Cara Atasi Android yang Lemot, 100% Work!

  • Whatsapp

Android bisa dibilang salah satu sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia. Bahkan kini Android sudah mampu kalahkan iOS. Tidak jauh berbeda dengan teknologi lainnya, HP berbasis Android ini lama – lama juga akan alami penurunan performa.

Namun Anda tentu saja tidak perlu khawatirkan hal tersebut, sebab Anda bisa dengan mudah memperbaikinya. Misalnya saja dengan cara atasi Android yang lemot berikut ini. Tak butuh waktu lama, hanya dalam 5 menit saja performa Androidmu akan kembali normal kembali.

Read More

Cara Atasi Android yang Lemot, 100% Work!

Penggunaan HP Android pastinya akan dipenuhi dengan beragam aplikasi dan game, sehingga yang demikian membuat performanya semakin melamban. Apalagi jika Anda jarang sekali melakukan maintenance, atau perawatan. Tentu saja dengan cara mudah ini Anda bisa atasi Androidmu yang lemot tersebut dengan cepat dan tepat.

Uninstal Bloatware

Kadang kalanya HP Android yang bahkan baru Anda beli sudah memiliki banyak sekali bloatware yang mungkin saja tidak berguna bagi Anda. Sebetulnya Anda bisa uninstal aplikasi bloatware seperti ini. Caranya gampang sekali, silakan simak langkahnya di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menuju ke menu Settings atau Pengaturan.
  • Kemudian pilih Apps dan carilah aplikasi Android mana saja yang akan Anda hapus.
  • Jika sudah, tap Uninstal atau Disable untuk hapus semua aplikasi yang tidak penting tersebut.

Hapus Widget

HP Android pada dasarnya juga sediakan berbagai Widget yang akan memudahkan penggunanya untuk mengakses sebuah aplikasi. Widget ini bahkan bisa diletakkan di homescreen dan bisa pula Anda mengaksesnya dengan lebih cepat. Tapi, apabila Anda inginkan performa HP Android yang lebih cepat lagi, maka Anda harus hapus sebagian Widget yang tidak dibutuhkan.

  • Pertama – tama, silakan Anda pilih Widget yang akan Anda hapus.
  • Jika sudah Tap dan tahan.
  • Drag Widget tersebut ke arah Remove untuk menghapusnya dari tampilan layar HP Anda.

Bersihkan Cache

Cache adalah data yang disimpan sementara di sistem penyimpanan internal pada sebuah HP. Cache akan catat semua aktifitas yang digunakan pada sebuah aplikasi. Tetapi kenyataannya data berukuran kecil tersebut jumlah ada banyak banget sehingga membuat Androidmu lemot.

Maka dari itu Anda harus segera bersihkan cache yang tersimpan di HP-mu. Misalnya saja dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Silakan Anda pergi ke menu Settings atau Pengaturan yang ada di HP Androidmu.
  • Jika sudah pilihlah menu Apps dan pilih juga aplikasi mana saja yang akan dihapus cache.
  • Terakhir, pilih menu Storage – Clear Cache.

Nonaktifkan Animasi

Untuk HP Android lawas, animasi yang ditampilkan di layar membuat performa HP Anda jadi lemot. Sebab, mengharuskan melakukan banyak sekali proses. Makanya Anda harus menonaktifkan atau menghapusnya agar performa HP-mu jadi lancar kembali.

  • Pertama, silakan Anda pergi ke menu Settings yang ada di HP Androidmu.
  • Lalu aktifkan Developer Options, caranya adalah dengan pergi ke menu System – About Phone – tap Build Number sebanyak 7 kali untuk mengaktifkannya.
  • Lanjutkan dengan menuju ke Developer Options kembali, lalu pilih Drawing dan Windows Animation Scale.
  • Pilihlah Animation Off, dan lakukan hal yang sama pada Transition Animation Scale serta Animator Duration Scale.

Nah, itulah tadi cara atasi Android yang lemot dengan mudah. Di sini Anda hanya butuh waktu sekitar 5 menit saja untuk menjadikan performa HP-mu normal kembali. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *