Ada bukti transfernya tapi dana belum masuk ke rekening (SMS Banking BRI)

  • Whatsapp

Jam 07:01 ada whatsapp dari teman ngirim bukti transferan, transferannya melalui SMS Banking BRI. Saya lihat iya betul dikirimnya kerekening saya dari rekening bila melihat dari nama pengirimnya kebetulan saya kenal adalah rekening istrinya.

Status transfernya berhasil lalu saya cek direkening koran milik saya pada tanggal 13-10-18 sesuai bukti SMS Banking dan ternyata dana dengan nominal Rp.250000 sesuai yang dibilang teman itu belum ada masuk lalu saya kabarin lagi kepada teman saya dia bilang dari rekening dia sudah terdebet dan katanya sudah biasa transfer kerekening BRI selain rekening saya pakai SMS Banking dengan menyertakan bukti transfer ke Oarang lain selain ke rekening saya.

Read More

Saya percaya tetapi disini saya jelaskan bahwa tidak setiap transaksi bermasalah bahkan mungkin dari semisal 100 transaksi hanya 1 yang bermasalah tetapi ini hal yag biasa dalam bertransaksi perbankan bahkan ada beberapa kasus yang pernah saya alami adalah kebalikan dari kasus atau masalah yang dialami teman saya ini yaitu laporannya gagal tetapi pada saat dicek  rekening koran dana sudah terdebet namun untungnya pemilik rekeningnya dekat dan kenal danapun ditransfer kembali kerening saya.

Sebagai solusi dari masalah ini adalah dengan mengunjungi Kantor BRI terdekat untuk Print buku tabungan disitu kita akan melihat keluar dan masuk dana yang ada direkening kita walau sepeserpun tentu akan tercatat, perlu diingat juga bila transfer dana ada beberapa jenis transferan bila selain jenis titipan atau RTGS itu memang realtime (langsung masuk) seperti transfer dari ATM kecuali seperti menggunakan jasa pihak ketiga seperti secara online seperti flip.id (sampai coretan ini dibuat belum realtime, akan sama seperti kita ngantri dikantor BRI).

Setelah kita print buku tabungan silahkan Anda hubungi kembali pihak penerima dan cek dan cocokan dengan rekening koran punyanya penerima jangan sampai salah tanggal ada beberapa kasus pernah saya alami juga dana lama masuknya dan pada akhirnya masuk namun tanggal masuknya jadi berbeda dengan bukti transfer malah jadi mundur semisal seperti transferan teman saya diatas buktinya transfer pada tanggal 13-10-18 pada jam 00:34 dicek setelah 3 hari dananya masuk pada tanggal 12-10-18 sekitaran pagi hari (karena direkening koran internet Banking BRI tidak ada ket.jamnya).

Maka dari itu dalam transaksi saya selalu mengutamakan dalam kesabaran tidak terburu-buru sebab akibatnya akan fatal bukannya untung malah kerugian yang akan didapat (bukan untung malah buntung) ini jadi satu pelajaran bagi para Agen yang menggeluti jasa transfer dana antar Bank ataupun hanya para pengguna secara pribadi.

Bila masalah diatas terjadi pada Anda jangan terlalu dibuat khawatir seperti yang selalalu saya bilang semua ada datanya yang tercatat otomatis oleh sistem kita tinggal mengikuti prosedur yang ada dan juga kesabaran dana akan kembali ketangan kita tanpa ada potongan sepeserpun.

Menurut saya setelah bukti transfer tercetak bukan berarti dana sudah sampai kerekening yang dituju walaupun memang dijaman sekarang transfer dana bisa masuk kerekening tujuan secara realtime, pernyataan ini memang benar bila tidak lagi ada masalah tetapi masalah siapa yang tahu kapan datangnya bukannya begitu? kita harus membaca juga disetiap bukti transaksi atau struk sebagai bukti pembayaran setelah kita membayar kita contohkan adalah bukti internet banking BRI dibawah ini,

Pada tex yang dilingkari merah tertulis jelas “Transaksi Anda telah diterima oleh Bank BRI. Harap catat Nomor Referensi Anda untuk digunakan jika ada pertanyaan atau masalah” bila kita contohkan struk yang lainnya juga bisa kita lihat dibawah struk selalu ada tulisan sebagai petunjuk kemana harus menghubungi bila ada masalah dengan transaksinya.

Dari coretan diatas bisa kita simpulkan pertama adalah tentang transferan teman saya ada bukti transfer tetapi dana belum masuk kerekening tujuan ya itulah kegunaan bukti transaksi kita bisa komplen dengan masalah transaksinya kepihak terkait “namun tidak bisa dijadikan jaminan bahwa dana sudah masuk”. Kedua dalam bertransaksi usahakan dalam suasana santai jangan tergesa-gesa. Seperti lihat saja para Teller di kantor Bank kita selalu menunggu karena transaksi membutuhkan waktu. Ketiga jangan dibuat terlalu khawatir dengan kejadian diatas semuanya ada solusinya seperti dijelaskan diatas.

Sekian terkait Ada bukti transfernya tapi dana belum masuk ke rekening (Transaksi menggunakan SMS Banking BRI) semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *