7 Penyebab Kerusakan Smartphone Berikut Ini!

  • Whatsapp

Smartphone telah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang, mulai dari hal yang paling dasar yakni komunikasi, sebagai media hiburan, atau bahkan untuk mendukung pekerjaan. Nah, pasti akan susah kan jika smartphone-mu rusak. Sebelumnya, mari kita ulas secara singkat sebenarnya apa yang bisa membuat smartphone-mu terganggu kinerjanya. Berikut ini adalah 7 penyebab kerusakan smartphone yang sering terjadi.

Penyebab Kerusakan Smartphone

1. Tidak Memasang Anti Gores

Read More

Peran anti gores sangat penting bagi layar smartphone-mu, karena sesuai dengan namanya anti gores akan melindungi layar dari goresan yang mungkin terjadi. Keberadaan anti gores pada layar ponselmu dapat menjaga usia LCD. Jangan meremehkan hal ini atau masalah LCD dapat menjadi penyebab kerusakan smartphone yang lebih parah.

2. Penekanan Layar

Penyebab kerusakan smartphone yang kedua adalah ketika kamu menekan layar secara berlebihan, maka smartphone bisa mudah rusak dan tergores. Hal ini menyebabkan sensitivitas layar terganggu. Jadi berhati-hatilah ketika menekan layar, tekanlah sewajarnya.

3. Goresan Kuku

Jangan sampai kesalahan yang satu ini terjadi. LCD sangat mudah tergores, hal ini bisa menjadi penyebab kerusakan smartphone karena goresan yang terjadi pada layar akibat menggunakan kuku ketika menggeser atau menekan layar. Jika tidak hati-hati smartphone kesayanganmu bisa rusak.

4. Sinar Matahari

Jangan sampai smartphone-mu terpapar sinar matahari secara langsung, karena sinar ultraviolet pada cahaya matahari dapat merusak kualitas layar terlebih pada warna dan kontras LCD-nya. Jadi pertimbangkan lagi untuk meletakkan ponselmu di bawah sinar matahari langsung jika tidak ingin hal ini menjadi penyebab kerusakan smartphone kesayanganmu.

5. Meletakkan Smartphone Sembarangan

Apakah kamu termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang suka meletakkan smartphone-nya sembarangan? Jika iya, maka kamu harus menghentikannya sesegera mungkin. Karena hal tersebut dapat merusak ponselmu. Gunakanlah tempat khusus bagi ponselmu ketika hendak dimasukkan ke dalam tas. Agar tidak bercampur dengan berbagai macam benda yang dapat merusak ponsel terutama bagian layar.

Pastikan, tidak ada benda tajam yang memungkinkan untuk menimbulkan goresan pada ponsel dan menjadi penyebab kerusakan smartphone kepunyaanmu. Tidak hanya soal goresan, jika ponselmu sering tumpang tindih dengan benda-benda lain, hal itu dapat mengakibatkan sensitivitas layar smartphone-mu berkurang.

6. Medan Magnet

Kebiasaan buruk meletakkan ponsel di sekitar medan magnet atau benda-benda elektronik yang terdapat medan magnet di dalamnya seperti televisi dan radio dapat menjadi penyebab utama masalah pada layar ponselmu. Selain itu, hal tersebut juga bisa merusak bagian lain dari perangkat ponsel yang kamu miliki. Oleh karena itu berhati-hatilah dan jangan ceroboh meletakkan ponsel di sekitaran benda-benda yang memiliki medan magnet. Jangan sampai kecerobohanmu menjadi penyebab kerusakan smarphone yang selalu kamu butuhkan.

7. Menyimpan Ponsel di Saku Celana

Selain dapat berdampak pada tubuh, menyimpan ponsel di saku baju atau celana dapat mengakibatkan layar ponsel bergesekan dengan benda-benda lain. Perilaku yang satu ini sering menjadi penyebab kerusakan smartphone. Hal itu terjadi karena berkurangnya sensitivitas layar ponselmu karena layar terlalu sering bergesekan dengan kain, dan pada akhirnya dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih serius jika terlalu sering dilakukan. Simpanlah ponselmu di dompet khusus ketika bepergian sehingga layarnya tidak mudah bergesekan dengan benda-benda lainnya.

Ketujuh penyebab kerusakan smartphone di atas memang tampak sederhana, namun dampaknya dapat terjadi cukup besar bagi ponsel kamu. Jika ingin smartphone kesayanganmu terlindungi, maka jangan sepelekan hal-hal di atas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *