Apa yang dilakukan setelah disetujui Google Adsense?

Siajun Blog kali ini ingin berbagi satu penjelasan tentang pertanyaan yang sering ditanyakan termasuk saya sendiri sebelum melewati beberapa tahapan verifikasi.

Seperti baru baru ini yaitu verifikasi dengan identitas dan kemudian hari ini mendapatkan notifikasi pemberitahuan untuk verifikasi alamat untuk pembayaran adsense.

Read More

Apa bedanya verifikasi identitas dengan alamat?

Untuk verifikasi alamat berbeda dengan verifikasi identitas karena untuk verifikasi alamat kita harus menunggu PIN yang akan dikirim oleh Google kealamat yang sesuai di akun adsense kita. Harus menungu biasanya sekitar kurang lebih 2-4 minggu tergantung dari kurirnya.

Sekarang kita tidak membahas hal itu karena sudah dibahas pada artikel sebelumnya, namun pada atikel ini akan membahas apa yang harus dilakukan setelah disetujui menjadi publisher adsense?

Kenapa artikel tentang ini dibahas dibelakang bukannya ini adalah yang dilakukan diawal kita diterima? Betul, memang hal ini harusnya dibahas sebelumnya tetapi saya membahasnya dibelakang agar mengalami dulu baru akan saya share begitu ceritanya’ saya tidak mau membahas yang belum pernah saya alami.

Nah sekarang setelah saya sudah lewati masa-masa yang membuat saya bertanya-tanya apa yang harus dilakukan. Sekarang saatnya saya untuk berbagi seperti apasih perjalanan saya dalam melewati sampai 21 hari berlalu.

Diawali menerima email pemberitahuan disetujuinya blog untuk menayangkan iklan. Setelah disetujui hal yang harus dilakukan adalah memasang unit iklan yang disediakan disesuaikan dengan halaman blog yang kita miliki, bila tidak ingin repot gunakan saja kode iklan otomatis.

Unit iklan sebetulnya pada saat awal pendaftaran atau sebelum di setujui juga sudah seharusnya dipasang, namun iklan tentunya kosong karena belum disetujui.

Publisher Pemula setelah disetujui mungkin lebih ke merubah tempat atau menyesuaikan tampilan iklan saja. Biasa kalau publisher yang baru diterima akan banyak melakukan perubahan pada iklan sesuai yang Mereka tahu.

Gunakan unit iklan otomatis

Dengan kode iklan otomatis tidak perlu lagi kita memikirkan dimana mau menyimpan kode iklan, cukup dengan satu kali menyimpan kode dibawah kode <head> di edit HTML templat selanjutnya biarlah sistem Google yang akan menyesuaikan dimana iklan akan ditampilkan.

Gunakan unit iklan responsive

Bila Anda memutuskan untuk menggunakan unit iklan manual bagi pemula seperti saya buatlah unit iklan responsive supaya iklan nantinya bisa menyesuaikan dengan perangkat pengguna. Buatlah 3 unit iklan dalam artikel : 1 unit iklan di atas artikel, 1 unit ditengah artikel, dan 1 unit iklan dibawah artikel, bila masih kurang bisa ditambahkan unit iklan biasanya disebelah logo disekitar header dan juga sidebar. Tetapi tentunya harus mematuhi kebijakan penempatan unit iklan Adsense.

Jangan dulu terlalu banyak membuat unit iklan

Jagan terburu-terburu dengan membuat banyak unit iklan, untuk diawal cukup 3 unit iklan atau cukup gunakan unit iklan otomatis karena ada beberapa unit iklan yang akan diberikan yang lebih potensi meningkatkan CTR iklan setelah blog memenuhi syarat untuk menampilkannya. Diantaranya unit iklan matched content dan unit iklan link nantinya akan otomatis ada pada pilihan unit iklan di akun Google Adsense masing-masing.

Pada awalnya saya juga berpikir unit iklan sudah diberikan semua tetapi pada saat membuka blog Orang lain yang terpasang iklan adsense ada model iklan yang saya rasa model iklannya bagus untuk meningkatkan CTR. Sampai akhirnya saya cari-cari cara bagaimana cara memasang iklan adsense seperti itu.

Setelah menemukan tutorialnya yang pertama itu adalah iklan matched content saya coba ingin terapkan dengan masuk ke akun google adsense saya, sudah cari-cari sana sini hampir semua menu unit iklan saya buka-buka tetapi tidak menemukan yang mirip seperti yang dijelaskan ditutorial cara memasang iklan matched content. Pada akhirnya nyerah saja biarkan untuk sementara iklan yang sudah terpasang saja sudah cukup.

Setelah beberapa hari kemudian kudapati email dari google dan juga ada notifikasi di aplikasi adsense yang sengaja saya pasang di smartphone untuk mempermudah dalam cek-dan ricek. Notifikasinya adalah peluang untuk mengunakan unit iklan yang baru. Pertamanya saya tidak tahu, setelah dicek sesuai petunjuk ternyata oh ternyata iklan yang ingin saya pasang baru saja diberikan, dari situ saya baru tahu bahwa iklan matched content diberikan secara bertahap.

Tidak sampai 1 minggu setelah mendapatkan iklan matched content atau bila dilihat dimenu akun adsense bahasa Indonesia adalah iklan yang sesuai. Iklan ini tampilannya akan mirip sekali seperti related post pada umumnya. Kembali mendapatkan notifikasi peluang untuk unit iklan model link seperti bisa dilihat ditengah artikel ini.

Sampai hari ini saya rasa model iklan sudah terpasang semua diblog, tetapi perlu diingat konten adalah yang utama sambil menunggu verifikasi alamat setelah saldo memenuhi ambang verifikasi kalau saldo dirupiahkan sekitar 150 ribuan atau bisa kita kalikan saja dengan kurs yang sedang berlaku.

Selanjutnya setelah verifikasi alamat

Setelah memenuhi syarat verifikasi alamat maka kita tinggal menunggu PIN sampai dan bisa kita input ke akun adsense masing-masing, untuk hal ini saya belum bisa membahasnya dikarenakan saya juga hari ini masih menunggu PIN sampai ketangan saya.

Baca : pengalaman menunggu PIN Adsense

Untuk diketahui oleh pemula didalam menunggu sampai kita mendapatkan PIN kita harus tetap semangat kelola blog kita dengan terus meningkatkan konten yang lebih baik yang bisa meningkatkan minat pengunjung untuk kembali mengunjungi blog kita, sebenarnya itulah yang harus menjadi prioritas bukan bagaimana menempatkan iklan.

Cukup sekian artikel kali ini karena memang baru sampai disini perjalanan saya bergabung menjadi publisher Google Adsense. Terimakasih sudah berkunjung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *