Cara Mengatasi EDC BPR KS Sering Timeout

  • Whatsapp

Salah satu penyebab EDC BPR KS timeout yang paling umum adalah dikarenakan jaringan lagi bermasalah atau hal lainnya, terkadang dikarenakan ada masalah pada perangkat mesin EDC BPR KS itu sendiri.

Salah satu penyebab selain dari masalah jaringan yang sedang bemasalah juga adalah terganggunya jaringan pada perangkat itu sendiri, seperti contoh pada kali ini EDC yang saya gunakan mengalami eror selalu timeout, jangankan untuk transaksi untuk sigon pun selalu terkendala gagal timeout.

Read More

Untuk memastikan terlebih dahulu ditanyakan ke pengguna EDC BPR KS atau mitra yang lain dan terakhir ditanyakan juga ke pihak BPR KS perihal masalahnya dan ternyata jaringan baik-baik saja juga transaksi normal seperti biasa.

Disini tentunya masalahnya ada pada mesin EDC yang digunakan, pihak BPR KS memberikan saran untuk membersihkan CIF atau kartu SIM Card pada EDC, berikut adalah caranya:

  • Silahkan matikan terlebih dahulu mesin EDC
  • Buka penutup dan cabut SIM Card
  • Bersihkan SIM Card pada CIF dengan kayu putih menggunakan tisu dibasahi, lalu keringkan kembali dengan tisu kering
  • Setelah benar-benar kering pasang kembali SIM Card pada mesin EDC, tutup dan coba nyalakan

Untuk saya sendiri dengan cara ini EDC kembali normal dan bisa digunakan lagi untuk transaksi, EDC BPR KS yang saya gunakan merk ingenico m20s.

Bila masih juga masalah tidak teratasi coba cek kembali jaringan GPRS (tipe ingenico m20s masih menggunkan GPRS) apakah sinyal normal, bila sinyal terlihat turun naik coba cari tempat yang memang bisa menjangkau sinyal lebih baik. Saya sendiri karena tempat tinggal bisa dibilang dipelosok yang terkadang sinyal menjadi masalah yang umum terjadi.

Walaupun memang sinyal menjadi salah satu kendala pada EDC BPR KS karena masih menggunakan jaringan GPRS tetapi tidak selalu masih banyak faktor lainnya, silahkan bisa sering konsultasi dengan pihak BPR KS yang dimiliki nomor kontaknya.

Pada akhirnya kembali pada kesabaran yang harus selalu dimiliki oleh setiap mitra, tidak selamanya yang namanya mesin EDC dalam keadaan baik dan tidak selamanya pula mesin EDC dalam keadaan jelek atau bermasalah selama bisnis masih dijalankan, kecuali usaha sudah ditutup.

Seperti itulah salah satu penyebab timeout pada mesin EDC BPR KS yaitu disebabkan CIF atau SIM Card kotor dan cara membersihkannya, semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *