Cara copy paste artikel dari Word ke postingan blog supaya tidak berantakan

Tips kali ini adalah tips untuk para Penulis yang suka menulis menggunakan Microsoft Word, dan pada akhirnya Anda menginginkan tulisan hasil tulisan Anda yang menggunakan Microsoft Word bisa di posting di dalam postingan blog ataupun website.

Cara mempostingnya tentu sangat mudah bila Anda sudah memiliki kemampuan dalam hal membuat blog, baik yang gratis ataupun yang berbayar, yang gratis bisa seperti mengunakan blogspot dan juga wordpress.com, mungkin salah satunya menjadi pilihan Anda. Caranya tinggal copy paste saja maka artikelpun dalam sekejap akan berpindah ke blog Anda.

Read More

Copy paste memang mudah, tetapi kita harus pahami bahwa kode / struktur didalam Microsoft Word dan kode / struktur didalam postingan blog tentu berbeda, yang akan membuat beberapa tulisan atau elemen yang pada Microsoft Word terlihat rapi tetapi pada saat setelah di publikasikan di blog menjadi berantakan.

Cara copy artikel dari Word yang berantakan;

Untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum kita memposting artikel kita dari Microsoft Word ke postingan blog supaya tidak berantakan, salah satu yang paling umum yang saya ketahui adalah dengan cara memanfaatkan tool / sofware Notepad yang sudah ada secara depault disetiap komputer yang kita gunakan.

Copy ke Notepad terlebih dahulu;

Cara menggunakan Notepad tentu cukup mudah tinggal kita copy paste Artikel dari Word-nya ke Notepad, selanjutnya Anda rapikan dulu di Notepad artikelnya, setelah dirasa rapi baru copy pastekan ke entri postingan blog Anda, namun karena pada dasarnya Notepad tidak membaca element lain selain teks maka tentunya artikel dari Word tadi akan berubah menjadi teks semua, tanpa element, dan yang lainnya yang tidak terbaca oleh Notepad.

Dengan memanfaatkan Notepad kita akan bekerja 2 kali;

  1. di Notepad untuk merapikan teks yang mungkin menjadi berantakan,
  2. di entri postingan blog untuk menambahkan dan mengatur element tambahan supaya mudah dipahami dan terlihat rapi, seperti gambar dan juga tabel bila ada.

Lalu dengan cara bagaimana supaya lebih mempermudah Cara copy paste artikel dari Word ke postingan blog supaya tidak berantakan? disini saya menggunakan 3 Tool online dan notepad++ sekaligus, lebih ribet dong bila harus menggunakan banayak Tool?” memang lebih ribet kalau belum dicoba, setelah dicoba akan tahu dan merasakan kelebihannya bisa dibandingkan menggunakan Notepad saja, dengan hasil yang lumayan memuaskan, sebetulnya hasil adalah buah dari kretifitas kita sendiri.

Gunakan 3 tool online untuk merapihkan artikel;

Saya akan coba jelaskan cara yang saya gunakan dan juga Tool online-nya,

Akses Tool online-nya;

1. Convert Word Documents To HTML 

Tool ini digunakan untuk menghapus paragraf dan beberapa kode yang digunakan di Word dan meng-Convertnya ke HTML, dan yang lainnya bisa dilihat dan dibandingakan pada hasilnya, sebetulnya dengan Tool ini juga sudah cukup bila Anda mengerti kode HTML untuk memperbaiki hasil dari Tool ini.

2. Word HTML

Tool ini sebetulnya kegunaanya sama saja, namun mungkin karena saya belum familiar mengunakannya jadi saya putuskan Tool ini saya gunakan untuk mengedit / memperbaiki hasil kerja dari Tool pertama, karena dengan Tool ini kita akan mudah mengedit dengan cara sama seperti kita mengedit di Word-nya itu sendiri.

3. Google Dokumen

Tool ini digunakan untuk mengupload dukumen Word Hal ini dilakukan untuk mempermudah mengambil / menyalin gambar yang ada di dalam File Word tersebut, nantinya tinggal copy paste saja, dengan bantuan Google Dokumen kita tidak perlu lagi mengupload gambar yang ada di file Word karena gambar tersebut akan otomatis menjadi gambar yang online dengan link yang bisa kita copy atau simpan dimana saja dipostingan blog.

Tahap tata cara kerjanya;

1.Siapkan File Microsoft Word yang berisi artikel yang akan di publikasikan di blog

2.Upload File Microsoft Word yang berisi artikel yang akan di publikasikan di blog ke Google Dokumen

3.Buka File Word blok semua artikelnya,

  • Copy ke Tool 1
  • Klik Convert to clean html
  • Klik pada Copy cleaned HTML to clipboard lalu tekan Ctrl+C pada keyboard
  • Buka Tool 2 paste / tekan Ctrl+V pada keyboard pada mode HTML
Artikel sudah siap di posting dengan menggunakan mode html
  • Klik Word Editor rapikan bila dirasa masih ada yang kurang pas

4.Selanjutnya memasukan gambar; disini tidak perlu lagi mengupload gambar seperti di entri postingan blogspot, kita tinggal buka saja file yang sudah diupload tadi ke Google Dokumen, klik pada gambar dan salin / copy lalu pastekan pada Tool 2 diposisikan sesuai dengan di artikel Word-nya.

5.Selanjutnya bila di di Word ada tabelnya; bila tabel sama saja seperti teks biasa tinggal copy ke Tool 1 dan Tool 2 lalu edit di Tool 2, rubah ukuran tabel sesuaikan dengan lebar halaman postingan, perlu dijadikan ukuran juga bila diakses perangkat mobile karena dengan cara ini tabel tidak responsive, rubah ukuran lebarnya pada 320px atau bisa cara lain cari saja di Google.

Saya rasa sampai disini selesai sudah saya jelaskan cara copy paste artikel dari Word ke postingan blog supaya tidak berantakan menggunakan Tool online dengan bantuan Notepad++ juga.   

Pada dasarnya setiap cara adalah baik dan mudah menurut pengunanya dan disini saya lebih nyaman dengan cara saya diatas, bila Anda sudah mencobanya Andalah yang menentukan cara ini efektif atau tidak.  

Selalu, bahwa setiap Tool ada kekurangan dan juga ada kelebihannya, dengan 3 Tool online dan juga Notepad++ saya rasa hasilnya sangat memuaskan dan saya tidak perlu banyak merubahnya cukup gunakan Ctrl+C dan Ctrl+V saja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments