Cara ganti nomor rekening Operasional Agen BRILink melalui web agen.bri.co.id

Berbicara soal Agen BRILink banyak sekali seluk-beluknya dari yang namanya keuntungan yang selalu diharapkan dan juga potensi kerugian yang pasti harus dihadapi paling tidak kita harus bisa meminimalisir potensi kerugian itu sendiri.

Pada kesempatan kali ini tidak akan membahas keuntungan maupun kerugian karena memang sudah di bahas pada artikel sebelumnya 3 keuntungan menjadi Agen BRILink dan resiko pada usaha Agen BRILink yang akan saya coba bahas kali ini adalah cara mengganti nomor rekening Agen BRILink.

Read More

Nomor rekening yang dimaksud adalah yang digunakan untuk menempatkan dana cadangan Agen yang digunakan untuk bertransaksi ataupun menerima dana dari Nasabah yang menarik dana tunai melalui atau dari rekeningnya mengunakan kartu ATM.

Pada awalnya saya juga tidak begitu mengetahui bahwa nomor rekening operasional itu bisa diganti dengan rekening selain yang didaftarkan oleh petugas Bank pada awal kita mendaftar menjadi Agen BRILink.

Kenapa saya memilih ganti rekening operasional dengan jenis BRITAMA BISNIS?

Karena rekening yang digunakan pada saat mendaftar jenis tabungannya adalah SIMPEDES, dan tabungan jenis ini tidak gratis biaya admin dengan begitu ada biaya yang akan dikeluarkan yang akan didebet otomatis pada seiap bulannya.

Untuk mensiasati hal itu saya mengganti nomor rekening operasional dengan jenis BRITAMA BISNIS. Rekenig jenis ini tentunya sebenarnya tidak gratis biaya admin malahan rekening jenis BRITAMA BISNIS biaya admin bulanannya lebih besar yaitu Rp.50000.

Lalu kenapa saya lebih memilih jenis rekening ini? BRITAMA BISNIS akan mendebet biaya bulanan apabila saldo rekening kurang dari Rp.5 juta, dan bila saldo minimalnya adalah Rp. 5 juta maka rekening jenis ini gratis / bebas biaya bulanan.

Rekening jenis lain seperti SIMPEDES ini memiliki biaya bulanan yang ringan jauh dari BRITAMA BISNIS yaitu sekitar 7 rb- 8rb sudah berikut biaya ATM. Rekening jenis ini tidak ada gratis biaya bulanan seperti BRITAMA BISNIS, berapapun minimal saldo akan tetap ada biaya bulanan.

Bila ingin saldo tidak berkurang pada setiap bulannya maka saldo minimalnya adalah harus sekitar Rp. 20 juta. Dengan minimal saldo 20 juta bukan berarti jadi bebas biaya admin seperti BRITAMA BISNIS namun biaya admin akan tertutupi oleh bunga rekening.

Jadi kenapa saya memilih rekening BRITAMA BISNIS untuk digunakan sebagai rekening operasional itu karena perbandingan biaya admin SIMPEDES dan BRITMA BISNIS. BRITAMA BISNIS dengan saldo minimal 5 juta maka tidak dikenakan biaya bulanan, lain dengan SIMPEDES berapapun minimal saldo akan kena biaya bulanan.

Cara mengganti nomor rekening operasioanal Agen BRILink.

Cara mengganti nomor rekening operasioanal Agen BRILink dengan cara mengakses web Merchant BRILink Web agen.bri.co.id dan selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada menu navigasi sebelah kiri klik MERCHANT BRILINK WEB. Ada 2 pilihan Data Outlet dan Data User Outlet pilih Data outlet.
  • Pada Data Outlet ada beberapa pilihan seperti KODE OUTLET, NAMA OUTLET, LIMIT HARIAN, REKENING, NO TELEPON, OPSI, pilih pada OPSI klik Ubah Rekening .
  • Bila sudah tampil data seperti Kode Outlet BRILink Web, Nama Outlet BRILink Web, Nomor Rekening,dan dipaling bawah ada User ID Internet Banking dan Password Internet Banking (kosong) isi dengan User ID  dan Password Internet Banking rekening BRI yang akan menggantikan rekening yang lama, lalu klik Login.
  • Selanjutnya, pilih Nomor Rekening Baru
  • Cek SMS kenomor HP yang terdaftar di Internet Banking (pastikan pulsa mencukupi)
  • Masukan Token Internet Banking
  • Masukan Password Internet Banking
  • Klik EDIT

Selesai, cek pada Data Outlet apakah nomor rekening sudah berganti.

Bagaimana dengan Fee Agen?

Satu lagi untuk info tambahan saja, untuk Fee akan tetap masuk kerekening Operasional yang pertama (rekenig SIMPEDES) yang didaftarkan oleh Petugas Bank. Rekening Opersional pengganti digunakan untuk dijadikan sumber dana talangan untuk transaksi transfer menggunakan ATM Agen, transaksi pembayaran dan lain-lain yang sipatnya Nasabah membawa uang Cash, dan juga sebagai rekening tujuan dana bila Nasabah tarik tunai mengunakan ATM-nya maka dana akan masuk kerekenig Operasional Agen yang baru.  

Sekian, semoga bisa bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *