Baru Beli Laptop? Segera Unduh dan Instal 10 Aplikasi Penting untuk Laptop Ini!

Setelah membeli laptop baru, biasanya orang-orang memilih software atau aplikasi penting untuk laptop. Sebenarnya, sistem operasi bawaan yang dipasang dalam laptop sudah menyediakan program-program dasar untuk membantu pengguna mengerjakan tugas. Namun, ada kalanya Anda membutuhkan aplikasi dari pihak ketiga untuk mengoptimalkannya.

Bagi Anda yang baru beli laptop dengan sistem operasi Windows, berikut ini ada 10 aplikasi yang wajib diunduh dan diinstal untuk laptop baru.

Read More

1. Avast Antivirus

Avast adalah satu dari sekian aplikasi pembersih virus terbaik yang kerap direkomendasikan. Antivirus yang sudah eksis sejak 1998 ini dirancang sedemikian rupa untuk sistem operasi Windows 64-bit. Lantas seiring berkembangnya teknologi, Avast bisa juga dipasang buat perangkat yang menggunakan Windows 8/8.1 maupun Windows 10 dengan versi teranyar.

Seperti aplikasi penting untuk laptop lainnya, Avast menyediakan fitur-fitur untuk memproteksi perangkat dari serangan virus, malware, hingga spyware. Bobot file-nya juga ringan, sehingga bersahabat buat jenis laptop dengan spesifikasi jadul tanpa melambatkan kinerjanya.

2. VLC Media Player

Tak puas memakai pemutar video bawaan Windows? Anda bisa mengandalkan VLC Media Player sebagai aplikasi pemutar video terbaik PC. Bukan cuma itu, VLC bisa menjalankan video yang dimasukan ke dalam DVD hingga Blu-ray yang kualitasnya jernih. VLC cocok untuk Windows 10 yang relatif ketat dalam pengunduhan dan instalasi aplikasi pihak ketiga.

Keunggulan lain yang akan didapatkan dari aplikasi penting untuk laptop ini adalah kemampuannya menampilkan subtitle. Anda hanya perlu menyimpan file video dan subtitle dalam satu folder, lalu putar dan nikmati tayangan tersebut.

3. Internet Download Manager

Mengunduh atau download file menjadi kegiatan yang tak bisa dilepaskan saat berselancar di dunia maya. Dalam hal ini aplikasi untuk download aplikasi di laptop sangat dibutuhkan buat memudahkan prosesnya. Lantas Internet Download Manager atau IDM menjadi program yang paling sering dipakai berkat fitur dan kecepatan unduhnya yang maksimal.

Betapa tidak? Dengan aplikasi penting untuk laptop ini, Anda bisa mengunduh file sepuluh kali lipat dalam koneksi internet stabil. Dari foto, audio, hingga video dalam berbagai ukuran. Selain itu, Anda bisa menunda proses unduh dan melanjutkannya lagi sesuai kebutuhan. 

4. CC Cleaner

Proses unggah dan unduh tanpa disadari membebani RAM dan ruang penyimpanan seperti hard disk. Alhasil performa laptop melambat. Jadi, selain menginstal aplikasi untuk download di laptop, Anda harus memasang program untuk membersihkan tumpukan ‘sampah’. Salah satu aplikasi yang dapat Anda andalkan adalah CC Cleaner.

Fungsi utama CC Cleaner adalah menghapus cache yang diperoleh dari browsing atau kegiatan lainnya untuk mencegah laptop lemot. Aplikasi penting untuk laptop ini tersedia dalam versi gratis, trial, dan berbayar dengan masing-masing fitur yang disesuaikan dengan keperluan pengguna.

5. Microsoft Office

Anda pasti sudah familier dengan paket software besutan Microsoft ini. Microsoft Office adalah salah satu aplikasi untuk Windows 7, 8, hingga 10 yang paling banyak diunduh. Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa Microsoft Office memuat program-program yang erat dengan kegiatan sehari-hari. Sebut saja Word untuk mengolah kata, Excel untuk meramu data, hingga PowerPoint untuk kebutuhan presentasi.

Selain untuk Windows, aplikasi penting untuk laptop ini tersedia juga untuk sistem operasi lain seperti macOS besutan Apple. Jenis dan paket Microsoft Office juga beragam dan memudahkan pengguna buat memilih program maupun subscription yang diinginkan.

6. Sony Vegas Pro 13

Beberapa orang yang berprofesi sebagai videographer atau editor video biasanya memilih jenis laptop terbaik untuk edit video untuk memaksimalkan pekerjaannya. Namun, hasilnya tak akan optimal kalau Anda belum menginstal program yang tepat. Adalah Sony Vegas Pro 13, software untuk sunting video yang bisa Anda andalkan. Apalagi program ini menyediakan fitur lengkap dan tangguh.

Aplikasi penting untuk laptop besutan Jepang ini, sesuai namanya, dirancang untuk para profesional. Akan tetapi, Anda yang baru mempelajari penyuntingan video bisa juga menginstal Sony Vegas Pro 13 dan menjajal setiap fiturnya sampai benar-benar paham.

7. Adobe Photoshop

Siapa yang tidak kenal software satu ini? Adobe Photoshop adalah software edit foto PC yang telah berkembang dari seri CS hingga ke seri CC. Seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop termasuk jenis software yang kerap dibajak karena versi berbayarnya yang cukup mahal. Namun, hal tersebut tak lantas melunturkan eksistensinya sebagai salah satu program sunting foto populer.

Salah satu alasan yang membuat Adobe Photoshop diminati adalah tools-nya yang lebih lengkap bila dibandingkan dengan program sejenis. Selain itu, aplikasi penting untuk laptop ini mudah dipelajari dan dioperasikan. Hal ini pula yang membuat Adobe Photoshop digemari pemula.

8. Windows Movie Maker

Jika Anda membutuhkan program edit video gratis dan lengkap, berarti Windows Movie Maker adalah solusi yang tepat. Software untuk mengedit video ini mempunyai antarmuka sederhana yang membuat pemula lebih cepat buat mempelajari setiap fitur. Selain menyunting, Anda juga bisa merancang video yang bagus dengan kualitas yang tak kalah memukau dari software berbayar.

Sayangnya, Windows Movie Maker sudah dihentikan masa edarnya oleh Microsoft. Namun, Anda masih bisa memakai versi terakhirnya buat belajar menyunting maupun membuat video. Aplikasi penting untuk laptop tersebut kompatibel untuk Windows 8/8.1 serta Windows 10.

9. Freemake Video Downloader

Menyaksikan video di Youtube jadi salah satu hobi yang belakangan digandrungi. Di sisi lain, terlalu lama menonton di platform tersebut bakal menyedot kuota internet atau pulsa. Untuk mencegah pemborosan, Anda bisa menginstal aplikasi download untuk PC seperti Freemake Video Downloader. Program ini pun kompatibel untuk Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1, hingga Windows 10.

Dengan Freemake Video Downloader, Anda bisa mengunduh video dari Youtube dan menyimpannya ke cloud storage seperti Google Drive dan Dropbox. Antarmukanya yang simpel membuat aplikasi penting untuk laptop ini bersahabat bagi Anda yang belum terlalu familier dengan video downloader.

10. PhotoScape 

Terakhir, ada program sunting foto yang bisa Anda unduh dan instal secara gratis, yakni PhotoScape. Aplikasi edit foto PC terbaik menghadirkan fitur-fitur yang cocok digunakan para pemula. Anda juga bisa menambahkan ornamen-ornamen unik seperti bingkai dan stiker untuk membuat foto atau gambar kian menarik. Jadi bukan hal aneh bila PhotoScape menjadi program yang sering diunduh.

Tak hanya itu, PhotoScape memudahkan Anda untuk mengatur halaman foto, menggabungkan sejumlah foto dalam satu bingkai, hingga mengatur tata letaknya sebelum dicetak. Resolusi foto setelah disunting di PhotoScape juga tak akan pecah.Itulah 10 aplikasi penting untuk laptop yang harus segera Anda unduh dan instal. Sebelum memasang software, pastikan RAM maupun hard disk-nya masih mencukupi agar laptop Anda tak mendadak hang.