Bank Danamon Memulai Laku Pandai Di 5 Kota.

  • Whatsapp

Halo Sobat, tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya Bank Danamon untuk didaerah perkotaan, kalau untuk didaerah pedesaan seperti saya mungkin Masyarakat tidak terlalu mengenalnya, saya menegnal Bank Danamon sewaktu saya masih tinggal di JAkarta. Kini Bank Danamon juga ikut serta dalam Program OJK yaitu Laku Pandai dan Bank Danamon Memulai Laku Pandai Di 5 Kota.

Bersamaan dengan perayaan ulang tahun Bank Danamon ke-60 serta peresmian kantor pusat baru (Menara Bank Danamon) yang berlokasi di Jalan H.R. Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Bank Danamon sekaligus memperkenalkan layanan Laku Pandai yang merupakan program dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan layanan keuangan inklusif.

Read More

Untuk memulai layanan ini, Bank Danamon melalui Adira Finance akan memasarkan produk Laku Pandai di lima kota yaitu Bekasi, Wonogiri, Teluk Betung, Pare-Pare dan Lubuk Pakam, mengingat Adira Finance merupakan salah satu anak perusahaan Danamon yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor.

Bank Danamon berencana akan menggunakan 50 hingga 100 cabang Adira Finance per tahunnya untuk memasarkan produk Laku Pandai. Ditargetkan setiap agen mampu merekrut nasabah baru hingga 10.000 nasabah. Melalui Adira Finance juga, Bank Danamon bisa mengawasi kelancaran program Laku Pandai dan memiliki debitur-debitur yang berpotensi menjadi nasabah.

Seperti layanan perbankan sederhana pada umumnya, Program Laku Pandai dari Danamon melayani setor dan tarik tunai serta transfer antar bank. Bahkan nasabah yang membuka rekening melalui layanan ini akan diberikan bunga sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Tidak perlu khawatir karena program Laku Pandai ini dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Rata-rata nasabah yang bertransaksi di Adira Finance, 94% dari keseluruhan transaksi lebih sering melakukan transaksi dalam bentuk tunai. Hanya 6% yang menggunakan layanan perbankan untuk melakukan transaksi. Oleh sebab itu Danamon ingin menggerakan program Laku Pandai ini agar kedepannya transaksi-transaksi berikutnya sudah lebih sering menggunakan layanan perbankan.

Menurut Michellina Laksmi Triwardhany selaku Direktur Consumer Banking dan UKM Bank Danamon, layanan Laku Pandai ini masih bisa dikatakan uji coba karena bank masih harus berusaha mengedukasi calon nasabah baru agar mau menggunakan layanan perbankan. Mengingat banyak sekali nasabah yang langsung mengambil gajinya dan tidak disimpan di rekening bank. Padahal jika disimpan di rekening bank, bank bisa memberikan bunga sehingga saldo di rekening bank pun bertambah.

Buka rekening baru tanpa harus ke Bank

Calon nasabah yang ingin membuka rekening baru bisa melalui agen Laku Pandai Danamon dan akan dibukakan tabungan DanaKU. Meskipun tidak mendapat kartu debit dan buku tabungan, namun nasabah tetap diberikan fitur sms banking dan e-statement guna memudahkan nasabah melihat saldo tabungan.

Syarat pembukan rekening baru

Sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan oleh Bank Danamon, maka hal-hal yang diperlukan  calon  nasabah  untuk membuka rekening DanaKU adalah sebagai berikut:

  • Melengkapi dan menandatangani Formulir Pembukaan Rekening
  • Fotokopi kartu identitas yang masih berlaku, misalnya KTP
  • Memiliki nomor telepon genggam yang masih aktif untuk mengaktifkan sms banking.

Kelebihan dari tabungan DanaKU, nasabah tidak akan dikenakan biaya sepeserpun untuk membuka rekening baru. Selain itu nasabah bebas menyetorkan sejumlah dana karena tidak memiliki batas minimal. Namun sesuai dengan ketentuan Bank Danamon yang juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LJK), saldo di rekening DanaKU hanya dibatasi hingga 20 juta Rupiah dan transaksi kumulatif per bulannya dibatasi hingga 5 juta Rupiah.

Kelebihan tabungan DanaKu

Selain layanan perbankan yang telah dijabarkan sebelumnya, produk-produk yang akan ditambahkan pada program Laku Pandai Danamon seperti kredit mikro dan asuransi mikro.

Sesuai dengan visi Danamon, yakni “Kita Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan”, diharapkan layanan Laku Pandai ini mampu mengedukasi masyarakat betapa pentingnya dunia perbankan. Meskipun begitu, Bank Danamon belum memasang jumlah target dan masih fokus untuk melihat perkembangan program Laku Pandai dari 5 kota cabang Adira Finance yang disebutkan sebelumnya. Paling tidak jumlah target diperkirakan 10% dari pertumbuhan nasabah masing-masing cabang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *