ATM kadaluarsa bisa transfer dan tarik tunai, bisakah?

Halo Sobat’ Assalamualaikum kali ini saya ingin mengulas salah satu transaksi yang baru saja saya (Agen BRILink) laksanakan menggunakan aplikasi BRILink Mobile, transaksi apa itu? transaksinya adalah transaksi tarik tunai dari rekening Pelanggan menggunakan ATM yang sudah Expired sekitar hampir 1 tahun yang lalu, bila dilihat masa aktif ATMnya sampai tanggal (Valid Thru 09/18) yang lalu.

Secara umum kartu ATM kadaluarsa tidak bisa ditransaksikan

Kartu ATM yang sudah expired masa aktifnya umumnya tentu tidak bisa digunakan lagi untuk bertransaksi di ATM maupun di mesin EDC baik itu transfer ataupun tarik tunai. Untuk kembali bisa mengunakan kartu ATM yang yang sudah kadaluarsa masa aktifnya (expired) tentunya dengan cara mengganti kartu ATM tersebut dengan yang baru dikantor BRI dimana dulu kita membuat tabungan berikut kartu ATMnya pertama kali.

Read More

Penggantian kartu ATM hanya bisa dilakukan oleh Pemilik sahnya sesuai nama direkening atau buku tabungan tidak bisa diwakilkan, bisa diwakilkan dengan syarat membawa surat kuasa dari Pemilik rekening, KTP asli, buku tabungan dan yang lainnya yang dibutuhkan dengan ketentuan-ketentuan yang diberlakuan oleh pihak Bank untuk hal ini.

Kita kembali pada ulasan saya diatas, untuk ulasan tentang terkait cara penggantian kartu ATM mungkin lain kali diartikel selanjutnya bisa saya ulas.

Kartu ATM kadaluarsa bisa transfer dan tarik tunai di Agen BRILink Mobile apa itu benar? tentu benar sekali, karena saya yang sudah mencobanya lebih dari 2 kali transaksi debet rekening dari ATM BRI yang sudah kadaluarsa dan berhasil.

Pertama kali saya coba pada kartu ATM yang expirednya sudah hampir satu tahun, nominalnya pada waktu itu yang saya ingat 1.100.000 itu berhasil didebet, dan yang terakhir adalah hari ini dengan nominal 1.450.000 yang kebetulan masih kartu ATM yang sama yang belum sempat diganti oleh Pemiliknya, berhasil juga.

Jenis kartu ATMnya kalau gak salah menebak adalah jenis kartu ATM BRI Private Label yang diberikan bagi pemilik rekening jenis Simpedes dengan ciri-ciri berwarna biru dan tidak memiliki logo Cirrus ataupun Mastercard seperti pada umumnya kartu ATM jenis lainnya.

Cara tarik tunai ATM kadaluarsa

Lalu bagaimana saya bisa debet rekening via ATM yang sudah expired? sama seperti biasanya mau tarik tunai yang dilakukan para Agen BRILink pada umunya, namun perlu diketahui ini khusus di Agen BRILink yang menggunakan aplikasi BRILink Mobile bila menggunakan mesin EDC tentunya saya rasa tidak bisa dilakukan, akan gagal. Untuk cara tarik tunai BRILink Mobile bisa dibaca pada artikel saya sebelumnya, dan yang ini adalah syarat bisa tarik tunai di Agen BRILink Mobile.

Ko bisa ya?, Kartu ATM yang sudah kadaluarsa digunakan untuk bertransaksi? untuk hal ini saya tidak tahu tetapi seperti itu kenyataannya, saya belum sempat menanyakan kepada pihak Bank BRI apakah benar memang ada aturannya bahwa ATM kadaluarsa masih bisa digunakan di Agen BRILink Mobile, ataukah ini adalah kesalahan, dan ataukah hanya untuk jenis kartu ATM tertentu saja, perlu kita ketahui selanjutnya dengan menanyakan langsung kepada pihak Bank BRInya supaya ada kejelasan.

Jawaban pertanyaan

Jadi bisakah ATM kadaluarsa digunakan untuk tarik tunai atau transfer?

Jawabannya, bisa sampai update terakhir post ini menggunakan aplikasi BRILink Mobile dengan jenis kartu ATM yang pertama diatas dan dibawah pada update 01/7/20 juga sama jenisnya.

Sekian ulasan terkait ATM kadaluarsa bisa transfer dan tarik tunai di Agen BRILink Mobile semoga bisa bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

Update

Setelah ditanyakan kepada pihak Bank ternyata kartu ATM tersebut diatas memang sudah kadaluarsa secara fisik namun secara data sudah diperbaharui atau sudah diperpanjang. Dikarenakan pada waktu Pemilik melakukan perpanjangan kartu ATM pengganti sedang kosong jadi dilakukanlah perpanjangan dengan tanpa mengganti fisik kartu ATMnya.

Dengan begitu bila melayani Nasabah dengan kartu ATM sudah kadaluarsa silahkan dicoba saja dulu ditransaksikan siapa tahu memang seperti kejadian saya diatas, fisik kartu ATM kadaluarsa tetapi data sudah diperbaharui / diperpanjang masa aktifnya.

Update 01/07/20

Hari ini 01/07/20 saya kedatangan pelanggan dengan kartu ATM kadaluarsa 1 hari saja, ATM expired / valid thru 06/20. Awalnya gesek di mesin EDC namun muncul kode eror EDC yang menandakan bahwa kartu ATM kadaluarsa. Teringat pada kejadian sebelumnya yang saya tuliskan pada artikel ini diatas, saya coba menggunakan aplikasi BRILink Mobile dan ternyata transaksi tarik tunai bisa dilakukan dengan sukses.

Update 03/08/20

Untuk tarik tunai atau transfer di aplikasi BRILink Mobile pada dasarnya hampir sama dengan menggunakan Internet Banking yang membutuhkan OTP bukan PIN ATM, bila melihat kesitu maka mungkin memang sudah aturannya seperti itu bahwa ATM kadaluarsa masih tetap bisa digunakan di aplikasi BRILink Mobile seperti halnya transaksi Internet Banking walaupun ATM kadaluarsa masih tetap bisa bertransaksi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *