Cara Membuat Program Aplikasi Software yang Mudah

Tutorial tentang komputer—Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini semakin banyak program yang bermunculan. Program tersebut hadir tidak lain adalah untuk memudahkan pekerjaan manusia sebagai salah satu keuntungan dari penemuan atau pengembangan program tersebut. Sebaliknya adapula program yang sifatnya merusak seperti halnya malware, virus dan sebagainya. 

Salah satu manfaat adanya penemuan program baru adalah seperti operasi sederhana yang dimanfaatkan untuk menghapus cache dan histori dari beberapa file terdahulu yang sebelumnya sudah pernah dibuka. Dengan penemuan software baru ini, Anda tidak perlu melakukan cara manual yang tentu saja lebih tidak praktis dan memakan banyak waktu. Ini adalah alasan kenapa saat ini banyak orang yang mahir di bidangnya mencoba untuk menemukan software yang mempermudah pekerjaan manusia. Berikut cara membuat program aplikasi software yang bisa Anda praktekkan. 

Read More

Kaitannya dengan cara membuat program aplikasi software, ada istilah yang lekat dengan aktivitas yang satu ini, yaitu user interface. Ini adalah bentuk kasat mata dari program yang menjadi media interaksi antara pengguna dengan programnya. Berikut langkah praktis merancang desain antarmuka antara program dengan user yang didasarkan pada “Eight Golden Rules of Interface Design” yang ditemukan oleh Shneiderman

  • Konsistensi

Pertama yang perlu dipertimbangka adalah konsistensi yang ada pada sistem yang kita tawarkan, urutan perintah yang diberikan, perintah, tindakan serta istilah apa saja yang ada pada software tersebut. 

  • Shortcut

Pertimbangan kedua adalah shortcut. Fungsi shortcut tidak lain adalah untuk memudahkan user dalam berinteraksi dengan program Anda. 

  • Feedback

Sebagai programmer, kita sebaiknya memberikan respon yang informatif terhadap pertanyaan user. Berikan feedback entah itu baik atau buruk. 

  • Dialog Closure

Ini adalah langkah yang semestinya ditempuh oleh user untuk menutup sebuah proses dengan memberikan instruksi yang jelas. 

  • Simple Error Handling

Adanya penanganan masalah pada software tersebut yang sederhana. Cobalah untuk mendesain program sesederhana mungkin sehingga user dapat terhindar dari error. Jikapun terjadi, maka sistem mampu dengan mudah mendeteksinya. 

  • Reversible Actions

User sering kali merasa khawatir karena jangan-jangan kesalahan yang dilakukan tidak bisa segera diperbaiki. Untuk itu, software yang baik adalah yang dirancang agar dapat kembali ke tindakan sebelumnya dengan lebih mudah. Dengan demikian, user tidak lagi khawatir jika ingin mengeksplorasi lebih jauh. 

  • Put User In Control

Akan lebih menyenangkan jika kita memposisikan user disini tidak sebagai responden namun lebih sebagai inisiator saat bertatap muka dengan program Anda. 

  • Reduce short-term memory load

Cara membuat program aplikasi software adalah cobalah untuk membuat software aplikasi yang sesederhana mungkin. Dengan aplikasi yang sederhana, user akan lebih mudah untuk mengoperasikannya.