Bingung Mau Usaha Apa? Yuk Jadi Agen Brilink, Ini Potensi Keuntungannya!

  • Whatsapp

Bingung Mau Usaha Apa? Yuk Jadi Agen Brilink, Ini Potensi Keuntungannya!

Branchless Banking adalah awal mula dari munculnya ide BRIlink oleh Bank BRI atau Bank Rakyat Indonesia yang merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara. Awalnya, pada 2012 lalu pemerintah Indonesia mencanangkan Branchless Banking atau layanan transaksi perbankan yang tidak membutuhkan kantor pusat maupun kantor cabang.

Bacaan Lainnya

Layanan tersebut memanfaatkan teknologi sebagai penunjang utamanya agar transaksi dapat tetap berlangsung tanpa adanya kantor bank atau instansi perbankan. Sebagai langkah lebih lanjut dari kebijakan tersebut, Otoritas Jasa Keuangan mengembangkannya ke dalam program LAKU PANDAI atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif pada 2015.

Selanjutnya bank BRI turut mengembangkannya dengan menciptakan sebuah program bernama BRIlink. Tujuan dari program ini adalah untuk menjangkau nasabah lebih jauh tanpa harus menambah kantor cabang di berbagai daerah. Selain itu, masyarakat yang telah menjadi nasabah bank BRI pun menjadi lebih mudah bertransaksi dengan adanya agen BRIlink di daerah mereka.

Agen BRIlink tersebutlah yang berperan untuk melayani aktivitas transaksi para nasabah BRI di lingkungannya. Beberapa proses transaksi yang bisa ditangani oleh agen BRIlink di antaranya transaksi isi pulsa, pembayaran listrik, Finance FIF, WOB, OTO, BAF, penyetoran uang tunai, tarik tunai dengan kartu ATM dan transaksi lainnya.

Seiring dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan para nasabah BRI bisa mendapatkan kemudahan bertransaksi tanpa harus menjalani antrian panjang di kantor pusat atau kantor cabang.

Lalu siapakah yang bisa menjadi agen BRIlink?

Jika Anda bukan merupakan pegawai atau staf bank BRI, maka Anda lolos kualifikasi sebagai calon agen BRIlink. Berikut ini adalah beberapa syarat penting untuk menjadi agen BRIlink.

  1. Calon agen BRIlink merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI
  2. Calon agen BRIlink merupakan nasabah bank BRI
  3. Calon agen BRIlink tinggal di wilayah dimana terdapat kantor cabang untuk mengajukan permohonan
  4. Calon agen BRIlink memiliki usaha minimal sudah berjalan selama 1 tahun
  5. Calon agen BRIlink memiliki surat izin usaha
  6. Calon agen BRIlink memiliki usaha atas nama sendiri
  7. Calon agen BRIlink mengisi formulir permohonan serta menandatangani surat perjanjian
  8. Calon agen BRIlink memiliki rekening serta ATM BRI bersaldo untuk kegiatan transaksi
  9. Transaksi akan dilakukan melalui mesin EDC atau Electronic Data Capture serta aplikasi BRI Mobile

Jika Anda memenuhi persyaratan di atas, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan ketika menjadi agen BRIlink semakin terbuka lebar. Apa saja kiranya? Simak ulasan berikut!

  1. Keuntungan Komisi

Ketika Anda menjadi agen BRIlink, keuntungan pertama yang bisa didapatkan adalah berupa komisi dari transaksi yang berhasil dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa ada target yang ditentukan oleh bank BRI mengenai jumlah transaksi wajib yang harus dipenuhi yakni 200 transaksi per bulan.

Jika usaha Anda merupakan usaha yang telah dikenal warga sekitar, kemungkinan besar akan mudah untuk menjangkau nasabah BRI terdekat. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan mensosialisasikan dari mulut ke mulut bahwa saat ini Anda adalah agen BRIlink yang dapat membantu transaksi para nasabah yang jumlahnya cukup banyak.

Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan memasang spanduk agen BRIlink di tempat yang mudah terlihat agar para nasabah mengetahui posisi Anda sebagai agen BRIlink. Jumlah komisi yang bisa didapatkan dari transaksi yang berlangsung nilainya cukup besar sehingga Anda tidak perlu ragu akan pendapatan melayani nasabah sembari menjalankan usaha yang telah ada.

  1. Mendapatkan Asuransi

Saat menjadi agen BRIlink, Anda bisa mendapatkan asuransi atas kecelakaan dan kebakaran tempat usaha sekaligus tempat tinggal. Tunjangan bagi kecelakaan dan cacat yakni 2,5 juta rupiah. Sementara tunjangan pendidikan serta santunan yakni 1 juta rupiah, ada pula santunan duka sebesar lima ratus ribu rupiah dan bagi kebakaran akan mendapat asuransi sebesar 25 juta rupiah.

Sedikitnya itulah keuntungan saat menjadi agen BRIlink. Dengan cara kerja yang cukup mudah, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi nasabah. Apalagi, tiap nasabah berkemungkinan untuk melakukan lebih dari satu transaksi. Tentu usaha ini cukup menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *