Cara Mengisi Sensus Penduduk Online 2020

  • Whatsapp

Sensus jaman now kita yang lapor melalui online di BPS Online, kalau dulu petugas BPS datangi warga dari pintu kepintu, 15 Februari – 31 Maret 2020 bisa melalui online isi data sensus secara mandiri.

Namun sebelum melakukan isi sensus online secara mandiri baiknya siapkan Kartu Keluarga/KTP/buku nikah/dokumen cerai/surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan, bila ada keluarga tambahan yang tinggal bersama secara menetap namun belum terdaftar di KK jangan lupa siapkan juga datanya sama halnya dengan yang terdaftar di kartu keluarga.

Read More

Segera lakukan isi data sensus 2020 online secara mandiri biasanya server milik pemerintah ada masanya dimana pengguna membludak server menjadi lemot.

Berikut adalah cara mengisi form sensus kependudukan secara online:

Setelah menyiapkan dokumen yang akan dibutuhkan seperti disebutkan diatas silahkan kunjungi BPS Online

sensus penduduk online 2020
  • Masukan nomor NIK
  • Masukan nomor KK
  • Masukan kode captcha
  • Klik cek keberadaan
sensus penduduk online 2020
  • Buat password
  • Buat pertanyaan keamanan (pertanyaan keamanan sudah disediakan pilihan, pilih pertanyaan yang susah ditebak orang lain tapi mudah diingat oleh kita)
  • Silahkan klik buat password (ingat atau catat pertanyaan keamanan dan password)
sensus penduduk online 2020

Setelah berhasil buat password selanjutnya diarahkan kehalaman form pengisian data keterangan keluarga dan keterangan angota keluarga yang muncul otomatis sesuai dengan KK, dengan klik mulai mengisi.

Pada halaman pertama

Alamat Keluarga Saat Ini

Untuk alamat sendiri cara mengisinya tinggal memilih pada pilihan yang sudah tersedia, untuk mempermudah bisa ketikan nama daerahnya akan muncul pilihan. Untuk pengisian RT / RW / Dusun / Dukuh / Kampung / Lingkungan / Banjar / Jorong bila tidak ada pada pilihan bisa pilih lainya dan tuliskan namanya, dan untuk pengisian nama jalan dan nomor rumah bila belum ada nama jalan / nomor rumah bisa diisi dengan nama kampung berikut RT RW-nya.

Keterangan Tempat Tinggal Keluarga Ini

Untuk keterangan tempat tinggal yang ditanyakan adalah:

  • Status kepemilikan tempat tinggal saat ini
  • Apakah tempat tinggal ini menggunakan listrik
  • Apa sumber air minum utama yang digunakan keluarga ini
  • Apakah di rumah ini ada fasilitas jamban/ tempat buang air besar dan septic tank
  • Apakah jenis lantai terluas rumah ini

Cara mengisinya tinggal mencentang saja pada pilihan yang ada, dan bila tidak ada dalam pilihan pilih lainnya

Halaman kedua

Dihalaman ini akan muncul nama anggota keluarga yang sudah tercatat, dan dihalaman ini juga bisa menambahkan anggota keluarga baru misalkan:

  • Bayi
  • Orang lain yang sudah tinggal 1 tahun atau lebih, misalnya asisten rumah tangga/pembantu rumah tangga, famili lain, dll
  • Belum 1 tahun tetapi sudah berniat menetap di keluarga ini, misal asisten rumah tangga/pembantu rumah tangga, famili lain, dll

Halaman ketiga

Pada halaman ketiga dan seterusnya sesuai jumlah anggota yang tercatat atau yang ditambahkan pada halaman kedua adalah pengisian data/keterangan setiap anggota keluarga pada.

Halaman berikutnya / terakhir

Dihalaman ini adalah ringkasan nama anggota keluarga yang sudah tercatat atau ditambahkan, bila tertulis sudah update itu tandanya data sudah diisi semua, bila tertulis belum lengkap silahkan klik lihat untuk mengedit/melengkapi, selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengirim data tersebut dengan cara mengklik kirim atau bila masih ragu dengan data yang sudah diisikan dan ingin memeriksanya kembali silahkan klik simpan sementara, caranya bisa mengklik lihat atau bisa juga mengklik halaman sebelumnya, namun memang disarankan untuk simpan sementara untuk dilakukan cek ulang, bila sudah terlanjur dikirim maka data tidak bisa dirubah kembali.

Setelah semua sesuai maka tinggal klik kirim saja, tunggu beberapa saat pada halaman yang sama akan menerima bukti pengisian sensus sudah berhasil yang bisa di download dan disimpan dalam file PDF.

Bila ingin melihat lagi hasil isian data yang sudah dilakukan silahkan kembali kehalaman utama pada situs dan klik pada lihat hasil, namun tentunya pada hasil isian data sudah terkunci seperti disebutkan diatas bila sudah dikirim data tidak bisa dirubah kembali.

Sensus penduduk online dimulai tanggal 15 pebruari 2020 sampai dengan 31 maret 2020, dan untuk sensus penduduk wawancara akan dimulai tanggal 1 juli sampai dengan 31 juli 2020.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *