Cara Bikin Software Sendiri Bagi Pemula

  • Whatsapp

Jika berbicara mengenai perkembangan dunia teknologi memang tidak perlu diragukan lagi. Sebab saat ini sangat banyak perangkat-perangkat terbaik yang bisa Anda gunakan. Tak hanya itu saja, kini Anda juga bisa membuat software sendiri dengan mudah. Bagaimana caranya berikut ini bisa Anda lihat dengan jelas mengenai cara bikin software sendiri bagi pemula dengan mudah.

1.Pelajari Alur Tentang Cara Membuat Software

Dalam membuat sebuah software tentu Anda membutuhkan banyak ilmu dan pengetahuan di bidang ini sehingga Anda bisa membuatnya dengan baik. Untuk itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus dapat menentukan jenis pengembangan software dasar, karena ini akan menjadi kepentingan bagi Anda  khususnya bagi pemula. Jadi, pada langkah ini ada dua jenis pengembangan pada perangkat lunak yakni pengembangan aplikasi dan juga pengembangan sistem.

Read More

Pada pengembangan aplikasi nantinya akan difokuskan pada pembuatan software atau program yang bisa memenuhi kebutuhan para pengguna. Misalnya yaitu seperti video game yang berkapasitas tinggi, aplikasi ponsel dan lainnya. Sedangkan untuk pengembangan sistem akan difokuskan pula pada penciptaan dan juga pemeliharaan sistem operasi yang mana nantinya akan mengatur jalannya program atau software. Pada pengembangan ini biasanya akan sering berkaitan pula dengan pengoperasian jaringan dan juga keamanan data.

2.Mempelajari Bahasa Pemrograman Software

Cara bikin software sendiri yaitu berikutnya Anda harus bisa menguasai ataupun mempelajari bahasa pemrograman. Untuk itu, jika Anda ingin mengerjakan desain perangkat lunak dan software tentu Anda harus bisa terbiasa dengan bahasa pemrograman ataupun pengkodean dan ini bisa sebagai langkah awal untuk membuat dasar software. Ada beberapa kode atau bahasa pemrograman yang sering muncul nantinya yaitu seperti C – C, C++, Java, C # – C, PHP, Python, Objective-C dan lainnya.

3.Unduh Compiler atau Interpreter

Selain mengetahui tutorial tentang komputer maka Anda juga harus bisa mengetahui dengan jelas pula bagaimana cara membuat software sendiri. Nah, untuk berikutnya Anda juga perlu untuk mengunduh compiler ataupun interpreter. Dimana ini nantinya akan digunakan untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu seperti C++, Java dan juga lainnya. Jadinya Anda memerlukan sebuah compiler sehingga bisa mengubah kode yang Anda ketik nantinya menjadi format yang dapat digunakan oleh komputer Anda. Untuk itu, ada beberapa compiler yang nantinya dapat Anda pilih dan ini tergantung pula dari bahasa yang Anda gunakan nantinya.

4.Pelajari Konsep Dasar Tentang Pemrograman

Apapun nantinya bahasa yang Anda gunakan tentunya akan membutuhkan pemahaman tentang beberapa konsep-konsep dasar dari pemrograman. Konsep dasar pada umumnya yaitu seperti mendeklarasi variabel, menggunakan conditional statement ataupun pernyataan bersyarat, menggunakan looping ataupun pengulangan, memahami ungkapan-ungkapan dasar, menggunakan escape sequence dan memberi komentar pada kode Anda. Jadi, inilah ada beberapa cara bikin software sendiri bagi pemula yang harus Anda lihat dan perhatikan dengan baik

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *