BRImo, Aplikasi Mobile Banking Dari BRI Untuk Para Milenial

Halo Sobat blog siajun.com pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas lebih lajut aplikasi BRImo, BRImo ini bisa dibilang Aplikasi Mobile Banking Dari BRI Untuk Para Milenial.

Read More

Untuk memudahkan para miwon (milenial, woman, dan netizen) melakukan transaksi perbankan, Bank BRI memperkenalkan aplikasi BRImo atau BRI Mobile yang bisa diunduh melalui Google Play Store maupun Apple App Store. Peluncuran aplikasi ini dilakukan di Innovation Center Bank BRI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani mengatakan bahwa aplikasi berbasis data dengan UI (user interface) dan UX (user experience) ini merupakan pengembangan dari aplikasi BRI Mobile sebelumnya dimana aplikasi ini menyatukan fungsi-fungsi yang sudah ada sebelumnya, seperti Mobile Banking, Internet Banking, maupun Uang Elektronik (T-Bank).

Meskipun begitu, aplikasi BRI Mobile masih tetap dihadirkan baik di Google Play Store maupun Apple App Store mengingat jumlah pengguna aplikasi ini cukup banyak hingga 13 juta pengguna dan jumlah transaksi yang dilakukan melalui aplikasi ini mencapai 575 juta transaksi di sepanjang tahun 2018. Migrasi dari BRI Mobile ke BRImo akan dilakukan secara bertahap hingga aplikasi BRI Mobile dicabut dari Google Play Store maupun Apple App Store. Ini untuk mencegah kebingungan bagi para pengguna yang sudah terbiasa menggunakan BRI Mobile.

Berbeda dengan BRI Mobile, BRImo bisa digunakan untuk membuka tabungan Britama Muda
Cukup dengan mengunggah foto atau hasil scan KTP, NPWP, ataupun dokumen lainnya ke  aplikasi BRImo. Setelah itu, nanti akan diberikan token yang selanjutnya harus dibawa ke kantor bank BRI untuk diproses menjadi nasabah BRI.

Selain itu, BRImo juga disematkan fitur keamanan yang mudah nan canggih bagi para pengguna BRImo berupa fitur sidik jari ataupun Face ID (pada produk Apple). Bahkan BRImo siap mengadakan promo-promo yang menarik dimana nasabah dapat mengetahui promo terbaru melalui notifikasi yang dibuat khusus untuk BRImo.

Promo terbaru yang diluncurkan oleh BRI bersamaan dengan peluncuran aplikasi ini diberi nama “BRImo Super Seru” yang dilaksanakan mulai dari tanggal 27 Februari hingga31 Agustus 2019. Promo ini berlaku bagi semua nasabah BRI yang sudah mengunduh aplikasi BRImo dan melakukan transaksi perbankan melalui BRImo.

Untuk nasabah baru juga diberi kesempatan untuk mengikuti promo ini dengan membuka rekening Britama Muda melalui aplikasi BRImo. Hadiah yang diberikan oleh BRI tidaklah tanggung-tanggung, hadiah utamanya berupa 3 mobil Mitsubishi Xpander dan 20 motor Yamaha Lexi. Untuk mendapatkan nomor undian, nasabah yang sudah mengunduh dan membuka rekening melalui BRImo harus memiliki jumlah saldo rata-rata 2,5 juta Rupiah dan bertransaksi sampai 120 kali dalam kurun waktu 6 bulan.

Menurut Handayani, meskipun aplikasi ini ditujukan untuk para miwon (milenial, woman, dan netizen), tetapi kiranya aplikasi ini juga dapat digunakan untuk warga pedesaan yang mau belajar terhadap pesatnya perkembangan teknologi. Rata-rata nasabah pedesaan masih menggunakan aplikasi BRI Mobile dan SMS Banking dikarenakan beberapa warga pedesaan masih senang menggunakan teknologi sederhana dan merasa agak repot mempelajari hal baru.  Dan pastinya warga pedesaan jarang menggunakan internet dikarenakan konektivitas internet masih belum memadai, sehingga mau tidak mau warga pedesaan masih setia menggunakan teknologi sederhana seperti SMS Banking yang masih menggunakan jaringan USSD.

Kedepannya Handayani berharap nasabah mikro seperti nasabah yang berada di pedesaan mau mengubah skema transaksi mereka melalui penggunaan aplikasi BRImo karena tidak mungkin nasabah mikro akan terus-menerus menggunakan teknologi sederhana yang mungkin saja akan ditinggalkan dalam kurun waktu yang tidak ditentukan. Meskipun begitu, butuh waktu yang tidak sebentar untuk mensosialisasikan penggunaan aplikasi ini.