Cara Cek Speedometer yang Mati Ternyata Gampang

  • Whatsapp

Pada artikel sebelumnya sudah saya share tutorial tentang Kenapa Motor Matic Yamaha Sering Mati dan berikut ini adalah tentang bagaimana cek speedometer yang mati, penjelasannya ada di vidio dan juga tek jadi terserah mana yang lebih mudah dipahami.

Speedometer sepeda motor sering kali mati tiba-tiba tanpa kita tahu penyebabnya. Jarum speedometer biasanya secara tiba-tiba berhenti menunjukkan kecepatan sepeda motor. Hal ini tentunya dapat membahayakan pengguna sepeda motor di jalan. Maka dari itu, pengecekan harus dilakukan ketika permasalahan ini terjadi.

Read More

Ada cara-cara yang dapat kita gunakan untuk mengecek speedometer yang mati. Cara ini sangatlah mudah dilakukan sendiri di rumah karena tidak memerlukan alat-alat yang sulit ditemukan. Dalam artikel ini, sepeda motor yang digunakan sebagai contoh adalah sepeda motor Xeon yang speedometernya mati tanpa diketahui alasannya. Namun para pengguna motor tidak perlu khawatir, cara pengecekan ini dapat dilakukan di berbagai jenis sepeda motor baik keluaran Yamaha maupun Honda.

Alat yang diperlukan:

1. Tang untuk Yamaha

2. Obeng (-) untuk motor honda.

Cara cek speedometer yang mati:

1. Pertama-tama, yang harus dilakukan adalah membuka kabel speedo yang tersambung pada roda. Cara membukanya adalah dengan menggunakan tang untuk sepeda motor Yamaha, dan obeng (-) untuk speda motor honda.

Cara Cek Speedometer yang Mati Ternyata Gampang

2. Setelah terbuka, anda bisa melihat bahwa di dalam kabel speedo tersebut terdapat kabel tembaga. Putarlah kabel tembaga sambil mengecek posisi jarum pada speedometer anda. Jika jarum speedometer tidak bergerak, maka ini adalah tanda bahwa tedapat masalah dengan speedometer atau kabel speedonya. Sedangkan jika, jarum speedometer bergerak, maka permasalahan mungkin ada pada gearboxnya.

Cara Cek Speedometer yang Mati Ternyata Gampang

3. Mengecek gearbox dapat dilakukan dengan cara memasukkan kembali kabel spido dan memutar roda. Bila jarum speedometer tidak menunjukkan adanya pergerakan maka bisa dipastikan anda harus melakukan pergantian gearbox. Permasalahan yang terjadi mungkin disebabkan gigi bulat maupun Panjang yang ada di dalam gearbox telah aus atau termakan.

Cara Cek Speedometer yang Mati Ternyata Gampang

Demikian cara melakukan pengecekan speedometer pada motor Xeon. Pengecekan ini mudah dilakukan di rumah sendiri sehingga pengguna motor tidak perlu mengeluarkan biaya yang berlebihan. Semoga artikel ini dapat membantu dan menjadi solusi untuk permasalahan sepeda motor anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *