Cara Menghidupkan Starter Mio M3 Yang Mati

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas permasalahan Mio M3 yang mengalami kerusakan pada starter. Matinya tombol staretr sering terjadi pada Mio M3, Soul GT, dan Fino Fi. Tentu saja ini akan sangat mengganggu kenyamanan pengguna sepeda motor. Maka dari itulah, artikel ini akan mengulik lebih lanjut langkah-langkah yang dapat teman-teman lakukan untuk mengatasi permaslahan ini.

Yang pertama kali harus teman-teman lakukan adalah menyalakan kontak dan mengecek dulu starter-nya. Bila memang benar-benar mati kita akan memulai langkah selanjutnya. Aki speda motor termasuk komponen utama yang harus dicek ketika starter sepeda motor kedapatan mati. Bagaimana cara yang benar untuk melakukan pengecekan pada aki? Cobalah dengan mulai menyalakan sign. Ketika sign dapat menyala dengan normal dan lampu pada speedometer tidak mati atau redup, maka bisa disimpulkan bahwa aki masih normal. Indikasi aki tidak normal ada pada nyala lampu sign dan lampu speedometer. Ketika kedua lampu meredup maka dapat disimpulkan bahwa kondisi aki bermasalah. Selain dari lampu, teman-teman juga bisa megecek klaksonnya. Jika klakson berbunyi normal maka aki berfungsi normal.

Read More

A picture containing indoor, sitting, motorcycle, blackDescription automatically generated

Yang harus teman-teman cek selanjutnya adalah switch rem. Khusus untuk motor matic, rata-rata sepeda motor tidak bisa distarter jika rem tidak dipencet. Maka dari itu, teman-teman harus mengecek switch rem ini baik switch rem depan maupun switch rem belakang. Untuk mengecek switch rem caranya mudah. Teman-teman dapat melakukannya dengan hanya memencet switch rem tapi teman-teman harus memastikan terlebih dahulu bahwa lampu rem tersambung dan dapat menyala dengan baik. Lampu yang menyala ketika switch rem dipencet adalah tanda bahwa switch rem berfungsi dengan baik tanpa permasalahan apapun. Dalam contoh kasus Mio M3 di video, switch rem ternyata berfungsi dengan baik juga.

A picture containing object, indoor, table, sittingDescription automatically generated

Pokok permasalahan pada sepeda motor Mio  M3 di video ternyata memang bersumber dari tombol starter. Untuk memperbaikinya yang pertama harus dilakukan adalah membuka batok depan sepeda motor. Setelah batok speedometer dibuka, teman-teman harus mulai dengan mengecek tombol starter. Untuk tombol starter soketnya ada di tengah, dan dapat ditemukan dengan mudah karena hanya ada satu gulungan kabel. Berisi dua kabel pada satu gulungan, ini adalah soket tombol starter. Soketnya hanya satu saja, sedangkan yang terletak lebih ke bawah lagi adalah soket switch rem. Soket switch rem hanya perlu kita perhatikan jika switch rem mati. Biasanya ketika starter mati. yang perlu kita lakukan adalah menyambung antara kedua kabel di dalam soket saja.

A picture containing motorcycle, indoor, sitting, blackDescription automatically generated

Alat yang digunakan untuk melakukan penyambungan arus adalah kabel atau tang curut. Dalam contoh kasus di video, kita akan melakukannya dengan menggunakan tang curut. Teman-teman harus membuka soketnya terlebih dahulu dengan cara mencabutnya. Di dalam dua soket ada dua jalur ke atas dan ke bawah. Pertama-tama, kita cek dulu arus yang ke bawah. Kita harus melakukan ini dengan cara menekan rem terlebih dahulu lalu menyambungkan arus. Soket arus bawah tinggal disambung dengan menggunakan tang curut. Jika motor hidup setelah prosedur ini dilakukan maka sudah dapat dipastikan bahwa pokok permasalahan ada di bagian tombol starter. Setelah mengetahui ini, teman-teman harus membuka bagian tombol starternya.

Baca juga: Modal Kabel Cek Kerusakan Motor Injeksi Lebih Gampang

Sebelum kita membuka tombol starter, teman-teman bisa mecoba menyemprot bagian tombol starter dengan menggunakan carbon cleaner. Kadang-kadang penyemprotan ini bisa mengatasi matinya starter yang disebabkan oleh bagian berkarat. Karat dan debu melanin menyebabkan tombol starter tidak menempel dengan baik. Hal ini biasanya mudah diatasi dengan cukup menyemprotnya saja supaya kotoran hilang dan starter dapat melekat sempurna. Menyemprot tombol starter mudah sekali dilakukan dengan menggunakan carbon cleaner. Yang penting carbon cleaner masuk ke sela-sela starter. Selain dari sela-sela starter, teman-teman juga bisa menyemprot melalui bagian belakang switch rem. Semprot saja beberapa kali untuk memastikan karatnya hilang.

A picture containing indoor, sitting, black, holdingDescription automatically generated

Setelah penyemprotan selesai dilakukan, teman-teman dapat melakukan pengecekan kembali dengan menyalakan kontak lalu memencet tombol starter sepeda motor. Dalam contoh kasus yang terjadi pada Mio M3, sepeda motor langsung menyala.Kesimpulannya, ada beberapa urutan hal yang harus dilakukan untuk mengecek starter yang mati. Pertama, cek aki anda. Kedua, cek switch rem anda. Ketiga, cek sambungan soket starter. Apabila tidak ditemukan masalah pada ketiga hal tersebut maka bisa dipastikan permasalahannya ada pada tombol starternya sendiri. Tombol starter harus dibersihkan dari karat dengan menyemprot menggunakan carbon cleaner. Tapi, ketika kerusakan sudah parah komponen tombol starter mungkin saja perlu diganti.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *