Cara Merawat motor Matic

  • Whatsapp

Bila sebelumnya sudah saya share cara Cara Membersihkan Injector Beat Fi, Vario Fi, dan Scoppy Fi pada kesempatan kali ini saya share cara merawat motor matic, berikut bisa disimak turorialnya lengkap dengan vidio untuk lebih bisa memahaminya.

Cara Merawat motor Matic

Ada beberapa tips cara merawat motor matic yang perlu diketahui oleh pengguna motor. Perawatan ini tentunya harus dilakukan secara rutin supaya motor tidak mudah mengalami gangguan yang akhirnya menyebabkan kerusakan lebih parah. Kerusakan pada motor matic sering membuat pengguna motor matic harus merogoh kocek yang tidak sedikit untuk melakukan pembenahan. Maka dari itu, pengguna motor matic disarankan melakukan servis dan check up rutin setidaknya 1-2 bulan sekali.

Artikel ini akan membagikan tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan motor matic milik pengguna. Tips-tips ini bisa dipraktekkan pada sepeda motor keluaran Yamaha maupun Honda karena cara merawat sepeda motor matic pada umumnya memang sama. Perawatan yang terpenting meliputi perawatan pada gearbox rasio dan juga mesin sepeda motor itu sendiri.

1. Gearbox Rasio

Cara Merawat motor Matic

Perawatan pada gearbox rasio dinilai sangat penting karena biaya mengganti sebuah gearbox rasio cukup tinggi. Sepeda motor yang mengalami kerusakan pada gearbox rasio akan membuat pemiliknya harus merogoh kocek sebesar kurang lebih satu juta rupiah. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada gearbox rasio adalah selang hawa, seal as roda, dan tentunya oli sepeda motor. Selang hawa bisa dibilang merupakan hal terpenting dalam gearbox rasio. Sering kali, pengguna motor melupakan sambungan selang hawa. Ketika mencopot dynamo misalnya, banyak pengguna yang akhirnya menjadi lupa untuk memasang kembali selang hawa. Padahal, selang hawa yang rusak atau tidak tersambung dapat menyebabkan jeda dan bunyi pada ban sepeda motor.

2. Mesin Motor

Cara Merawat motor Matic

Ada beberapa kasus dimana ketika kita melakukan pergantian oli, mesin kedapatan mengeluarkan asap. Hal ini biasanya terjadi karena kebocoran kompresi. Adanya kebocoran kompresi menyebabkan oli masuk ke ruang pembakaran dan akhirnya timbul asap. Asap akan hilang setelah beberapa saat tapi keadaan ini tentunya akan menghalangi kinerja maksimal sepeda motor matic anda. Gangguan lain yang sering ditemui pada sepeda motor matic adalah kebocoran pada knalpot dan shock belakang. Untuk mengatasi gangguan-gangguan seperti ini, pengguna diharapkan rajin mengganti oli serta melakukan servis injeksi. Apabila servis injeksi tidak dilakukan, filter udara biasanya menjadi kotor. Debu dan kotoran akhirnya masuk ke dalam throttle body. Kemudian, piston menarik debu ke klep dan akhirnya membuat klep tidak dapat menutup dengan sempurna. Proses yang buruk inilah yang kemudian membuat sepeda motor matic menjadi berebet maupun kekurangan tenaga.

Simak pada vidio berikut untuk lebih jelasnya, tapi sebelumnya silahkan subcribe, like, share dan komen vidionya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *