Bisnis sampingan seorang Agen BRILink

  • Whatsapp
https://1.bp.blogspot.com/-c1iBhNZyNlA/WSzoY_qRj0I/AAAAAAAADHA/EwvOrMBbyuE_Ff2Irfay7FPs_x1bV-lHACLcB/s640/Banner%2Bcoreldraw%2Bcdr.jpg

Tulisan kali ini tidak membahas Agen BRILink.

Kenapa tulisan keluar dari topik blog? tentu bukan tanpa alasan dan tulisan ini juga menyangkut pada pekerjaan keseharian seorang Agen BRILink bisa dibilang Bisnis sampingan yang terkadang menghasilkan lebih dari pendapatkan dari bisnis BRILink.

Dalam bisnis tentu ada yang namanya naik dan turun tidak terkecuali bisnis yang saya jalani yaitu BISNIS BRILINK dalam hal ini tentu seorang Agen harus bisa mensiasatinya dengan bemacam cara yang mungkin bisa dilakukan untuk mengatasi pada saat bisnis kita sedang tidak baik dengan berkurangnya Pelanggan yang datang menggunakan jasa kita dalam hal transaksi penbankan mereka, tentu ini akan menurunkan pendapatan Agen dan dampaknya adalah Agen menganggur kurang kerjaan bahkan mungkin sampai tidak ada kerjaan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mensiasatinya sebagai salah satunya adalah dengan multi pekerjaan atau multi usaha seperti yang saya lakukan dengan memanfaatkan SDM yang kita miliki tentu ini menjadi poin lebih dalam menjalankan bisnis terutama untuk Agen yang bertempat tinggal atau lokasi usahanya berada diperkampungan yang memang masih minim dalam hal transaksi keuangan perbankan.

Diperkampungan seperti yang saya alami dalam berbisnnis harus benar penuh perhitungan yang matang terhadap kondisi sekitar jangan sampai usaha kita maneg karena pengguna jasa kita sangat kurang peminat disebabkan tidak adanya kebutuhan untuk itu.

Sebelum saya terjun ke Bisnis BRILink saya sudah terlebih dahulu menjalankan Bisnis percetakan kecil-kecilan seperti cetak poto dan cetak undangan, bulan tahunpun berlalu sampai pada akhirnya setelah warga sekitar terutama tetangga pada tahu bahwa ditempat saya bisa cetak poto dan tentunya ada alat yang namanya komputer merekapun mulai bertanya-tanya selain bisa cetak poto bisa apalagi?’ tentu saya bilang semua yang biasa dikerjakan dengan komputer saya bisa kerjakan walaupun mungkin tidak semahir para propesional.

Satu tahun sudah saya memulai merintis usaha dari nol dan dari nol juga pengalaman tentang bisnis pada akhirnya  saya mulai mengerti bagaimana saya bisa bertahan mempertahankan bisnis dilingkungan yang memang bisa dibilang tidak bisa seorang pengusaha menjalankan hanya satu usaha, kenapa? seperti yang saya sebutkan diatas Masyarakat tidak selalu membutuhkan 1 jasa yang kita tawarkan.

Bisa kita ambil contoh, diawal saya mebuka jasa cetak poto namun ternyata tidak selalu ada yang mau cetak poto bahkan terkadang 1,2 hari bahkan bila lagi benar-benar sepi pelangan sampai 1 minggu tidak ada yang membutuhkan jasa cetak poto, itulah yang menjadi pertimbangan saya menjadikannya sebagai salah satu tantangan untuk saya.

Dan pada akhirnya saya putuskan untuk tidak mefokuskan bisnis saya, saya lebih mencoba memahami dan mengerti apa yang dibutuhkan disekitar kita dan pada akhirnya dengan berjalan waktu dengan penuh kesabaran saya jalani semua bisnis saya dari jasa cetak poto, cetak undangan, jasa ketik, print, potocopy, laminating dan yang saya rasa paling menguntungkan pada akhirnya jatuh pada bisnis jasa transfer.

Transfer uang ke rekening Bank pada saat itu sebelum saya terdaftar menjadi Agen BRILink saya memanfaatkan internet banking dan pada akhirnya saya bergabung menjadi Agen BRILink dan sampai saat ini, sampai-sampai beberapa bulan kebelakang dari hari ini saya rasa BRILink adalah bisnis utama saya dan bisnis yang lainnya yang saya jalani adalah sampingan padahal bisnis itulah yang pertama saya jalani. Namun seperti yang saya jelaskan diatas bahwa bisnis apapun itu ada yang namanya kadang diatas kadang dibawah.

Bisnis sampingan saya sebagai Agen BRILink adalah seperti sudah saya sebutkan diatas dan berikut ini juga yang akan saya share adalah berawal dari kerjaan saya yang pada waktu itu diminta untuk membuat mendesain Banner atau Baleho atau kalau didaerah saya lebih terkenal dengan Spanduk.

Model Spanduk pada waktu itu yang diminta dibuatkan kepada saya adalah Spanduk untuk sekolahan dan ada beberapa permintaan juga yang lainnya yang harus saya buat seperti saya catat berikut :

Contoh banner:

Catatan Banner-Banner yang saya buat diatas bukan hanya catatan tetapi bisa Anda gunakan bila memerlukan untuk referensi dengan mendownload terlebih dahulu dari linknya dalam format file  Contoh banner file corelDRAW X6 keatas.

Contoh Banner diatas semoga bermanfaat saya tahu mungkin salah satu dari Anda adalah tukang desain senior saya, tetapi terkadang dari pengalaman dalam membuat banner walaupun sudah terbiasa pun terkadang kita memerlukan gambar banner contoh sebagai referensi dan atau kalau cocok dengan model yang kita temukan kita tidak perlu lagi merubah desain palingan kita hanya merubah teks nya aja disesuaikan dengan permintaan pelanggan atau keinginan kita sesuai dengan usaha atau tujuan dari kita buat banner tersebut.

Bisa kita simpulkan bisnis apa saja sih yang bisa menjadi usaha atau bisnis sampingan Agen BRILink tentu banyak sekali, yang paling umum adalah toko kelontongan, percetakan termasuk didalamnya adalah potocopy, cetak poto jasa print dokumen dan lainnya. dan bila Anda sebagai seorang Agen BRILink yang punya kemampuan dalam mengoperasikan komputer kenapa tidak bisnis sampingan yang saya lakukan bisa Anda coba kembangkan.

Banyak yang bilang BRILink adalah sampingan namun bagi saya BRILink adalah dengan seiring waktu menjadi Bisnis utama saya disebabkan beberapa faktor seperti diatas sudah saya sebutkan.

Sekian tulisan kali ini semoga bermanfaat bagi yang membaca dan utamanya buat saya menjadi catatan keseharian saya untuk saya baca kembali dikemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *