Cara mengganti batre EDC BRILink

Assalamualaikum Sobat, kali ini saya akan coba mengulas seperti apa dan bagaimana cara ganti batre (battery) EDC BRILink.

Untuk menggantinya tentunya dengan cara kita membeli baterai baru terlebih dahulu setelah itu baru melakukan penggantian. Satu lagi dari saya kalau kondisi batre EDC masih bagus jangan diganti hee..hee.. seperti saya karena batrenya masih bagus jadi tidak saya ganti, oleh karena itu pada postingan kali ini saya hanya mengulasnya saja untuk cara ganti batre EDC BRILink.

Read More

Kapan batre mesin EDC harus diganti?

Penggantian batre mesin EDC sepertinya saya rasa sama saja dengan kita mengganti batre handphone yang paling umum, penggantian dilakukan setelah batre dirasa sudah tidak bisa menyimpan daya dengan ditandai batre menjadi menggelembung, daya cepat habis walau baru dicas, bahkan bila sudah parah sudah tidak bisa lagi memberikan daya untuk mesin EDC bila tanpa bantuan charger.

Bila masalah batre sudah seperti itu maka tentunya harus dilakukan pengantian batre, bila dibiarkan terus berlanjut nantinya akan merembet ke part yang lainnya, sama seperti pada handphone tidak disarankan digunakan saat charger batre.

Cara mengganti mesin EDC BRILink tentunya harus dikoordinasikan dulu dengan pihak Bank BRI kenapa? karena mesin EDC yang ada di Agen adalah milik Bank bukan milik Agen seutuhnya, Agen hanya diberikan kepercayaan untuk menjalankan / menggunakan mesin EDC dengan tujuan meningkatkan usaha.

Selanjutnya pihak Bank akan memberikan solusi seperti apa yang harus dilakukan, apakah mesin EDC ditarik dulu untuk penggantian batre ataukah pihak Bank merekomendasikan memperbolehkan untuk mengganti batre oleh Si Agen dengan cara membeli batre baru mengunakan dana pribadi Agen.

Mungkin bila pihak Bank merekomendasikannya seperti itu tentunya keputusan menjadi ada ditangan Si Agen untuk masalah ini.

Yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli part mesin EDC

Jangan mengganti part apapun pada mesin EDC BRILink dengan tanpa sepengetahuan pihak Bank BRI, karena bila terjadi masalah yang lebih parah saya rasa Agen akan disalahkan dan oleh pihak Bank dan Agen harus bertangungjawab atas apa yang terjadi.

Bukan hanya itu saja perbaikan part atau penggantian part mesin EDC BRILink tentu membutuhkan biaya yang tentunya akan merugikan Si Agen itu sendiri. Sesuai aturan bahwa biaya perbaikan ataupun pengantian atas mesin EDC adalah bagian yang ditangung oleh pihak Bank BRI bukan pihak Agen.

Bila Agen memutuskan untuk membeli atau mengganti part mesin EDC yang rusak seperti batre dengan dana pribadi Agen karena bila diganti oleh Bank harus menunggu dengan waktu tidak ditentukan, tentunya itu adalah hak Agen setelah koordinasi dengan pihak Bank.

Untuk melakukan pembelian semisal pada kasus ini adalah batre mesin EDC saya rasa bisa dibilang sulit ditemukan untuk ditoko offline.

Kisaran harga batre mesin EDC BRILink

Tetapi pembelian bisa dilakukan secara online karena dari penelusuran saya untuk pencarian batre mesin EDC banyak ditemukan dengan harga 800 ribu sampai 1,1 juta  untuk tipe Battrey Edc Pax S900, dan 300 ribu sampai dengan 600 ribu untuk tipe Battrey Edc Ingenico Move 2500.

Setelah tahu harga dari part yang akan Agen beli perhitungkan lagi dengan keuntungan yang akan didapat apakah bisa menutupi dana pribadi yang sudah dikeluarkan untuk pembelian part tersebut.

Cara mengganti batre mesin EDC

Kembali pada cara melakukan penggantian batre pada mesin EDC yang tentunya bisa dibilang mudah Anda cukup tinggal membuka penutup batre dibelakang mesin EDC, copot batre yang lama dan ganti dengan yang baru ingat posisinya harus sama dengan posisi batre yang lama.

Bila Anda ragu atau tidak cukup paham sebelum membuka batre yang lama Anda bisa perhatikan terlebih dahulu setelah cukup paham penempatannya barulah Anda copot batre lama dan ganti dengan yang baru.

Setelah batre terpasang dengan benar pasang kembali penutup dan kencangkan bautnya bila mengunakan baut.

Di beberapa tipe EDC batrenya ada yang berbeda seperti pada tipe EDC Ingenico Move 2500 tipenya hampir sama dengan batre AA berbentuk bulat pada umunya bedanya menggunakan konektor dengan kabel untuk ke mesin EDC, sedangkan tipe batre Edc Pax S900 mirip dengan batre handphone pada umumnya.

Untuk pemasangannya semuanya PNP tinggal pasang.

Sekian terkait Cara mengganti batre EDC BRILink semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *