Blogger Blogspot,WordPress.com atau WordPress.org

Pilih Mana? Blogger Blogspot, WordPress.com atau WordPress.org

Sebenarnya banyak sekali platform-platform blog yang tersedia di dunia maya. Namun seperti yang sudah Anda ketahui, platform blog yang paling dipakai orang pada umumnya yaitu Blogspot (Blogger) yang dikembangkan oleh Google dan WordPress. Bahkan WordPress sendiri terbagi menjadi dua, yakni WordPress.com dan WordPress.org.

Setiap platfrom memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung dari kebutuhan penggunanya. Dikutip dari reisha.net perbedaan masing-masing platform secara singkat akan kami jabarkan di bawah ini.

Read More

1. Domain

Untuk Blogger dan WordPress.com, alamat blog nantinya menggunakan domain yang sudah diatur secara default, blogspot.com dan wordpress.com.

Namun kedua domain ini bisa diganti dengan TLD (Top Level Domain) dengan cara membeli domain yang tersedia di situs penjual hosting dan menghubungkan domain tersebut dengan platform blog yang digunakan. Berbeda jika Anda menggunakan WordPress.org, Anda bisa mengatur nama web beserta dengan domain dan hostingnya.

2.Hosting

Sebagai tempat untuk menampung file dan data pada blog Anda, masing-masing platform menawarkan kapasitas yang berbeda. Blogger memiliki kapasitas hosting unlimited, WordPress.org memiliki kapasitas hosting yang beragam sehingga bisa dipilih sesuai keinginan, dan WordPress.com memiliki kapasitas hosting sebesar 3 GB, bisa ditingkatkan meskipun harus membayar lebih untuk itu.

3.Biaya yang dikeluarkan

Untuk Blogger dan WordPress.com, tidak perlu membayar apapun untuk membuat blog, cukup mendaftarkan diri menggunakan email dan data-data lainnya, maka Anda sudah bisa memiliki blog secara cuma-cuma. Namun jika ingin memiliki domain, mau tidak mau harus membayar domain tersebut sesuai dengan harga yang telah ditetapkan. Berbeda sekali dengan WordPress.org yang harus mengeluarkan biaya dari awal untuk membuat blog beserta dengan domain dan hostingnya. Harganya pun bervariasi tergantung dari harga yang ditetapkan oleh jasa penyedia hosting dan domain.

4.Template atau Theme

Untuk Blogger, tema default sangat sedikit sekali. Tetapi Blogger bisa menggunakan tema lain yang bukan bawaan dari Blogger entah itu gratis atau berbayar. Selain itu Blogger juga bisa kustomisasi HTML sesuai keinginan.

Untuk WordPress.com, tema defaultnya sangat variatif dan tampilannya jauh lebih modern, meskipun begitu WordPress.com tidak memperkenankan untuk menggunakan tema yang bukan bawaan dari WordPress.com, bahkan kustomisasi HTML pun sangat terbatas.

Untuk WordPress.org, memang tema default yang dimiliki hanya ada satu, tetapi karena WordPress.org sudah dikelola sendiri, maka WordPress.org bisa menggunakan tema-tema di luar WordPress.org yang sangat banyak sekali, bahkan WordPress.org memperbolehkan pengguna untuk mengkustomisasi HTML sesuai keinginan.

Selain itu semua platform bisa menggunakan responsive theme ketika pengunjung mengunjungi blog menggunakan smartphone sehingga tema yang terpasang di blog akan ikut menyesuaikan tampilan di smartphone.

Khusus untuk Blogger dan WordPress.com, jika blog tidak menggunakan responsive theme, maka secara otomatis blog akan menyesuaikan tampilan menggunakan mobile theme ketika Anda membuka blog melalui smartphone, meskipun tampilannya tidak sebagus responsive theme.

5.Layanan Iklan

Pernah dengan layanan Google Adsense? Ya, layanan iklan dari Google ini bisa diterapkan di Blogger maupun WordPress.org. Untuk Blogger layanan Google Adsense bisa digunakan baik yang gratisan maupun yang sudah menggunakan Top Level Domain (TLD).

Untuk WordPress.org pastinya bisa menggunakan Google Adsense karena pastinya sudah menggunakan hosting dan domain buatan sendiri. Untuk layanan iklan WordAds pastinya tersedia bagi WordPress.com dan WordPress.org meskipun untuk WordPress.com harus menggunakan TLD pada alamat blognya.

6.Gadget, Widget, dan Plugins

Istilah Gadget (Blogger) ataupun Widget (WordPress) merujuk pada aplikasi ringan tambahan untuk memperindah tampilan blog Anda. Sedangkan Plugins lebih kepada aplikasi ringan yang mampu menambahkan fungsionalitas pada blog Anda.

Baik Blogger, WordPress.com, maupun WordPress.org memiliki banyak pilihan Gadget atau Widget yang akan membuat tampilan blog semakin lebih menarik. Meskipun begitu, karena Blogger dan WordPress.com merupakan platform blog gratis, maka kedua platform ini tidak mendukung penambahan plugins. Berbeda dengan WordPress.org yang mendukung penambahan plugins agar blognya semakin lebih fungsional.

7.Komentar

Umumnya, setiap platform baik Blogger, WordPress.com, maupun WordPress.org memiliki kolom komentar dimana pengunjung yang ingin berkomentar harus mengisikan nama, email, maupun URL. Baik ketiga platform tersebut memiliki fitur untuk menghapus komentar, meskipun hanya WordPress.com dan WordPress.org yang memiliki fitur untuk mengedit komentar pengunjung. Bahkan masing-masing platform blog memiliki fitur captcha untuk menghindari komentar spam.

8.Akses Blog

Semua platform blog memiliki peraturan masing-masing yang harus dipatuhi oleh para penulis blog, kecuali untuk WordPress.org harus mengikuti peraturan hosting yang digunakan.

Pada Blogger dan WordPress.com, kedua platform ini akan melakukan pembaruan secara otomatis sehingga kita tinggal menggunakannya saja. Dan juga jika kedua platform ini menggunakan Top Level Domain (TLD) lalu tidak melanjutkan untuk menggunakan TLD, maka blog akan tetap aman dan kembali menggunakan domain awal.

Untuk platform WordPress.org agak berbeda, platform blog harus diperbarui sendiri dan akan diberikan notifikasi untuk pembaruan oleh penyedia hosting dan domain yang digunakan. Selain itu jika suatu saat Anda tidak memperpanjang hosting dan domain blog Anda, ada kemungkinan bahwa blog Anda akan hilang total.

9.Aplikasi Smartphone

Mengingat saat ini smartphone tidak bisa lepas dari kehidupan kita saat ini, pastinya Anda butuh aplikasi yang digunakan jika Anda ingin membuat blog melalui smartphone.

Saat ini platform blog yang memiliki aplikasi untuk dua sistem operasi smartphone hanya WordPress baik WordPress.com dan WordPress.org.

Aplikasi ini awalnya untuk WordPress.com, tetapi jika ingin menggunakan WordPress.org hanya perlu menambah plugin Jetpack di aplikasinya. Selain user interface yang begitu mudah, keduanya juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang banyak.

Berbeda dengan Blogger yang hanya ada pada sistem operasi Android saja.

10.Statistik

Statistik biasanya digunakan untuk mengetahi jumlah pengunjung blog, jumlah post yang dilihat, lokasi pengunjung, dan lain-lain. Platform blog seperti Blogger dan WordPress.com memiliki statistik bawaan, sedangkan WordPress.org tidak memiliki statistik bawaan sehingga mau tidak mau harus menginstall salah satunya plugin Jetpack untuk melihat statistik blog. Fitur statistik dari Google berupa Google Analytics bisa dipasang pada Blogger dan WordPress.org, sedangkan WordPress.com tidak bisa dipasang Google Analytics.

11.Halaman Kerja

Ketiga platform blog tersebut memiliki post dan page dimana post merupakan hasil dari tulisan blog yang kita buat sesuai niche. Sedangkan page kurang lebih sama dengan post tetapi lebih sering digunakan untuk hal-hal terkait dengan asal usul blog, seperti perkenalan, tentang blog, dan lain-lain.

Biasanya setiap post memiliki foto yang mewakili post tersebut. Di WordPress.org dan WordPress.com memiliki bagian ‘featured image’ yang terpisah dan digunakan untuk mewakili post tersebut.

Berbeda dengan Blogger yang menggunakan gambar pertama dalam post sebagai ‘featured images’, sehingga ketika Anda tidak menyertakan gambar sama sekali, maka post tersebut tidak akan memiliki ‘featured image’ sama sekali.

Itulah mungkin yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih tempat ngeblog di blogger blogspot, wordpress.com dan atau wordpress.org semua keputusan ada ditangan masing-masing.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *