9 Rekomendasi Software Bagi Teknik Sipil

  • Whatsapp

Lapangan perkerjaan setiap tahun menjadi rebutan sebagian orang, hal tersebut dikarenakan ketidak seimbangan jumlah alumni dan ketersediaan kebutuhan yang ada. Bagi semua lulusan pastikan memiliki berbagai skill untuk memasuki dunia kerja, tidak terkecuali lulusan teknik sipil.

Sebelum terjun ke dunia kerja atau wirausaha, ketahui dahulu apa saja rekomendasi software bagi teknik sipil yang terbaik.

Read More

Manfaat Mempelajari Software dalam Dunia Kerja

Sebenarnya, tidak hanya teknik sipil saja yang perlu menguasai software. Namun, berbagai bidang pekerjaan lain juga tetap memperlukan ketrampilan dalam penguasaannya, guna mempermudah segala aktivitas.

Komputer memang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, sehingga kemunculan berbagai software memang didesain khusus membantu manusia dengan berbagai kesibukannya. Ini lantaran sebuah perangkat keras tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya software ini.

Dengan adanya software, mampu menjadi monitoring dan control atau memungkinkan terjalinnya kemudahan dalam mengawasi sebuah pekerjaan tanpa mengandalkan manusia. Selain lebih efektif, juga lebih cepat dan efisien.

Beberapa Software bagi Teknik Sipil

Banyak ketrampilan maupun keahlian yang harus dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja. Terutama untuk Kamu, Lulusan teknik sipil. Dengan mengetahui rekomendasi software bagi teknik sipil dapat mempermudah pekerjaan di bidang yang sesuai. Berikut pilihannya:

  1. AutoCard – Software pertama yang harus dikuasai untuk mempermudah pekerjaan di bidang teknik sipil adalah Autocard. Kegunaan software ini untuk mempermudah penggunanya dalam menggambar 2D atau 3D. Bahkan, sebagian pekerja kontruksi akan mensyaratkan pekerjanya mampu menguasi software ini.
  2. AutoCAD Civil 3D – Software ini merupakan sebuah pengembangan AutoCARD. Namun, ini memiliki kelebihan dalam tampilan sehingga cocok untuk mendesain gambar berbentuk 3D. Biasanya diterapkan pada proyek pembangunan jalan hingga bangunan air.
  3. HEC-RAS – Software ini digunakan untuk mempermudah analisis bangunan air, seperti pada kontruksi bendungan maupun waduk buatan. HEC-RAS telah dibuat oleh USACE atau U.S Army Corp of Engineers.
  4. SAP 2000 – SAP 2000 digunakan untuk membantu pekerja teknik sipil dalam menganalisis kelayakan hasil desain. Maka, ini menjadi salah satu rekomendasi software yang harus dikuasai.
  5. Etabs – Selain menggunakan SAP 2000, para pekerja teknik sipil hendaknya juga mulai mempelajari software ini. Kegunaannya untuk menganalisis keperluan berbagai desain terhadap ketahanan bangunan pada potesi terjadinya gempa.
  6. Plaxis – Digunakan untuk mempermudah dalam mengetahui segala informasi terkait stabilitas lereng gunung. Dimana biasanya menjadi lokasi proyek menanggulangi permasalahan longsor di suatu daerah. Penggunaannya cocok bagi teknik sipil yang berkutat di bidang ilmu geoteknik, yaitu gabungan ilmu geografi dan teknik.
  7. 3D Max – Salah satu fungsi yang ditawarkan pada software ini, ada pada kemampuannya membuat animasi 3D. Sehingga, pengguna bisa membuat layaknya memberi kesan desain semakin hidup dengan simulasi video bergeraknya (animasi).
  8. Global Mapper – Aplikasi software ini cocok digunakan untuk membantu proses pemetaan. Dan beberapa fitur yang tersedia juga membantu proses menentukan luas daerah aliran sungai, hingga mampu memperkirakan berapa debit air pada sungai tertentu.
  9. STAAD Pro – Software terakhir pada pembahasan kali ini sebagai rekomedasi teknik sipil yaitu STAAD.Pro. Penggunaannya untuk membantu dalam proses analisi data yang sangat akurat. Sangat cocok bagi pekerja kontruksi. Selain itu, juga untuk mempermudah pada analisis ketahanan gedung dan digunakan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada gedung.

Inilah ulasan singkat terkait 9 rekomendasi software bagi teknik sipil yang bisa mempermudah pekerjaan di bidang tersebut. Bagi Kamu yang bekerja di bidang ini. wajib mempelajari agar siap terjun ke lapangan ataupun dunia kerja yang baru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *