat membuat kehidupan bernegara menjadi lebih mudah? Mari kita simak beberapa aplikasi di bawah ini.

1. Mobile JKN dari BPJS

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan adalah badan pemerintah yang begerak di bidang kesehatan. Seperti yang sudah diketahui, kini seluruh masyarakat Indonesia diwajibkan untuk memiliki BPJS. Sayangnya untuk menangani 267 juta penduduk di Indonesia, terkadang pelayanan BPJS menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, pemerintah berinisiatif membuat aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk mengurus BPJS yaitu dengan aplikasi Mobile JKN. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengubah data peserta termasuk mengganti fasilitas kesehatan tingkat 1, mendaftarkan peserta baru secara online, mengecek tagihan, membayar tagihan, bahkan mendapatkan informasi mengenai pelayanan yang ditanggung oleh BPJS. Sangat bermanfaat, bukan?

2. Info BMKG , milik Kementerian ESDM

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika adalah badan pemerintah yang berfungsi untuk memberikan informasi bagi masyarakat mengenai iklim dan geofisika di Indonesia. Kini, masyarakat dapat dengan mudah mengecek prakiraan cuaca, perubahan iklim, kualitas udara, dan informasi mengenai gempa bumi yang terjadi di Indonesia.

3. BPOM Mobile , milik BPOM

Badan Pengawasan Obat dan Makanan kini juga membuat aplikasi yang dapat sangat menolong masyarakat dalam pengkonsumsian produk obat dan makanan. Kini tidak perlu lagi repot mengecek list panjang mengenai obat atau makanan apa saja yang telah lulus uji BPOM. Hanya dengan meng-scan barcode sebuah produk menggunakan aplikasi ini, kita dapat mengetahui apakah produk tersebut telah terdaftar di BPOM. Selain itu tersedia pula berbagai artikel dan informasi yang berkaitan dengan badan yang satu ini.

4. LAPOR

LAPOR atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat ini adalah aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi secara dua arah kepada pemerintah unuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik. Untuk melaporkan permasalahan yang anda hadapai, anda hanya perlu mengunduh aplikasi ini dan mengisi data- data yang diperlukan. Aplikasi ini juga menjanjikan untuk memberikan tanggapan maksimal tiga hari kerja dari tanggal pelaporan anda.

5. E-Samsat

Berikutnya adalah aplikasi yang memudahkan kita untuk mengurus surat izin mengemudi, membayar pajak kendaraan dan mengesahkan STNK. Aplikasi E- Samsat ini sangat memudahkan, pasalnya kita dapat juga melakukan pembayaran melalui M-banking. Sayangnya aplikasi ini baru tersedia untuk beberapa wilayah saja di Indonesia. Ke depannya tentu kita berharap aplikasi ini dapat memperluas jaringannya sehingga lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang terbantu melalui aplikasi ini.

6. Antrian Paspor

Ingin membuat paspor untuk keluar negeri? Kini pemerintah telah menyediakan aplikasi antrian online untuk proses pembuatan visa atau paspor. Tidak perlu lagi menunggu berlama- lama di kantor imigrasi untuk sekedar menyerahkan berkas yang diperlukan. Anda hanya perlu mendaftar secara online dan menentukan hari dan jam kedatangan anda. Setelah menyerahkan berkas dan membayar biaya yang diperlukan, anda hanya perlu mengikuti proses wawancara dan foto di hari yang sama. Jika semua syarat terpenuhi, anda hanya perlu datang kembali untuk mengambil paspor. Mudah, bukan?

Demikian beberapa aplikasi pemeritah yang dapat membantu kita untuk mengurus beberapa urusan kenegaraan. Semoga ke depannya ada lebih banyak lagi aplikasi pemerintah yang memudahkan kehidupan bernegara kita. Jadi sebelum berlelah-lelah datang ke kantor pemerintah untuk mengurus ini dan itu, ada baiknya kita mengecek apakah layanan yang kita butuhkan telah tersedia layanan secara digital.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *