Cara aman pindah ngeblog dari Blogspot ke WordPress

  • Whatsapp
cara migrasi blogger custom domain ke wordpress
cara redirect blogspot ke wordpress,cara migrasi blogger custom domain ke wordpress, migrasi blogger ke hosting,cara redirect 301 blogspot ke wordpress,wordpress to blogger,mengalihkan blogger ke wordpress,cara export blogspot, redirect blogger to wordpress

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi tentang cara saya pindah ngeblog dari blogger blogspot ke wordpress self hosting, memindahkan postingan blogger blogspot dan juga cara mengalihkan dari link lama ke link baru dengan cara redirect 301.

Cara ini aman tanpa kehilangan trafik yang sudah dimiliki oleh blog lama dengan memanfaatkan plugin redirection yang sudah terbukti ampuh mengatasi url yang eror.

Read More

Pertimbangan sebelum pindah

Mengambil keputusan untuk pindah ngeblog dari blogger blogspot milik google ke wordpress bukan hal yang mudah untuk diputuskan. Banyak hal yang harus dijadikan pertimbangan dari kehilangan trafik, eror url tidak ditemukan, dan banyak lagi yang lainnya termasuk kita harus mengedit satu per satu postingan untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi karena secara logikanya tentu struktur dan cara posting blogspot dan wordpress berbeda.

Bila sudah bulat hati untuk pindah ngeblog dari blogger blogspot ke wordpress dan sudah siap menerima segala resikonya tentu hal ini bisa dilakukan dengan mudah oleh para blogger sekalian yang sudah berniat pindah ngeblog dari blogger blogspot ke wordpress.

Beberapa langkah yang harus dilakukan secara bertahap bila ingin pindah ngeblog dari blogger blogspot ke wordpress termasuk untuk meminimalisir dari resiko-resiko yang sudah disebutkan diatas.

Cara yang akan saya jelaskan ini adalah sudah saya jalankan pada blog ini yang awalnya dulu saya ngeblog di blogger blogspot sekarang di wordpress tanpa terlalu kehilangan trafik dan tentunya cara ini sangat mudah dilakukan hanya saja kita membutuhkan kesabaran dan waktu lama untuk memperbaiki masalah-masalahnya tergantung dari banyaknya postingan dari blogger blogspot tersebut.

Pindah ngeblog dari blogger blogspot yang sudah memiliki postingan dengan jumlah artikel yang banyak dengan tujuan pada akhirnya blog lama pada blogger blogspot akan dihapus kita hanya mempokuskan diri sementara untuk memperbaiki kesalahan-kesalahannya tanpa harus memikirkan mencari ide tentang apa yag akan ditulis dan diposting seperti diawal kita merintis pada blog lama di blogspot.

Tahapan-tahapan perpindahan

Berikut adalah tahapan-tahapan yang saya lakukan untuk melakukan perpindahan dari blogspot ke wordpress:

Mencari penyedia hosting dan domain;

  • Untuk awal saya cari penyedia hosting dan domain terpercaya dengan harga murah atau paling tidak lagi promo, pilihan saya pada indoworx.com.
  • Menyiapkan theme premium AMP dengan cara membeli dari developer yang saya pilih, theme.id dengan theme AMPINSTANT. Karena saya belinya satu paket hosting dan domain pada satu tempat jadi saya tinggal instal CMS wordpress saja pada cpanel .
  • Instal theme AMPINSTANT yang sudah dibeli dari developer theme.id tadi lalu sesuaikan theme.

Ini yang harus dilakukan pada blogger blogspot

Setelah blog wordpress sudah siap buka blogger blogspot untuk melakukan export / backup postingan dan juga memasukan kode pengalihan url ke url blog wordpress yang baru dibuat tadi.

  • Export / backup seluruh postingan blogger blogspot dengan cara seperti digambar berikut :

Sebelum melakukan export / backup sebaiknya postingan di kembalikan dulu ke draft kecuali memang sudah yakin seluruh postingan nantinya akan langsung di publikasikan pada blog baru wordpress. Ini akan mempermudah dalam melakukan sortir postingan yang kiranya harus dilakukan pengeditan atau ganti judul terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.Bila tanpa dikembalikan ke draft terlebih dahulu maka postingan akan otomatis dipublikasikan secara keseluruhan dan akibatnya bila ingin melakukan perubahan judul, secara otomatis url akan berubah juga yang mengakibatkan url yang sudah terindek mesin pencari jadi eror, walaupun memang masalah ini bisa diperbaiki tetapi baiknya kita hindari saja.

  1. Buka Tema > Edit HTML
  2. Copy kode javascript dari notepad paste persis dibawah kode <head> seperti terlihat pada gambar diatas.
  3. Ganti siajun.com dengan url situs tujuan
  4. Simpan templat

Selesai export postingan dari blogger blogspot dan juga melakukan redirect / pengalihan url 301.

Ini yang harus dilakukan pada WordPress

Kembali ke blog baru wordpress, di wordpress disini kita melakukan import postingan yang sudah di export dari blogspot sebelumnya dan juga memperbaiki seluruh postingan dan url yang eror yang dimungkinkan bisa terjadi.

Lakukan import postingan blogger blogspot yang sudah di export dan disimpan pada hardisk komputer sebelumnya dengan menggunakan plugin blogger importer.

Instal dan aktivasi terlebih dahulu plugin blogger importer

Setelah terinstal dan aktif silahkan import postingan blogger blogspot dalam format file xml yang sudah disimpan tadi seperti terlihat pada gambar dibawah ini;

Pilih nama atau buat nama baru penulis yang akan ditampilkan lalu klik submit.

Tunggu proses import sampai dengan selesai!

Buka halaman semua pos, bila sebelum di export pada blogger blogspot dikembalikan terlebih dahulu ke draft maka disini postingan harus dipublikasikan terlebih dahulu, karena disini juga otomatis masuk ke draft terlebih dahulu lain halnya bila sebaliknya.

Setelah postingan dipublikasikan langkah selanjutnya adalah memperbaiki satu persatu url yang eror dengan menggunakan plugin Redirection berikut langkah-langkahnya;

Instal dan aktivasi terlebih dahulu plugin Redirection seperti terlihat pada gambar dibawah ini;

Setelah plugin terinstal dan aktif langkah selanjutnya tidak saya jelaskan di artikel ini karena sudah saya bahas pada artikel dengan judul masalah migrasi blogspot ke self hosting wordpress dan cara mengatasinya dengan plugin redirection.

Demikian terkait cara aman pindah ngeblog dari Blogspot ke WordPress semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments