Cara Menggunakan Aplikasi OY! Indonesia

  • Whatsapp

Aplikasi OY! Indonesia bagi saya adalah aplikasi yang mempermudah urusan transaksi finansial menggunakan rekening bank yang dimiliki. Transaksi bisa dilakukan melalui internet banking maupun kartu debit yang dimiliki pada bank yang sudah tergabung dengan OY! Indonesia yang tentunya sudah terkoneksi.

Baca juga: Aplikasi transfer uang antar bank lainnya

Read More

Fitur Aplikasi OY! Indonesia

Dengan aplikasi OY! Indonesia saya sendiri lebih memudahkan dalam membuat catatan pada pemasukan dan pengeluaran dana pada rekening bank yang saya miliki dengan koneksi internet banking dan juga bisa juga dengan kartu debit. Karena pada rincian mutasi saya bisa memberikan catatan secara manual, untuk hal ini saya ulas nanti dibawah.

Selain memudahkan membuat catatan pada pemasukan dan pengeluaran rekening tentunya sebagai perusahaan startup yang inovasinya digagas untuk membantu mempermudah kehidupan finansial, OY! Indonesia mempermudah bagi pengguna yang mau melakukan transfer antar bank dengan biaya murah bahkan gratis, bahkan untuk berbeda bank pun dengan yang pengguna miliki.

Aplikasi OY! ini juga mampu memberikan info saldo dan mutasi rekening pada account bank yang kartu debit atau internet banking sudah terkoneksi dengan aplikasi OY!.

Kecepatan transfer alikasi OY! Indonesia

Untuk masalah kecepatan transfer aplikasi Oy! dalam keadaan normal memberikan jaminan uang akan masuk secara realtime yang terintegrasi dengan hampir dengan semua bank yang ada di Indonesia, jadi jangan khawatir uang transfer sekarang sampainya besok.

Keamanan data pengguna

Untuk masalah keamanan saya rasa tidak diragukan lagi karena aplikasi OY! ini terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia.

Kenapa didaftar dan diawasi oleh bank Indonesia bukan dengan OJK?

Karena OJK tugasnya adalah mengawasi industri keuangan seperti bank, asuransi, pasar modal dan industri keuangan lainnya. Sedangkan OY! Indonesia sebagai perusahaan transfer dana berada pengawasan bank Indonesia.

Tampilan aplikasi OY!

Untuk tampilan itu sendiri aplikasi OY! saya lihat terlihat simpel dengan beberapa menu navigasi seperti beranda, notifikasi dan ringkasan, untuk ulasan terkait hal ini akan saya bahas dibawah.

Cara menggunakan aplikasi OY! Indonesia

Untuk cara menggunakan aplikasi OY! akan saya ulas mungkin secara singkat saja seperti berikut:

Cara daftar OY! Indonesia

Untuk daftar menjadi pengguna OY! tentunya harus memiliki terlebih dahulu smartphone yang sesuai dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi

  • Instal aplikasi di Google Play Store atau App Store
  • Setelah aplikasi terinstal buka dan untuk pendaftaran masukan nomor handphone yang akan digunakan pada aplikasi
  • Pilih salah satu (whatsapp & SMS) untuk menerima kode verifikasi nomor handphone
  • Cek SMS atau whatsapp lalu masukan kode verifikasi pada kolom aplikasi
  • Setelah berhasil verifikasi nomor handphone pada halaman daftarkan akun masukan data yang diminta dengan benar sesuai KTP, klik memulai OY!
  • Buat PIN dengan kombinasi 6 digit angka yang susah ditebak tetapi mudah diingat nantinya akan digunakan untuk setiap masuk aplikasi dan transaksi
  • Halaman ini bisa dilewatin saja atau bila ingin membacanya silahkan slid kekanan atau kekiri dan halaman selanjutnya adalah menambahkan akun bank
  • Pada halaman utama untuk menambahkan akun bank klik pada hubungkan akun bank
  • Silahkan klik akun bank dan pilih bank yang dimiliki
  • Masukan nomor rekening dan verifikasi apakah nama pemilik rekening sudah benar
  • Pendaftaran akun bank berhasil silahkan kembali ke halaman utama aplikasi

Selanjutnya untuk bisa menikmati layanan atau fitur yang pada aplikasi secara keseluruhan silahkan lakukan verifikasi akun dengan cara mengupload data diri yang diminta seperti, sebelumnya pada halaman utama klik verifikasi akun anda terlebih dahulu:

  • Memasukan data sesuai KTP
  • Unggah hasil poto/scan KTP asli
  • Poto selfie memegang KTP

Untuk menghindari kegagalan dalam verifikasi data pastikan data terbaca dengan jelas.

Setelah data berhasil di upload selanjutnya tinggal menunggu hasil verifikasi dari Tim OY.

Fitur-fitur pada aplikasi Oy!

Untuk fitur-fitur pada aplikasi OY! Indonesia terutama adalah untuk transaksi finansial seperti transfer antar bank.

Yang saya sukai dari fitur aplikasi ini adalah seperti sudah disebutkan diatas bisa memberikan catatan manual pada setiap transaksi baik itu keluar maupun masuk pada rincian rekening bank yang sudah kita koneksikan.

Sebagai contoh adalah semisal saya pada hari kemarinnya ada yang nitip transfer untuk keluarganya melalui rekening yang saya miliki atau tarik tunai EDC yang saya miliki, itu bisa kita berikan catatan misalkan uang dari si A untuk si B atau tarik tunai EDC si C dan kita bisa memilih kategori yang disediakan seperti; tarik tunai, gaji, bonus, jual beli, pemasukan, bisa disesuaikan dan untuk saya sendiri pada contoh kali ini yang nitip adalah dikategorikan sebagai pemasukan dan nanti setelah diambil maka bisa saya rubah kategorinya menjadi tarik tunai untuk menandakan uang sudah diambil. Hal ini perlu sekali dilakukan karena yang nitip transferan melalui rekening saya bisa dibilang banyak pada setiap harinya.

Tampilan aplikasi OY Indonesia

Untuk tampilan memang dibuat simpel dengan bebrapa fitur 2 diantaranya sudah dibahas diatas kita lanjut pada tampilan layar depan dilayar atas ada ucapan selamat bagi pengguna, fitur chat, menu transfer, minta dan top up.

Bergeser kebawah sedikit ada menu riwayat dan informasi yang ditampilkan, bergeser lagi kebawah ada menu tambah akun, bergeser kebawah lagi ada informasi saldo akun bank yang terkoneksi, lanjut ada informasi tentang OY! beralih kelayar paling bawah ada beranda, notifikasi dan ringkasan.

Cara menggunakan fitur OY!

Disini saya tidak akan mengulas secara keseluruhan cukup yang suka saya gunakan saja seperti cara transfer dan melihat ringkasan atau rincian transaksi pada akun bank yang terkoneksi sebelumnya.

Cara transfer OY!

  • Silahkan klik transfer pada menu atas layar lalu bisa tambahkan penerima bila penerima belum tersimpan
  • Masukan bank tujuan dengan memilih pada pilihan yang sudah ada > masukan nomor rekening tujuan > klik periksa nomor > masukan nomor handphone penerima untuk mendapat notifikasi pengiriman otomatis dari OY!
  • Masukan nominal yang akan ditransfer minimal 11000 > pilih sumber dana > pilih kategori > konfirmasi > pilih metode pembayaran (debit card, virtual account, transfer manual
  • Silahkan bayar sesuai metode pembayaran yang dipilih, pada contoh saya memilih metode pembayaran virtual account bank BRI, untuk pembayaran bisa melalui internet banking maupun atau melalui agen BRILink terdekat.
  • Setelah dilakukan pembayaran dan berhasil terverifikasi otomatis oleh sistem OY! maka transferan langsung diteruskan kerekening tujuan, dalam waktu normal tidak sampai 5 menit.

Untuk bukti transaksi bisa dikirim melalui whatsapp ataupun disimpan sebagai poto pada smartphone atau berbagi via media lainnya, untuk cetak struk aplikasi OY! sendiri belum bisa terkoneksi dengan perangkat printer apapun.

Cara melihat saldo, ringkasan akun bank

Cara melihat saldo atau ringkasan transaksi akun bank yang sudah terkoneksi pengguna tinggal buka menu ringkasan atau pada info saldo pada halaman utama. Bila via menu ringkasan maka pengguna tinggal memilih pada bank sebelah menu ringkasan OY!.

Ada informasi saldo, pembayaran dan penerimaan, untuk pembayaran itu sendiri adalah ringkasan pengeluaran rekening dan penerimaan itu adalah pemasukan transaksi pada rekening akun bank. Seperti disebutkan diatas disinilah pengguna bisa membuat catatan terkait transaksi dengan mengklik ubah pada setiap rincian.

Seperti itulah mungkin yang bisa diulas dan dijelaskan cara menggunakan aplikasi OY! Indonesia, untuk yang lainnya seperti menu top up yang didalamnya terdapat beberapa instansi yang bisa dilakukan top up via OY! seperti Go-Pay, Dana, E-Money, LinkAja, Paytren, NU Cash, XL Tunai, Rekening ponsel dan Doku bisa dipelajari oleh pengguna masing-masing atau silahkan bertanya pada kontak OY! Indonesia yang sudah disediakan pada aplikasi maupun website untuk lebih jelasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *