Cara Menghilangkan Gredek Pada Vario Dengan Kampas Ganda Honda Beat

  • Whatsapp

Jangeby Channel memang selalu punya cara tersendiri untuk mengatasi permasalahan pada sepeda motor. Kali ini, Jangeby akan membahas mengenai Sepeda Motor Vario 150 yang sering bergetar ketika digas. Menghilangkan gredek vario 150 memang susah, baru 3 hari servis sudah gredek lagi. Penyebab vario getar di tarikan awal biasanya karena CVT sudah mulai kotor. Tapi, baru saja diservis 3 hari rasanya tidak mungkin CVT kotor lagi. Ternyata ada beberapa faktor penyebab vario 150 bergetar ini. Di antaranya bahan kampas ganda dan kekerasan per sentri yang tidak sesuai dengan kompresi dan bobot motor itu sendiri. Dalam artikel ini, Jangeby akan berusaha memaparkan cara menghilangkan getaran pada Vario dengan kampas ganda punya Honda Beat.

Baca juga: Cara Mudah Menemukan Sumber Bunyi Kasar Pada Sepeda Motor Matic

Read More

Sebulan yang lalu, Jangeby channel sempat melakukan eksperimen untuk mencoba menghilangkan getaran yang sering dialami oleh honda Vario. Yang dilakukan adalah mengganti kampas ganda Vario dengan milik Honda Beat. Setelah sebulan, pemiliknya kembali ke bengkel Jangeby untuk melakukan servis. Yuk, kita review bersama-sama kondisi Vario 150 yang kampas gandanya sudah diganti ini.

A picture containing person, holding, hand, man

Description automatically generated

Sebelumnya, pemilik sepeda motor sudah sering mengganti kampas gandanya dengan banyak jenis kampas ganda yang lain. Tetapi, Jangeby Channel menyarankan untuk menggantinya dengan kampas ganda Honda Beat. Pemilik Honda Beat pasti sudah tahu bahwa sepeda motornya jarang bermasalah dengan gredek atau getaran. Ini dikarenakan bentuk dan ukuran kampas ganda milik Honda Beat lebih kecil dengan milik Honda Vario. Ada juga yang menyarankan untuk mengganti per sentri-nya saja, tapi di video contoh kali ini, Jangeby mengganti kampas ganda secara menyeluruh.

A motorcycle parked on the side of a building

Description automatically generated

Setelah kampas diganti dan sepeda motor dicoba, pemilik bisa merasakan bahwa Honda Vario tidak lagi bergetar kasar seperti sebelumnya. Hanya saja, sepeda motor menjadi lebih minim hentakan. Karakter sepeda motor honda beat yang lembut saat stop and go dapat diadopsi oleh Vario 150 ketika kita melakukan pergantian kampas ganda.

Dua bulan kemudian pemilik sepeda motor kembali lagi ke bengkel dan memberikan review pemakaian. Pemilik sepeda motor kemudian menjelaskan apa saja kekurangan dan kelebihan sepeda motor Vario 150 setelah kampas gandanya diganti.

A hand holding a wheel

Description automatically generated

Kekurangan pertama ternyata terletak pada akselerasi yang berkurang. Berkurangnya akselerasi ini ternyata tidak banyak, terjadinya pengurangan hanya pada hentakan awal saja. Menggunakan kampas ganda Beat, sepeda motor menjadi lebih smooth dibanding dengan ketika memakai kampas ganda aslinya. Kenapa ini bisa terjadi? Usut punya usut ternyata memang per sentri pada kampas ganda Beat lebih lembek dan ban kampas gandanya lebih kecil sehingga menyebabkan beban lebih ringan. Daya cengkram dan hentakannya akhirnya menjadi lebih ringan juga. Efeknya motor terasa smooth dan tidak menendang.

Gredek atau getarannya sendiri baru timbul setelah pemakaian mencapai 2000 km. Berbeda dengan ketika masih memakai kampas ganda Vario, gredek sudah dapat dirasakan di pemakaian 1000 km. Saat memakai kampas ganda pantekan pun umurnya hanya 100-200 km lebih lama daripada yang ori. Kampas Honda Beat jelas lebih tangguh dan tahan lama dibanding dengan kampas asli Vario 150 ini. Jarak tempuh menjadi hitungan kapan pemilik motor harus melakukan servis lagi karena memang debu dan kotoran yang masuk ke dalam CVT juga tetap dapat menyebabkan getaran pada sepeda motor.

A picture containing indoor, bicycle, table, sitting

Description automatically generated

Jadi, bagi teman- teman yang mempunyai permasalahan yang sama pada Vario 150 jangan khawatir karena kita dapat mengatasinya dengan cara yang sama yaitu mengganti kampasnya dengan kampas ganda Honda Beat. Jangan lupa juga untuk selalu men-servis sepeda motor secara berkala supaya gredek yang disebabkan pemakaian, debu, dan kotoran bisa dihilangkan dengan mudah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *