Cara memperbaiki BOOTMGR is Missing Notebook Axioo Pico

Dihari ini saatnya berbagi tentang seputar komputer dan di artikel kali ini adalah masalah yang baru saja saya hadapi gara-gara saya instal OS Windows 7 pada Notebook yang baru di beli. Notebooknya sih seken tapi lumayan masih bisa dipakai tetapi karena jarang dipakai menurut penjualnya sehingga OS jadi eror pada saat booting, masih bisa masuk sih tetapi bisa sangat lama sampai harus berulang-ulang boot.

 BOOTMGR is Missing Notebook Axioo Pico

Dengan sedikit pengetahuan tentang cara instal Windows saya lakukan sendiri, tentu pekerjaan ini jauh berbeda dari pekerjaan saya sehari hari sebagai Agen BRILink tetapi memang harus saya lakukan sendiri dengan alasan daripada bayar Orang atau Bengkel kalau sendiri kan gratis, ya” walaupun saya tahu ada resiko harus ditanggung sendiri bila salah dalam instalasi seperti yang saya lakukan pada instalasi windows kali ini.

Read More

Notebook yang saya beli dan saya instal ulang adalah merk Axioo Pico Notebook ini mempunyai body mungil dengan spesifikasi lumayan sesuai dengan harganya seperti pada saat saya beli kondisi notebook sesuai dengan budget yang saya keluarkan. Instal ulang notebook sebetulnya bukan pertama kali saya lakukan dan masalah eror seperti kali inipun bukan pertama kali, sudah ada 3 kalinya sebelum yang ini pernah terjadi juga bahkan sangat mirip dengan yang sekarang yaitu kesalahan penghapusan partisi pada saat menentukan lokasi instal windows.

Tentu memang saya sudah tidak kaget lagi dengan masalah ini walaupun memang membuat saya kesal dan rada rada khawatir kali ini saya tidak bisa menyelesaikannya, dengan sabar saya tetap mencoba dan mencobanya dengan cara cara yang sebelumnya sudah saya lakukan dalam mengatasi masalah instal ulang windows yang sebelumnya terjadi pada laptop merk lenovo dan pernah saya alami juga pada PC rakitan.

Masalah yang dihadapi adalah diakibatkan sama dari salah menghapus partisi pada saat instal windows yang berakibat hardisk corupt dan eror, dan bila sudah seperti ini tidak akan bisa lagi untuk melakukan instal ataupun upgrade windows, lebih celakanya lagi ini berakibat notebook tidak bisa lagi boot, walaupun booting sudah dipindahkan kesemula bukan lagi melalui flasdisk yang sudah diinstal windows.

Apa yang terjadi bila semua sudah terjadi seperti ini, saya tidak menemukan cara untuk membuat notebook normal kembali kesemula sebelum saya melakukan instal ulang dan gagal, pada semula walaupun lama dan harus ulang dan ulang tetapi masih bisa booting dan notebook bisa nyala. Sudah coba berulang kali restart seperti petunjuk yang tampil dilayar tetapi masih tetap booting gagal dengan tampilan pada layar BOOTMGR is Missing – PRESS Ctrl +Alt+Del to restart.

Sebagai solusi terakhir masalah ini saya selesaikan dengan memperbaiki hardisk notebook yang eror karena saya rasa masalahnya ada pada hardisk, berikut cara saya dalam menyelesaikan BOOTMGR is Missing – PRESS Ctrl +Alt+Del to restart pada laptop, PC ataupun notebook seperti kali ini saya perbaiki.

Sebelum kita melakukan perbaikan pastikan sudah menyiapkan alat-alat seperti yang pastinya komputer yang normal untuk nantinya memformat Hardisk, obeng min kecil dan juga obeng plus yang kecil dan siapkan adaptor colokan hardisk ke USB ini diperlukan nantinya digunakan untuk konek hardisk yang eror disebabkan instal OS windows tidak selesai ke komputer.

Berikut adalah cara terakhir saya dalam memperbaiki masalah diatas, bisa dicoba bila hal ini juga sedang Anda alami, caranya bisa dibilang mudah hanya perlu ketelitian dan hati-hati” ikuti lang-langkanya berikut ini:

LANGKAH-LANGKAH MEMPERBAIKI HARDISK BOOTMGR is Missing – PRESS Ctrl +Alt+Del to restart (Notebook Axioo Pico).

1.Langkah pertama adalah membuka Hardisk notebook.

2.Siapkan obeng min kecil yang mempunyai lebar dan tebal kurang dari 2mm atau bisa juga dengan kawat yang mempunyai diameter yang sama

3.Buka batre notebook untuk menghindari kosleting

4.Buka keyboard menggunakan obeng tadi, tutorial membuka keyboard axioo pico bisa dilihat pada vidio dibawah:

Bila keyboard sudah terlepas, berikutnya adalah membuka Hardisk dari tempatnya,

5.Buka baut pengganjal hardisk, lepaskan pengganjal dengan cara angkat ke atas

6.Buka Hardisk dengan cara menarik ke arah tempat pengganjal yang sudah dilepas, hati-hati jangan lagsung menarik keatas sebelum Hardisk lepas dari soketnya karena bisa patah

7.Bila sudah lepas dari soket tarik keatas tetapi sebelum menarik keatas pastikan posisi Hardisk sudah mentok ke arah tempat pengganjal dan pastikan lepas dan tarik / angkat keatas dengan mudah karena tidak ada lagi pengunci.

Cara memperbaiki BOOTMGR is Missing Notebook Axioo Pico

8.Setelah Hardisk terlepas siapkan pasangkan adaptor soket Hardisk ke USB dan konek / colokan ke komputer PC / laptop yang sudah disiapkan

Cara memperbaiki BOOTMGR is Missing Notebook Axioo Pico

9.Lakukan pemormatan / hapus semua data di Hardisk untuk menghilangkan file instalasi yang tidak sempurna saat instal windows gagal tadi.

https://4.bp.blogspot.com/-J9HZz7YIiw8/XB5sk519BTI/AAAAAAAADX8/CnGimK8MLLU_bc41OIx6-exd-Voj8A69wCLcBGAs/s320/Masalah-axioo-pico.jpg

Yang dilakukan setelah hardisk kosong:

10.Setelah Hardisk kosong terformat pasang kembali ke notebook seperti semula, setelah terpasang kembali kita berlanjut kelangkah selanjutnya.

Menginstal Windows dari flasdisk

1.Siapkan flasdisk minimal 4 GB 

2.Instal OS Windows ke flasdisk menggunakan rufus nunggu sampai teristal ke flasdisk dengan sempurna, setelah selesai lanjut kelangkah instalasi ke notebook

3.Colokan flasdisk yang berisi OS Windows 10 yang saya gunakan atau berapun menyesuaikan sepesifikasi notebooknya

4.Nyalakan notebook axioo pico Anda

5.Pada saat bersamaan tombol power menyala tekan-tekan tombol F2 sampai terbuka pengaturan booting

6.Pindahkan boot ke flasdisk OS windows yang sudah dicolokan pastikan sudah terbaca oleh sistem

7.Pindahkan posisi flasdisk ke paling atas atau nomor 1 dengan cara tekan secara bersamaan +dan- atau sesuai petunjuk yang ada disamping kanan layar ditandai panah pada gambar dibawah ini

Cara mmengatur booting notebook axioo pico

Yang dilakukan setelah berhasil boot dari flasdisk:

1.Bila sudah di nomor 1 tekan F10 dan tekan Yes atau enter

2.Bila muncul Press any key to boot from USB,_ tekan tombol apa saja sesuai perintah, berikut beberapa screenshoot tampilan pada saat instalasi

3.Setelah instalasi Windows selesai pada saat komputer akan restart segera cabut flasdisk dan kembalikan boot ke Hardisk komputer dengan cara yang sudah saya jelaskan diatas, biasanya hal ini tidak perlu bila flasdisk sudah dicabut.

4.Restart notebook dan lihat hasilnya apakah notebook bisa booting sampai nyala dengan sempurna.

5.Terakahir silahkan seting pengaturan PC / notebook atau laptop Anda jangan lupa instal driver-driver dari situsnya langsung atau bila sudah ada driver pack silahkan instal. Bila menggunakan Windows 10 Pro saya rasa tidak perlu lagi instal driver, tetapi jika dibutuhkan silahkan instal driver yang sesuai.

6.Terakhir, notebook sudah bisa booting dengan normal yang awalnya susah untuk menyala setelah diinstal ulang kembali normal dan ternyata OS Windows 10 Pro bisa kompatibel dengan notebook Axioo Pico

BOOTMGR is Missing Notebook Axioo Pico bisa diperbaiki dengan cara memformat Hardisk secara keseluruhan dengan mencopot dulu Hardisk dan diformat dengan bantuan adaptor soket hardisk ke USB dan diformat dikomputer seperti kita memformat USB pada umumnya.

Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan dalam penjelasannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *