Berbagai Persiapan Sebelum Diving dan Spot Terindah di Indonesia

  • Whatsapp

Ada berbagai macam persiapan sebelum diving yang harus dilakukan, menyelam memang menjadi aktivitas populer di Indonesia beberapa waktu belakangan ini. Bahkan, tidak sedikit pelancong yang mencari spot diving paling indah untuk memenuhi hasrat bermain dengan biota laut. Beruntung, sebagai negara bahari, negara kita memiliki kepulauan yang sangat cantik.

Bagi yang sudah sering melakukan aktivitas diving, mungkin akan biasa saja. Namun bagi mereka yang baru pertama kali dan belum pernah menyelam hingga bermeter-meter di bawah laut, pasti akan gugup. Tetapi, bila mengingat indahnya alam bawah laut Indonesia, Anda tidak akan rugi mencoba olahraga yang menarik ini.

Read More

Berbagai Persiapan Sebelum Diving

Agar kegiatan diving berjalan dengan lancar, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan. Pertama, dengarkan semua arahan dari instruktur. Saat pertama kali diberikan instruksi mengenai diving, seperti cara untuk menggunakan masker oksigen hingga melihat kadar oksigen dalam tabung, mungkin penjelasan yang panjang dan lebar ini akan terlihat membosankan.

Kedua, kenakan kacamata yang pas di wajah. Perlengkapan diving menjadi modal utama untuk mengeksplore keindahan alam bawah laut. Kacamata renang yang pas sangat penting untuk para pemula. Saat air masuk ke dalam masker, pasti akan menjadi kurang nyaman atau bahkan panik. Anda bisa merasakan seperti apa kekencangan kacamata.

Ketiga, jangan tahan nafas ketika berada di bawah air. Ketika diving, jangan pernah menahan nafas saat berada di bawah air. Kadang, secara tak sadar, kita akan menahan nafas ketika menghembuskan nafas melalui mulut. Hal ini begitu berbahaya karena dapat menimbulkan kecelakaan. Anda bisa bernafas dengan normal dan santai.

Keempat, hafalkan dengan baik isyarat tangan. Anda tak mungkin berbicara selama berada di air. Sehingga, diciptakan isyarat untuk media komunikasi selama di bawah air. Kenali serta hafalkan dengan baik berbagai isyarat tersebut. Beda isyarat, beda arti. Contohnya saat jempol ke atas, Anda diminta naik ke atas permukaan, sedangkan saat ke bawah, Anda diminta untuk lebih ke dalam.

Terakhir, hindari terlalu jauh dengan pemandu. Anda memang diperbolehkan menikmati keindahan laut sendirian, namun hindari terlalu jauh dengan pemandu, apalagi jika Anda masih pemula, karena akan riskan terkena masalah dibanding mereka yang sudah profesional. Kecelakaan pun akan lebih mudah terjadi jika Anda jauh dari pemandu.

Spot Diving Menarik di Indonesia

Pertama Raja Ampat. Raja Ampat, tentu saja nama ini bukan hal yang asing di kalangan traveler. Raja Ampat mempunyai keindahan alam yang tak bisa dibantah. Sebagai sebuah wilayah kepulauan, Raja Ampat mempunyai 610 pulau. Raja Ampat berlokasi di barat laut Papua serta mempunyai empat pulau utama yakni Waigeo, Bantata, Salawati dan Misoi.

Kedua, Kepulauan Derawan. Untuk pecinta keindahan bawah laut, Kepulauan Derawan tidak asing lagi didengar. Di Kepulauan Derawan, Anda akan dimanjakan dengan pantai pasir putih serta air laut dengan warna biru yang begitu jernih. Kepulauan Derawan menjadi tempat hidup berbagai macam biota laut. Bagi Anda yang penasaran dengan keberadaan hewan ubur-ubur, Anda dapat melihatnya di sini.

Ketiga, Kepulauan Bunaken. Kepulauan Bunaken berlokasi di Teluk Manado. Kepulauan Bunaken menjadi lokasi menyelam paling baik, di Kepulauan Bunaken, Anda bahkan dapat memilih salah satu dari 20 titik diving. Selain itu Kepulauan Bunaken juga memiliki berbagai biota laut, terumbu karang dan variasi ikan. Bila Anda mengunjungi Kepulauan Bunaken, usahakan di bulan Mei hingga Agustus, karena cuacanya begitu bagus.

Terakhir, Karimun Jawa. Lokasi diving paling baik bukan hanya berada di Indonesia Timur. Jika Anda tinggal di pulau Jawa, Anda tidak perlu jauh-jauh hingga ke ujung Indonesia. Karimun Jawa merupakan primadona kalangan traveler. Memiliki lokasi di Jepara, ada 27 pulau indah yang tersebar di sini, hanya 5 diantaranya yang berpenghuni.

Sudah membayangkan seperti apa keindahan yang akan Anda dapatkan ketika mengunjungi berbagai spot diving di atas? Jangan lupa, lakukan persiapan dengan baik mulai dari pemilihan lokasi diving hingga budget. Karena, seperti yang kita ketahui, mengunjungi berbagai wisata di atas membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *