Berikut Tutorial Menginstal Windows 10 Yang Perlu Anda Ketahui

Pada dasarnya Windows 10 adalah sistem operasi terbaru yang telah diluncurkan Microsoft. Saat ini sistem operasi Windows 10 bisa dikatakan sebagai yang terbaik karena dapat mengkombinasikan antara fitur yang ada pada Windows 7 dan Windows 8 secara sempurna. Nah untuk anda ingin menginstalnya, berikut tutorial menginstal Windows 10 yang perlu anda ketahui.

Upgrade Windows 10 dari Windows 7 dan Windows 8.1

Cara menginstal windows 10 yang paling mudah adalah dengan cara melakukan upgrade baik dari Windows 7 maupun 8.1. Seperti yang diketahui bahwa Microsoft memberikan Windows 10 ini secara gratis terhadap dua sistem operasi tersebut, yang terpenting adalah produk yang digunakan adalah asli atau orisinal. Nah, untuk melakukan upgrade, maka caranya sangat mudah seperti cara booting laptop. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload file instalasi Windows 10. Untuk mengunduhnya secara otomatis, maka anda dapat mendownloadnya dari Windows Update. Tetapi untuk mengunduhnya secara manual, maka aplikasi Media Creation Tool dapat digunakan yang memang disediakan oleh Microsoft.

Read More

Mendownload file instalasi Windows 10 melalui Media Creation Tool

Menggunakan program resmi yang berasal dari Microsoft bernama Media Creation Tool, maka program ini dapat mengunduh berbagai versi Windows 10 dari server Microsoft secara langsung. Tentunya program ini bisa digunakan dalam melakukan upgrade secara langsung maupun digunakan sekedar untuk menyimpan file instalasi. Nah, file instalasi ini selanjutnya bisa digunakan dalam menginstal Windows 10. Di bawah ini merupakan cara menginstal program komputer, yaitu Windows 10.

  • Unduh Media Creation Tool, kemudian pilih versi yang memang sesuai dengan arsitektur Windows yang anda miliki. Apakah 32 bit atau menggunakan 64 bit.
  • Jika sudah, maka instal lalu jalankan programnya.
  • Nah, pada pilihan yang muncul maka klik “Upgrade this PC now” agar dapat melakukan upgrade secara langsung, maupun memilih “Create installation media for anotherPC” agar dapat menyimpan file instalasinya. Nah, untuk contoh kali ini maka yang dipilih adalah opsi yang kedua.
  • Lalu pilih bahasa dari Windows 10.
  • Di bawahnya juga pilih edisi Windows 10 yang akan digunakan, apakah ingin Windows 10 Home, Home Single Language, Home N, Pro, atau Pro N.
  • Kemudian pilih arsitekturnya, apakah yang 32 bit atau yang 64 bit. Lalu klik “Next”.
  • Silahkan pilih jenis file apa yang ingin anda gunakan. Selanjutnya klik “Next”.
  • Nah, proses download akan dimulai. Tunggulah beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Bagaimana, mudah bukan cara menginstalnya sama seperti mudahnya cara menginstal laptop sendiri atau cara instal windows 8.1 pro. Jika sudah selesai, maka file instalasi dari Windows 10 akan tersedia langsung di dalam flashdisk maupun yang berbentuk file ISO yang sesuai dengan opsi pilihan anda. Nah, jika sudah seperti ini maka anda akan diberi tahu bahwa Windows 10 siap untuk diinstal. Anda bisa memilih “Start the upgrade now”. Proses ini akan berlangsung selama kurang lebih 60 menit. Jika proses instalasi selesai, maka anda bisa langsung menggunakan Windows 10.            

Instal Windows 10 menggunakan Flashdisk/DVD

Tentunya tutorial menginstal Windows 10 juga bisa menggunakan flashdisk atau DVD. Namun sebelumnya anda perlu mendownload file instalasinya terlebih dahulu. Jika file instalasinya berhasil diunduh, maka burn file ISO tersebut ke kaset DVD jika anda ingin menginstalnya melalui optical drive. Tetapi, untuk anda yang ingin mengunduhnya ke dalam flashdisk, anda tidak perlu lagi melakukannya. Kemudian atur bios supaya melakukan booting dari optical drive atau USB tergatung pada opsi yang dipilih. Nah, silahkan booting agar dapat memulai proses instalasi, kemudian ikuti cara menginstal ulang windows 10 berikut ini.

  • Atur bahasa, waktu, hingga keyboard

Di jendela pertama, maka anda diharuskan mengatur beberapa hal terlebih dahulu. Dari mulai mengatur bahasa, format waktu dan format penulisan mata uang yang digunakan pada Windows 10, dan anda pun perlu memilih keyboard yang akan digunakan. Jika semuanya telah diatur, maka klik “Next”. Di jendela berikutnya anda akan melihat tombol besar dengan tulisan “Instal now”. Klik tombol tersebut agar dapat memulai proses instalasi.

  • Lalu tentukan tipe instalasi

Anda kemudian diharuskan memilih dua tipe instalasi Windows 10. Nah, tipe yang pertama yaitu “upgrade” untuk menyimpan data yang berasal dari sistem operasi sebelumnya. Yang kedua yaitu “custom” untuk menghapus semua data yang berasal dari OS sebelumnya. Anda sendiri akan melakukan fresh instal, sehingga pilihlah opsi yang kedua.

  • Buat partisi

Pilih partisi yang nantinya digunakan sebagai lokasi instalasi Windows 10 untuk anda yang telah mempersiapkan partisi sebelumnya. Bagaimana jika belum? Maka anda bisa memformat partisi yang telah ada atau membuat partisi baru. Agar dapat menginstal Windows 10, maka anda perlu memiliki ruang kosong sebesar 16 GB (versi 32 bit) hingga 20 GB (versi 64 bit) di dalam hard disk. Ketika di dalam hard disk sebelumnya sudah ada data, tentunya anda perlu berhati-hati ketika mengatur partisi supaya partisi yang ada data di dalamnya tidak terhapus. Jika pembuatan partisi selesai, maka klik “Next”.

  • Intal serta lakukan pengaturan

Selain cara install google chrome yang terbilang mudah, ternyata proses instalasi Windows 10 juga sangat mudah dilakukan, bahkan untuk anda yang pemula sekalipun. Nah, setelah partisi sudah dibuat, maka proses instalasi untuk Windows 10 akan dimulai. Waktu yang dibutuhkan sekitar 60 menit tergantung pada spesifikasi komputer anda. Setelah instalasi selesai dilakukan, maka anda akan disuguhkan dengan opsi pengaturan atau settings di layar komputer. Untuk mengatur berbagai pengaturan, maka klik “Customize”. Tetapi jika anda tidak mau membuang-buang waktu, segera pilih “Use express settings”. Lalu sign ini di akun Microsoft. Untuk anda yang sudah memilikinya, maka masukkan saja alamat email dan password ke kolom yang sudah disediakan. Tetapi jika belum, maka anda bisa pilih “create a new account” agar dapat membuat akun Microsoft baru. Ketika anda sign in ke akun Microsoft, maka anda bisa mengakses berbagai pilihan fitur yang ditawarkan oleh Windows 10.

  • Windows 10 siap digunakan

Jika proses pengaturan selesai dilakukan, maka komputer akan melakukan restart selama beberapa kali lagi yang dilakukan untuk menyelesaikan proses instalasi. Yang terakhir, komputer akan masuk sebagai Windows 10, lalu akan menampilkan desktop yang cantik sebagai ciri khas Windows 10.

Cara instal photoshop yang mudah ternyata juga sama seperti anda menginstal Windows 10 seperti yang telah dipaparkan di atas. Tertarik ingin mencobanya? Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai tutorial menginstal Windows 10.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *