6 Tips Mengatur Keuangan di Tengah Wabah Corona

Virus Corona semakin lama bertambah banyak hingga pemerintah melakukan PSBB ( Persiapan Sosialisasi Bersekala Besar). Banyak juga karyawan atau pegawai yang di liburkan, dengan tidak bekerja tentu tidak punya pemasukan untuk sehari – hari.

Dengan ini tentu harus jelih mengatur keuangan agar tidak habis dengan membeli sesuatu yanga tidak peting. Males Ngeblog kali ini akan memberikan 6 Tips Mengatur Keuangan di Tengah Wabah Corona, apa aja kali tips berikut ini yang mungkin kalian bisa terapkan :

Read More

1. Jangan Belanja Online Untuk Sementara Waktu

Karena banyak yang dirumahkan maka banyak marketplace melakukan promo besar – besaran dengan diskon gedean pula. Tentu ini akan membuat kita ingin berbelanja secara online, di saat seperti ini tentu kalian berhamat dulu jangan sampai tergiur dan melakukan belanja online.

Seharusnya kalian harus mengedepankan kebutuhan pokok seperti sabun, shampo, dll yang mendukung hidup bersih kalian. Jadi untuk sementara waktu jangan tergiur belanja online agar pengeluaran kalian tidak membekak.

2. Tetaplah Menabung

Seperti poin diatas disaat seperti ini kalian tetaplah menabung, kalian bisa gunakan konsep seperti ini bila ingin menabung 40-30-20-10. Yaitu 40% untuk biaya hidup sehari – hari 30% untuk cicilan, dengan 20% untuk ditabung dan investasi dan 10% untuk kebutuhan darurat.

Walau wabah corona menyerang tetap menabung ini buat jaga – jaga bila kalian tidak memiliki pemasukan sama sekali seperti yang terjadi saat ini.

3. Simpan Anggaran Yang Tidak Perlu ke Kebutuhan Darurat

Cara ini mengubah slot anggaran yang tidak perlu ke anggaran darurat, disini kalian dapat menganalisis anggaran yang dapat di investasikan untuk kebutuhan darurat seperti anggaran hiburan pacar, pergi kebioskop, konser, dan transportasi yang bisa di alokasi ke anggaran darurat.

4. Momen Yang Tepat Untuk Berinvestasi

Momen wabah seperti ini adalah waktu yang pas untuk investasi, bukan malah tarik investasi karena sedang turun. Dengan nilai investasi yang turun ini sangat cocok bagi pemula untuk investasi, dengan kalian Berinvestasi ini juga untuk jangka panjang bila mana suatu saat kalian butuh bisa dijual saat harganya mulai naik.

5. Hati – hati Scam Coronavirus

Dengan adanya virus corona ini terkadang dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan. Salah satunya adalah scam, tentu yang harus diperhatikan kalian jangan panik dulu, salah satu modus yang dilakukan yaitu menjual masker dengan harga yang sangat murah.

Selain itu menjual obat – obatan atau jamu yang bisa menyembuhkan virus corona tersebut, dengan di iming – imingi seperti itu maka banyak yang tergiur dan ingin membeli nya. Bila kalian terjebak scam seperti ini tentu akan memengaruhi keungan kalian.

6. Mencari Bisnis Walau pun Dirumah

Banyak perusahaan yang menerapkan work from home atau cuti dirumah akan tetapi tidak di bayar. Solusi yang harus dilakukan adalah mencari bisnis di rumah agar dapat pemasukan misalnya kalian bisa berjualan online, freelancer, atau menjual barang lama kalian atau membuka layanan jasa yang tidak harus berinteraksi dengan orang lain.

Itulah 6 Tips Mengatur Keuangan di Saat Wabah Corona. Untuk kasih atau saran demi kemajuan blog ini bisa kalian tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima Kasih, See You