6 Cara Praktis Merapikan Meja Kerja

Menambah Produktivitas Dengan 6 Cara Praktis Merapikan Meja Kerja

Kebersihan dan kerapian meja kerja bisa memengaruhi produktivitas kerja. Ya jika meja kerja tertata rapi tentu saja kita lebih bersemangat dalam bekerja. Karena secara tidak langsung pikiran kita menyuruh agar termotivasi dan bersemangat saat melihat meja kerja tertata rapi. Dan sebaliknya, jika kondisi meja kerja berantakan tak karuan tentu akan membuat kita malas dan bisa berpengaruh ke pekerjaan. Kita jadi malas dan menunda – nunda pekerjaan. Deadline yang seharusnya bisa segera diselesaikan, malah jadi tidak selesai atau menumpuk.

Read More

Tentu hal ini tidak kita inginkan. Terlebih lagi, bagi seorang karyawan yang bekerja full time di kantor. Meja kerja ibarat ruang berkreasi. Maka, bisa jadi meja yang berantakan membuat stres semakin meningkat. Bisa dibilang kantor merupakan rumah kedua karena sebagian waktu kita berada di sana. Tentu kita membutuhkan tempat yang bersih, rapi, dan indah dipandang agar mood kerja semakin bagus. Nah, sekarang waktunya memperhatikan kebersihan meja kerja, lalu apa saja yang harus dilakukan agar meja kerja terlihat bersih, rapi serta indah dipandang? Langsung simak panduan berikut yuk!

1.Singkirkan barang yang tidak perlu

Langkah pertama adalah kenali dulu ada atau tidak barang yang perlu disingkirkan dari atas meja kerja. Coba lihat kembali meja kerja kalian, apakah semua barang yang ada di atas meja memang semuanya diperlukan atau adakah barang yang seharusnya tidak ada di situ.

Barang yang tidak digunakan seharusnya disingkirkan saja. Meja kerja akan terlihat lebih tertata rapi, dan membuat permukaan meja terlihat lebih lega. Kalian juga lebih mudah membersihkan dan mengelap meja untuk mengurangi debu – debu atau kotoran yang mungkin menempel di atas meja kerja karena tumpahan kopi atau remah – remah biskuit sisa lembur semalam. Jadi, selalu pastikan benda yang ada di atas meja adalah benda yang memang diperlukan.

2.Rapikan dokumen

Jika memang pekerjaan kalian terdapat banyak dokumen yang harus dikerjakan maka rapikan dokumen sesuai dengan kategori. Kalian harus menyisihkan waktu untuk memilah dokumen dan meletakan sesuai dengan kategorinya. Letakkan dokumen pada map dengan warna – warna tertentu berdasarkan kategori, kemudian taruh di kotak arsip.

Hal ini bisa membuat meja lebih enak dipandang karena lebih terkesan rapi, selain itu jika kalian memerlukan dokumen tersebut, tidak akan kesusahan dalam mencarinya. Karena semua dokumen sudah tertata sesuai dengan kategorinya. Pastinya, kalian bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.

3.Mengelompokkan barang sesuai dengan fungsinya

Langkah selanjutnya yaitu merapikan barang yang sesuai dengan fungsinya. Sebagai contoh: alat tulis, foto – foto yang akan dipajang karena memberi semangat tersendiri, surat – surat, serta dokumen penting yang mendekati deadline. Kita bisa menata perlatan tersebut secara rapi.

Misalnya, tempatkan peralatan tulis kantor pada gelas atau kotak pensil. Kemudian, tempelkan foto liburan di sekat bilik atau dinding di atas meja kerja. Pengelompokan barang ini juga memudahkan kalian jika ingin mengambil sesuatu benda yang diperlukan. Setelah merapikan meja kerja, mood kalian akan semakin bagus.

4.Gulung kabel yang berantakan

Langkah selanjutnya adalah menggulung kabel. Hal ini kerap disepelekan, padahal gulungan kabel yang berantakan akan memakan banyak tempat. Sebaliknya, gulungan kabel seperti kabel monitor, keyboard, kabel mouse yang tertata rapi akan membuat meja kerja terlihat menarik dan rapi.

Kabel – kabel yang menjuntai memang terkadang cukup mengganggu dan membahayakan keselamatan. Oleh karena itu, gulunglah seminimalis mungkin agar terlihat lebih rapi. Selain itu, kabel tersebut tidak akan mudah rusak jika digulung dengan benar. Dan lihatlah bagaimana kondisi meja kerja setelah menggulung kabel tersebut, pastinya meja terlihat lebih ringkas dan terlihat lebih luas dari sebelumnya.

5.Letakkan tempat sampah di dekat meja kerja

Ini terkesan klise namun meletakkan tempat sampah di dekat meja kerja menjadi faktor penting agar meja terlihat lebih bersih. Bayangkan jika kita malas jalan hanya untuk sekedar membuang sampah? Akhirnya sampah menumpuk di meja dan meja terlihat kotor.

Beda lagi, jika kita meletakkan tempat sampah di dekat meja kerja. Kalian akan lebih gampang membuang sampah dan tidak ada alasan lagi untuk malas berjalan ke tong sampah.

6.Selalu rapikan meja setiap mau pulang kerja

Setelah semua pekerjaan beres dan waktunya pulang kantor, rapikan kembali meja seperti keadaan semula. Dengan begitu, ketika esok kalian akan memulai bekerja kalian tidak perlu pusing merapikan di pagi hari.