Berburu Udara Dingin di Dieng Jawa Tengah? Ada Triknya Tersendiri

  • Whatsapp

Nama daerah Dieng Jawa Tengah mungkin sudah tidak asing lagi untuk Anda, bahkan turis yang berasal dari mancanegara juga banyak yang mengunjungi tempat ini. Selain memiliki pemandangan alam yang begitu indah, Dieng juga memiliki segudang wisata yang asyik untuk dikunjungi. Untuk mencapai daerah Dieng, Anda harus menuju ke Wonosobo terlebih dulu.

Setelah sampai di Terminal Wonosobo, Anda dapat melanjutkan perjalanan kurang lebih satu jam menggunakan mikrobus ke Dieng. Berada kurang lebih 200 mdpl, dapat dibayangkan seperti apa hawa dingin yang dimilikinya bukan? Sehingga sebelum memulai perjalanan, usahakan sudah menyiapkan jaket dan sweater tebal untuk melindungi tubuh.

Read More

Pilihan Wisata di Dieng

Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi selama berada di Dieng. Pertama, Telaga Warna. Telaga Warna adalah danau belerang yang memiliki warna biru kehijauan. Lokasinya berdampingan dengan Telaga Pengilon yang memiliki warna cokelat. Di sekeliling dua danau ini, Anda akan dibuat heran dengan indahnya hutan lebat yang begitu alami.

Kedua, kompleks Candi Arjuna. Kompleks candi ini merupakan yang paling besar di Dieng serta begitu sayang dilewatkan. Lokasinya hanya beberapa ratusan meter dari jalan Wonosobo – Dieng. Nantinya, di sini Anda akan menemukan begitu banyak candi kecil yang lebih kecil. Bila beruntung, Anda bisa memperoleh pemandangan sekitar yang diselimuti oleh kabut.

Ketiga, Kawah Sikidang. Di dalam bahasa setempat, Sikidang memiliki arti si kijang. Nama tersebut diberikan karena kawah ini selalu berpindah tempat bahkan seperti melompat layaknya kijang. Mengunjungi kawah ini, Anda harus berhati-hati dalam melangkah, karena walaupun area lumpur panasnya sudah dipagari, untuk menjaga keamanan, masih terdapat lubang yang mengeluarkan uap.

Keempat, Dieng Plateau Theatre. Bangunan yang begitu unik ini sering memutar film dokumenter mengenai sejarah singkat Dieng serta masyarakatnya. Sehingga sebelum Anda mengeksplore Dieng lebih jauh, akan semakin menarik bila Anda mengunjungi teater ini dahulu, sehingga Anda juga mengenal daerah yang terkenal dengan anak-anak berambut gimbal.

Terakhir, Bukit Sikunir dan Telaga Cebong. Bukit Sikunir menjadi lokasi populer di Dieng untuk melihat matahari terbit. Anda bisa memasukkan agenda liburan ke sini. Lokasinya kurang lebih 8 kilometer dari Desa Dieng kulon. Nantinya Anda juga akan disambut oleh Telaga Cebong yang berada di kaki bukit.

Tips Liburan ke Dieng Jawa Tengah

Suhu dingin di Dieng memang menarik minat dari banyak wisatawan untuk mengunjungi wisata ini. Lebih-lebih belakangan ini Dieng menjadi wisata pegunungan di Indonesia yang menghasilkan embun es dan salju. Ada beberapa tips yang harus Anda ikuti ketika mengunjungi tempat ini. Pertama, miliki kondisi fisik yang prima.

Kedua, bawa bekal dengan lengkap. Memiliki ketinggian 2000 mdpl, Dieng mempunyai suhu dingin bahkan terkadang bersalju. Sehingga, jika Anda tidak terbiasa dengan udara dingin, temperatur Dieng dapat menjadi boomerang. Untuk mengantisipasinya, Anda harus membekali diri dengan jaket yang tebal, sarung tangan dan syal.

Ketiga, bawa stock minuman dan makanan. Dengan kondisi cuaca yang dingin, tubuh akan bekerja keras untuk menghadapi masalah ini, sehingga asupan cairan dan makanan tubuh harus terjaga dengan baik. Sebelum berangkat, Anda harus membawa banyak stock makanan. Agar barang bawaan tidak terlalu berat, bekali diri dengan buah kering dan kacang, selain itu bawa banyak air minum ya.

Keempat, bawa sepatu boot. Entah untuk mendaki kawah atau gunung, ketika mengunjungi Dieng, pastikan membawa sepatu boot. Kontur yang licin dan terjal akan merusak sepatu sneaker kesayangan Anda, serta mengurangi daya cengkram ketika berjalan, bahkan jika Anda memilih menggunakan sendal, bisa dipastikan kaki akan terpeleset.

Terakhir, sedia kacamata serta masker. Suhu dingin dan disertai dengan embun racun akan mengganggu pemandangan ketika berjalan. Lebih-lebih biasanya juga dihiasi dengan kabut tebal. Untuk mengantisipasi hal ini, bawa kacamata pelindung dan masker selama berada di sini, sehingga embun tidak akan langsung masuk ke mata.

Mengunjungi Dieng memang menyenangkan, namun tetap saja harus melakukan persiapan yang matang agar perjalanan traveling Anda bisa nyaman dan aman. Jangan lupa list wisata apa saja yang nantinya akan Anda kunjungi bersama dengan teman atau keluarga. Selain itu bawa cukup uang karena akan sulit menemukan ATM di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *