Aplikasi Kompres Foto Windows 10

  • Whatsapp

Bagaimana cara kompres foto atau gambar pada Komputer dengan OS Windows 10 ?

Bila ingin melakukan kompres foto atau gambar menggunakan Komputer dengan OS Windows 10 tentunya sangat mudah bisa dilakukan dengan menggunakan Aplikasi / Software.

Aplikasi / Software apakah yang digunakan?

Aplikasi / Software yang digunakan tentunya sangat banyak pilihannya, dari yang gratisan sampai yang berbayar dari yang harus di instal terlebih dahulu pada Komputer, ada juga Aplikasi / Software yang bisa digunakan secara online tanpa harus instal terlebih dahulu di Komputer cukup gunakan Browser yang ada dan tersambung Internet.

Read More

Setiap Kompres foto atau gambar tentunya pada dasarnya adalah memperkecil ukuran foto / gambar itu sendiri. Pada umumnya ukuran foto itu diperkecil dengan tujuan memperkecil ruang memori yang akan digunakan oleh si foto atau gambar itu sendiri bila disimpan pada memori yang memiliki keterbatasan ruang.

Saya contohkan adalah pada penggunaan ruang disk pada hosting, selain memperkecil ruang memori atau disk yang akan digunakan pada saat foto di upload atau disimpan pada disk hosting online, selain itu semakin kecil ukuran foto semakin cepat pada saat melakukan upload, semakin sedikit pula kuota / data internet yang digunakan.

Namun perlu dipahami bahwa semakin kecil ukuran foto atau gambar maka kualitasnya semakin rendah. Nah’ dari itu kita harus bisa memilih Aplikasi atau Software yang akan kita gunakan untuk kompres foto atau gambar tersebut dengan tepat.

Banyak dipasaran Aplikasi / Software yang bisa kita beli baik itu dipasar online maupun di pasar dunia nyata yang menawarkan bahwa Aplikasi /Software untuk kompres foto atau gambar yang dimilikinya bisa kompres foto tanpa mempengaruhi kualitas fotonya itu sendiri. Harga Aplikasi / Software itu sendiri bervariasi dari harga tertinggi sampai terendah bahkan ada juga yang menawarkan versi gratisnya dengan tentunya untuk versi gratis ini punya keterbatasan atau dibatasi penggunaannya oleh Si Depelovernya.

Seperti sudah disebutkan diatas Aplikasi / Software untuk kompres foto ada 2 pilihan yaitu bisa versi yang harus diinstal terlebih dahulu di Komputer seperti pada OS Windows 10 yang digunakan ataupun versi onlinenya cukup dengan menggunakan Browser yang ada dan tersambung Internet.

Untuk versi Aplikasi / Software yang harus diinstal terlebih dahulu saya lebih menyarankan menggunakan Adobe Photoshop, kenapa? Adobe Photoshop selain bisa digunakan untuk edit poto / gambar dengan fitur sangat lengkap bisa juga untuk kompres foto / gambar sampai ukuran terkecil sekalipun dengan tentunya kualitas gambar terbaik untuk ukurannya.

Untuk membuktikannya sudah saya lakukan percobaan perbandingan dengan pilihan saya yang kedua yaitu FILEminimizer Pitures :

Cara kompres foto / gambar dengan Aplikasi / Software yang diinstal pada Komputer;

Menggunakan Adobe Photoshop;

  • Buka Adobe Photoshop trelebih dahulu
  • Drag / Drop foto atau gambar yang akan di kompres pada halaman kerja Adobe Photoshop atau bisa juga dengan cara pilih File > Open Ctrl+O > pilih foto / gambar yang akan di kompres
  • Setelah foto / gambar berada dihalaman kerja bisa dilakukan pengeditan atau bila tidak diperlukan bisa langsung saja di kompres dengan cara pilih File > cari Save for Web > atur kualitas foto seperti pada gambar yang diberi panah merah :
    • 2 mengatur kualitas foto / gambar
    • 3 mengatur resolusi / image size untuk web/blog standarnya 800px untuk lebar untuk tinggi biarkan saja
    • 4 lihat ukuran foto dalam skala kb
    • 5 simpan / save foto

Menggunakan FILEminimizer Pitures ;

  • Buka aplikasi FILEminimizer Pitures
  • Open file
  • Optimize file
  • Cek hasilnya, biasanya akan tersimpan pada drive asal foto/gambar

Perbandingan :

  • Hasil kompres Adobe Photoshop dengan ukuran 27kb dari awalnya 1,9mb
  • Hasil kompres FILEminimizer dengan ukuran 48,9 dari awalnya 1,9mb

Jadi Photoshop adalah pemenangnya dengan ukuran terkecil dengan kualitas foto/gambar yang sama.

Cara kompres secara online pada Komputer;

Untuk cara ini tentunya kita tidak perlu instal Aplikasi/Software cukup dengan buka Browser pada Komputer OS Windows 10 ataupun Windows sebelumnya, ataupun bahkan OS selain Windows.

Silahkan kunjungi beberapa situs online untuk kompres foto pilih saja yang gratis seperti :

Untuk penggunaan dari kedua situs diatas hampir sama saja dengan menggunakan Photoshop dan FILEminimizer Pitures, dan untuk hasilnya bila dibandingkan dengan Aplikasi /Software yang diinstal terlebih dahulu bisa dibilang sangat jauh perbedaanya. Dari ukuran saja untuk https://compressjpeg.com/ sekitar 114kb dari awalnya 1,9mb dan https://shortpixel.com/online-image-compression sekitar 337kb dari awalnya 1,9mb dengan pengaturan default karena bila terlalu rendah atau disamakan dengan hasil Photoshop dan FILEminimizer maka hasilnya akan kelihatan tidak jelas.

Kesimpulan:

Untuk versi instal, Aplikasi / Software untuk kompres foto / gambar pada Komputer dengan OS Windows 10 ataupun dibawahnya gunakan Adobe Photoshop atau bila yang gratisnya gunakan FILEminimizer Pitures.

Untuk versi online, gunakan situs Compressjpeg yang mempunyai kelebihan adanya pengaturan secara manual untuk kualitas foto / gambar yang dihasilkan. Sebagai pilihan kedua saya adalah Shortpixel.

Mungkin itulah Aplikasi / Software yang saya gunakan untuk kompres foto / gambar pada Komputer Windows 10 yang saya gunakan. Sebetulnya masih banyak lagi yang lainnya namun yang saya tahu dan memang saya sering gunakan adalah dari ke-4 Aplikasi diatas. Semoga bisa bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *