Apa itu Geopark?

UNESCO Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB atau bila dalam bahasa inggris-nya United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, merupakan badan khusus PBB yang didirikan pada 1945  wikipedia.

Apa itu Geopark?

Global Geopark adalah  area geografis terpadu di mana situs dan lanskap signifikansi geologi internasional dikelola dengan konsep holistik perlindungan, pendidikan dan pembangunan berkelanjutan.

Read More

Bottom-Up

Pendekatan Bottom-Up (Teori yang mengajukan gagasan bahwa proses pengenalan suatu objek diawali dengan indentifikasi kita terhadap bagian-bagain spesifik dari suatu objek yang kita amati, yang menjadi landasan bagi pengenalan objek tersebut secara kesuluruhan). Menggabungkan konservasi dengan pembangunan berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat lokal.

UNESCO Global Geopark saat ini

Saat ini, ada 120 UNESCO global Geoparks di 33 negara. lembar informasi di UNESCO global Geopark oleh negara yang tersedia, dengan informasi rinci tentang setiap situs.

Pekerjaan UNESCO dengan Geopark dimulai pada tahun 2001. Pada tahun 2004, 17 Eropa dan 8 Geopark China datang bersama-sama di kantor pusat UNESCO di Paris untuk membentuk Global Geopark Network (GGN) di mana warisan geologi nasional berkontribusi, sebagai manfaat dari keanggotaan mereka dari jaringan global UNESCO adalah adanya pertukaran dalam banyak hal dan kerjasama diantara anggota satu dengan yang lainnya.

Pada tanggal 17 November 2015, Amerika 195 Anggota UNESCO meratifikasi penciptaan label baru, UNESCO global Geopark, selama Konferensi Umum ke-38 Organisasi. Ini mengungkapkan pengakuan pemerintah akan pentingnya mengelola situs geologi yang luar biasa dan lanskap secara holistik.

Organisasi mendukung upaya negara anggota untuk membangun UNESCO global Geopark di seluruh dunia, dalam kerjasama erat dengan Global Geopark Network.(geoparks).Geopark ada istilah Taman Bumi Global serta juga Taman Bumi Nasional.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *