Beberapa Manfaat Agen BRILink bagi Masyarakat Umum

Apa Manfaat Program BRILINK ini Bagi Masyarakat?

BRILink adalah produk layanan Laku Pandai yang dikeluarkan oleh Bank BRI. Pada Program BRILink ini Bank BRI menjadikan masyarakat sebagai perpanjangan tangan dalam melakukan transaksi perbankan seperti setor dan tarik tunai, transfer antar bank, pembayaran cicilan, PLN, Telkom, dan transaksi-transaksi lain yang fiturnya terdapat pada mesin EDC. Masyarakat yang menjadi “perpanjangan tangan ” Bank BRI ini disebut dengan Agen BRILink. Dan untuk menjadi seorang Agen BRILink tentu saja seseorang harus melalui proses pengajuan, persetujuan, dan penandatangan perjanjian-perjanjian tertentu, seperti yang sudah saya bahas pada tulisan sebelumnya APA ITU BRILink DAN AGEN BRILink.

Read More

Saya sendiri adalah salah satu Agen BRILink yang menjalankan BRILink pada awalnya tentu saja tidak mudah. Agen BRILink harus melakukan usaha-usaha tertentu agar nasabah berdatangan dan melakukan transaksi. Saya sendiri, pada hari pertama buka hanya satu nasabah yang datang, bahkan pada hari kedua tidak ada nasabah sama sekali. Kemudian saya melakukan berbagai ‘promosi’ seperti menyebar brosur dan memperkenalkan BRILink ke setiap orang yang saya kenal. Sekarang tiap harinya jumlah transaksi rata-rata 30 dan semakin hari semakin meningkat. Sebagian besar transaksi yang dilakukan adalah setor tunai ke rekening, baik itu rekening BRI ataupun rekening bank lain.

Dari nasabah yang berdatangan, saya bisa menilai ternyata banyak juga Manfaat Program BRILink ini bagi masyarakat, terutama masyarakat di daerah pelosok seperti di daerah saya.

Kalau untuk agennya sendiri, jelas, manfaatnya adalah mendapatkan penghasilan tambahan, juga mempermudah agen karena dengan adanya mesin EDC, melakukan transaksi seperti bayar listrik, isi pulsa, cicilan kendaraan, bayar kuliah, dan transfer ke rekening bank tidak perlu lagi keluar rumah.

Sementara untuk masyarakat umum, saya perhatikan banyak sekali yang terbantu dengan mudahnya melakukan transaksi.

Seperti misalnya nasabah yang perlu bertransaksi dengan bank lain selain bank BRI, misalnya bank BNI dan BCA. Di daerah saya kebetulan kantor dua bank tersebut tidak ada. Jadi nasabah yang ingin setor tunai ke dua rekening bank tersebut bisa sangat terbantu sekali dengan adanya Agen BRILink . Proses cepat mudah dan online.

Kemudian nasabah yang harus setor tunai hampir setiap hari, biasanya para pedagang di pasar, yang order barang dari luar kota dan pembayaran dilakukan dengan sistem transfer. Dengan adanya Agen BRILink ini mereka terbantu karena prosesnya cepat sehingga menghemat waktu. Tidak perlu mengantri berjam-jam di kantor bank setiap hari, dan meninggalkan toko mereka.

Selanjutnya nasabah yang harus setor tunai pada hari libur. Misalnya banyak sekali nasabah yang memiliki anak yang sedang sekolah diluar kota dan butuh dana mendesak dan harus segera transfer uang. Dengan adanya Agen BRILink setor tunai bisa dilakukan kapan saja.

Diantaranya itulah manfaat-manfaat yang bisa dirasakan dengan adanya Program BRILink ini.