Cara aman pakai BRILink Mobile

  • Whatsapp

Seiring waktu perkembangan teknologi terus berkembang adalah Bank BRI dengan tujuan lebih mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat dengan adanya Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKUPANDAI) sebagai program OJK untuk menyediakan layanan perbankan atau jasa keuangan yang lainnya mealui kerjasama antara pihak Bank dengan pihak lainnya atau Agen Bank.

Bank BRI bekerjasama dengan Nasabah BRI yang sudah terdaftar dengan memenuhi beberapa persyaratan yang disebut Agen BRILink .Agen BRILink melayani transaksi perbankan diawal kehadirannya menggunakan alat yang dinamakan EDC yang disediakan oleh Bank BRI dan akhir-akhir ini EDC sudah susah untuk didapatkan baik itu yang sudah terdaftar dan mengalami kerusakan pada EDC dan mengajukan penggantian maupun yang baru daftar, namun bagi yang baru daftar transaksi Agen BRILink dialihkan ke aplikasi yang bisa dioperasikan di smartphone yang sehari-kita gunakan tentu ini lebih memudahkan dalam bertransaksi simpel bisa dibawa kemana-mana tetapi tentu karena dengan semakin mudahnya dalam bertransaksi bukan tanpa resiko keamanan bisa saja ada Orang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan kelengahan kita sebagai Agen.

Read More

Namun jangan khawatir berikut tips-tips aman menggunakan aplikasi BRILink mobile supaya terhindar dari Orang-Orang yang tidak bertanggungjawab :

  1. Jaga kerahasiahan user name dan password Anda sebagai Agen BRILink
  2. Jangan berikan HP dan SIM Card Anda yang terdaftar sebagai Agen BRILink ke siapapun
  3. Usahakan Jangan gunakan public wifi

Bagaimana cara menjaga kerahasiahan user name password? dan apa dampaknya bila kita tidak bisa menjaga kerahasiahan user name dan password?

Salah satu cara menjaga kerahasihan username adalah pada saat kita melakukan atau melayani pelanggan jangan memperlihatkan smartphone kita pada saat masuk ke aplikasi BRILink mobile sering terjadi kesalahan ini selalu dilakukan oleh Agen.

Biasanya karena penempatan tempat Agen bertransaksi dengan pelanggan yang salah  semisal pelanggan berada disamping Agen bebas memperhatikan kita bertransaksi, ini bukan menceritakan Orang lain tetapi terkadang dilakukan oleh saya sendiri. Jangan mentang-mentang transaksi di Agen BRILink lebih mengedepankan suasana kekeluargaan keamanan diabaikan.

Pandang mata pelanggan persis diatas smartphone yang Agen gunakan, dan ada beberapa kesalahan lainnya seperti menaruh HP dimana saja tanpa memakai PIN, pola atau kemanan lainnya, dan satu lagi hal spele tidak kita sadari yaitu mengkatifkan teks prediktif pada pengaturan keyboard smartphone kita yang otomatis menyimpan user name ataupun yang lainnya yang pernah kita ketikan dan akan menampilkannya seperti gambar berikut ini,

Matikan teks prediktif dengan cara klik gambar gerigi seperti saya tunjukan di gambar diatas, matikan teks prediktif dengan tidak mencentangnya kita lihat gambar dibawah itu adalah posisi aktif dan matikan seperti petunjuk panah paling bawah.

Adapun dampak yang ditimbulkan karena kita tidak bisa menyimpan kerahasiahan user dan password tentu sangat fatal sekali merugikan kita terutama terletak pada dana atau modal yang ada direkening sumber dana BRILink kita tentu ini akan menjadi santapan bagi Orang yang tidak bertanggungjawab yang sungguh akan merugikan terhadap finansial Agen. Bilapun tidak bisa masuk karena hanya tahu user name-nya saja tanpa tahu password karena memang syarat bisa masuk keaplikasi untuk transaksi finansial harus ada user name dan password yang sudah terdaftar kita akan dirugikan bila si pelaku melakukan percobaan login lebih dari 3 kali dengan password yang salah maka BRILink yang bersangkutan akan diblokir tentu untuk mengaktifkannya kembali kita harus mengeluarkan biaya bila tidak untuk transportasi ke kantor BRI ada biaya untuk telpon CS dari BRILink tersebut dengan segala persyaratan yang harus disiapkan, tetapi menurut saya tidak usah terlalu menghawatirkan segala resiko” dalam segala usaha tentu ada resiko yang harus dihadapi.

Ingat selalu 3 Tips diatas untuk kemanan BRILink Anda!

Sekian tulisan terkait tips keamnanan dalam bertransaksi BRILink Mobile semoga bermanfaat bagi yang membaca dan utamanya buat saya menjadi catatan keseharian saya untuk saya baca kembali dikemudian hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *