Cara Menginstal Ulang Windows 10 Pada Laptop dan PC

  • Whatsapp

Ada kalanya windows 10 yang terinstal pada laptop dan PC mempunyai performa yang kurang atau mengalami permasalahan. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah pada windows 10 adalah dengan instal ulang.

Instal ulang windows 10 berbeda dengan tutorial menginstal windows pada laptop ataupun PC yang baru pertama kali menggunakan windows 10. Cara menginstal ulang windows 10 adalah dengan fitur Refresh dan Reset. Melalui fitur ini, Anda tidak membutuhkan lagi file instalasi. Nah, berikut adalah langkah-langkah instal ulang windows 10.

Read More

Refresh dan Reset Windows 10 Via Desktop

Cara pertama untuk melakukan instal ulang windows 10 pada PC dan laptop adalah melalui desktop. Langkah-langkah cara menginstal ulang windows 10 adalah sebagai berikut:

  1. Buka start menu dan pilih Settings
  2. Pilihlah Update & Service yang terdapat pada jendela yang disajikan
  3. Cari dan klik Recovery yang terdapat pada kolom sebelah kanan
  4. Kemudian pilihlah Get Started pada pilihan Reset this PC
  5. Selanjutnya pilih Keep my files agar file yang ada di laptop atau PC Anda tetap aman. jika Anda ingin me-reset windows 10 pada laptop dan PC, maka pilihlah Remove Everything
  6. Tunggu sampai proses selesai

Refresh dan Reset Windows 10 Via Boot Menu

Selain melalui desktop, cara menginstal ulang windows 10 bisa Anda lakukan melalui boot menu. Langkah-langkah instal ulang melalui boot menu adalah sebagai berikut:

  1. Buka Start Menu dan pilihlah Power
  2. Langkah kedua klik tombol Restart bersamaan dengan tombol Shift pada keyboard Anda
  3. Pilihlah Troubleshoot pada jendela yang terbuka
  4. Jika sudah, lanjutkan dengan memilih Refresh your PC untuk melakukan Refresh dan pilihlah menu Reset untuk melakukan reset pada windows 10 di PC dan laptop Anda
  5. Terakhir, tunggulah hingga proses selesai

Perbedaan Reset dan Refresh Windows 10

Fitur Reset dan Refresh secara umum hampir serupa, yaitu untuk mengembalikan sistem windows 10 seperti keadaan sedia kala. Namun, sebenarnya terdapat perbedaan di antara kedua fitur ini.

Ketika Anda memilih fitur Refresh saat instal ulang, seluruh data dan program yang terdapat pada PC dan laptop Anda tetap aman. Dalam artian tidak akan terhapus. Berbeda halnya ketika Anda memilih fitur Reset.Dengan fitur Reset PC dan laptop Anda akan melakukan proses reinstal, di mana hardisk akan diformat ulang.

Untuk mengatasi permasalahan pada windows 10, Anda bisa mencoba lebih dulu fitur Refresh. Jika permasalahan tidak bisa diatasi dengan itu, Anda bisa menggunakan fitur Reset. Akan tetapi, pastikanlah bahwa Anda mem-back up data sebelum instal ulang windows 10 agar semua data tidak hilang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *