Agen Griya BTN, Layanan Laku Pandai dari BTN

Halo Sobat Siajun Blog pada kali ini saya akan melanjutkan bergerilya mencari dan megulas informasi tentang Lakupandai dari OJK yang direlisasikan melalui beberapa Bank di Indonesia yang tentunya selain Bank BRI dengan BRILink ada juga beberapa Bank lainnya seperti akan kita ulas pada kesempatan kali ini adalah Agen Griya BTN, Layanan Laku Pandai dari Bank BTN.

Bank Tabungan Negara (BTN) meluncurkan produk laku pandai berbasis digital yang diberi nama Agen Griya BTN. Program Laku Pandai oleh BTN ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk menikmati layanan perbankan tanpa harus pergi ke kantor bank. Layanan ini juga didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga pastinya data-data nasabah lebih terjamin dan lebih aman.

Read More

Sebelum adanya layanan Laku Pandai berbasis digital ini, BTN yang bekerja sama dengan Telkom sudah memperkenalkan Tabungan BTN Cermat dimana proses pembukaan rekening ini sudah menggunakan USSD (unstructured supplementary service data) sehingga nasabah hanya menggunakan nomor handphone dan bertransaksi melalui Electronic Data Capture (EDC).

Karena layanan Laku Pandai ini terintegrasi dengan tabungan BTN Cermat, maka pastinya Agen Griya BTN juga mengikuti sistem layanan perbankan secara digital. Sebagai permulaan layanan Laku Pandai ini, 500 kantor layanan Pos telah menjadi agen Laku Pandai. Meskipun begitu, BTN tetap membuka pendaftaran bagi para calon agen, baik perorangan, usaha mikro, maupun usaha yang sudah berbadan hukum.

Berikut prosedur yang harus diikuti untuk mendaftar menjadi Agen Griya BTN:
1. Calon agen membawa identitas diri dan mengisi formulir pendaftaran untuk menjadi Agen Griya BTN di kantor cabang BTN,
2. Petugas Bank BTN akan menyeleksi calon agen terlebih dahulu,
3. Jika disetujui, maka calon agen akan dibuatkan kartu ATM dan rekening tabungan BTN Cermat sebagai rekening yang digunakan untuk bertransaksi nantinya,
4. Calon agen mengikuti pelatihan dan edukasi, kemudian registrasi dan menandatangani surat perjanjian kerjasama. Calon agen akan mendapatkan sertifikat agen, spanduk agen, akses aplikasi, serta brosur untuk Agen Griya BTN dan Nasabah.

BTN memberikan sejumlah imbalan berupa komisi per setiap transaksi yang berhasil dilakukan oleh Agen Griya BTN. Nasabah yang membuka rekening tabungan dengan saldo setoran awal minimal 50.000 Rupiah melalui Agen Griya BTN akan mendapatkan keuntungan sebesar seribu Rupiah per rekeningnya. Untuk saldo di atas 1 juta Rupiah, agen Ariya BTN akan diberikan komisi sebesar 10.000 Rupiah per rekeningnya. Tidak hanya itu, layanan Laku Pandai dari BTN ini juga menerima pembayaran tagihan seperti tagihan listrik, telpon, dan lain-lain dimana agen akan diberikan komisi sebesar 2.500 Rupiah hingga 5.000 Rupiah per transaksinya. Bahkan Bank BTN telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan asuransi untuk memberikan fasilitias asuransi bagi para calon Agen Griya BTN.

Agen Griya BTN Cermat Terus Bertambah hingga akhir Oktober 2017, jumlah agen Laku Pandai dari BTN, yakni Agen Griya BTN Cermat sudah mencapai 6.208 agen dengan total rekening mencapai 1,1 juta lebih rekening dan volume transaksi hingga 85 miliar Rupiah.

Sebelumnya di tahun 2016, BTN menargetkan jumlah agen hingga 1.500 agen yang terdiri dari 1.000 agen yang menggunakan telepon genggam dan 500 agen yang menggunakan mesin EDC.

Untuk memperluas jaringan Agen Griya BTN, BTN tidak hanya bekerja sama dengan kantor pos, Bank BTN juga telah bekerjasama dengan PT. Magna Karsa Mulya dimana BTN akan menerapkan layanan Laku Pandai melalui loket-loket Payment Point Online Bank (PPOB) untuk melayani pembayaran tagihan mulai dari tagihan listrik, telepon, air, asuransi, dan lain-lain.

Kedepannya BTN telah memiliki sejumlah strategi untuk meningkatkan transaksi melalui Agen Griya BTN Cermat, seperti adanya program kredit pemilikan rumah (KPR) dan layanan pembayaran melalui bank lain.

Vidio terkait post ini

Related posts