Begini Cara Hemat Nonton Video Streaming di Youtube

Youtube merupakan salah satu platform berbagi konten berupa video. Aplikasi ini bisa dibilang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Banyak orang yang berlomba-lomba membuat konten menarik agar banyak yang menonton videonya. Ditambah lagi, kreator konten akan menghasilkan uang bila videonya disukai jutaan orang. Di Youtube, kita bisa menemukan banyak video dengan berbagai tema. Semua kalangan bisa menikmati aplikasi tersebut karena sudah ada kriteria batasan usia agar disesuaikan dengan usia penonton. Bahkan, saat ini telah dirilis Youtube Kids agar anak – anak bisa menonton video dengan aman tanpa ada konten dewasa.

Namun, seringkali kebanyakan orang tidak menyadari bahwa streaming pada youtube bisa menghabiskan banyak kuota. Semakin lama kita menonton video Youtube semakin banyak pula kuota yang dihabiskan. Oleh karena itu, di sini kita akan memberikan beberapa tips bagaimana agar bisa menonton youtube tanpa khawatir kehabisan kuota. Check these out!

Read More

1.  Dengan mengubah kualitas video

Cara yang pertama adalah mengubah kualitas video dengan lebih rendah, dengan begitu kuota yang dihabiskan tidak terlalu banyak. Pertama buka aplikasi youtube yang ada di handphone kita. Lalu, tekan tombol akun yang ada di pojok kanan atas, setelah itu pilih setelan atau setting kemudian pilih donwload.

Pada pilihan download akan diberikan beberapa opsi untuk memilih. Selanjutnya, pilih yang paling atas yaitu kualitas download. Pilih kualitas rendah atau 144p agar  bisa menghemat kuota secara banyak.

2.  Tonton video secara offline

Cara kedua kita hanya perlu mengunduh video sejak awal sebelum membukanya.  Karena pada saat kondisi offline, kita masih bisa menonton video yang telah kita download tanpa perlu menghabiskan kuota data. Cara ini cukup menguntungkan bagi para viewers.

Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah. Langkah pertama seperti biasa buka aplikasi youtube yang ada di handphone kita, setelahnya buka video yang akan kita download. Setelah video terbuka, langkah selanjutnya adalah klik tombol download yang ada di bawah video. Setelah itu, proses download sudah dimulai dan kalian bisa melihat video tersebut bahkan saat tidak ada kuota maupun wifi.

3.  Pakai aplikasi hemat data

Ada banyak aplikasi yang ditawarkan untuk menghemat data. Kita bisa mencari beberapa aplikasi penghemat data pada Play Store atau Apple Store. Dengan aplikasi penghemat data, data yang bisa dihemat mencapai hingga 50 persen. Tergantung dari aplikasi apa yang kita pakai.

Salah satu aplikasi penghemat data yang bagus adalah Opera Max. Pada Opera Max data yang kita pakai akan diatur sesuai kapasitas. Aplikasi ini bisa menghemat data hingga 60 %. Jika dipikir – pikir lumayan juga kan, apabila bisa menghemat data lebih dari setengah. Selain itu aplikasi Opera Max ini memberikan informasi berapa banyak data yang digunakan dan berapa banyak data yang dihemat.

4.  Pakai fitur batasan data

Pada setiap handphone pasti ada fitur yang dinamakan batasan data yang dipakai. Pengaturan pada setiap handphone berbeda – beda tergantung ponsel apa yang digunakan. Namun secara umum pengaturan ini ada pada setelan atau setting lalu penggunaan data. Biasanya pada opsi tersebut kita diberi pilihan untuk berapa data yang kita mau dalam sehari.

Misalnya, kita ingin mengatur batasan data internet yang dipakai hanya sebesar 100 MB saja. Maka, setiap pemakaian internet telah menghabiskan data sebanyak 100 MB, fitur ponsel akan memberi notifikasi bahwa batasan kuota 100 MB sudah tercapai. Selanjutnya, ada pilihan untuk tetap menggunakan data selanjutnya atau mematikan data.

5.  Gunakan aplikasi Youtube Go

Youtube telah meluncurkan aplikasi terbaru yang sama dengan sebelumnya hanya saja di aplikasi yang terbaru Youtube Go. Aplikasi ini bisa digunakan sesuai dengan kuota yang masih ada. Pada saat kita membuka aplikasi Youtube Go akan diberikan pilihan berapa banyak kuota yang akan digunakan.

Selain itu, aplikasi Youtube Go juga bisa memberi informasi berapa sisa kuota yang ada di handphone kita. Jadi, kita bisa memperkirakan berapa banyak video yang akan kita tonton.

Nah, ingin menonton video streaming di Youtube tanpa khawatir kehabisan kuota? Segera ikuti tips – tipsnya ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *