Cara Mudah Ganti PIN ATM BRI dan Manfaatnya Bagi Nasabah

  • Whatsapp

Tahukah kamu bahwa PIN ATM perlu untuk diganti secara berkala? Walau dianggap tidak penting oleh banyak orang, kamu harus tahu bahwa PIN ATM ini sangat perlu untuk diperbaharui untuk menghindari resiko pembobolan dana di rekening tabungan kamu. PIN (Personal Identification Number) berfungsi sebagai kata kunci data keamanan dana dan informasi keuangan. Oleh sebab itu kamu harus selalu menjaga kunci keamanan tersebut agar terhindar dari motif-motif kejahatan dan modus penipuan yang bisa mengintai keamanan rekening.

Contohnya adalah modus penipuan skimming dan phishing. Modus penipuan skimming adalah tindakan berupa pencurian informasi yang dilakukan cara meng-copy informasi yang ada pada strip magnetik kartu kredit atau debit dan dilakukan secara ilegal. Tindak kejahatan ini biasanya dilakukan pada mesin ATM yaitu dengan cara memasukkan skimmer ke mesin ATM. Sementara itu, modus pencurian phishing adalah tindak kejahatan yang dilakukan secara online dengan tujuan mengambil data-data pribadi seseorang. Pembobolan online biasanya dilakukan via email, SMS, Whatsapp hingga social media.

Manfaat Ganti PIN ATM.

Ada banyak manfaaat yang akan kamu dapatkan dengan mengganti pin ATM, salah satunya terhindar dari tindak kejahatan seperti skimming dan phisning, Tidak hanya itu saja, terdapat juga beberapa manfaat yang kamu dapatkan saat PIN ATM kamu diganti secara berkala. Penasaran manfaat-manfaat aja. Yuk, simak berikut manfaatnya.

  1. Meningkatkan Keamanan
    Terhindar dari resiko-resiko kejahatan pembobolan dana direkening tabungan, itu artinya ATM kamu memiliki keamanan yang baik. Ini lah manfaat utama yang kamu dapatkan jika rajin mengganti PIN ATM secara berkala. Walau sering dianggap merepotkan, namun cara ini adalah cara yang paling mudah untuk meningkatkan keamanan dana rekening kamu.
  2. Menghilangkan Jejak Transaksi
    Untuk mengindari hal buruk dan sebagainya, kamu dapat menghilangkan jejak transaksi dengan mengganti PIN ATM. Itu sebabnya, mengganti PIN ATM memberikan manfaat untuk mengamankan data kamu.
  3. Meningkatkan Kenyamanan Transaksi
    Jika kamu adalah orang yang sangat ramah bahkan sampai ke urusan PIN ATM yang bisa diketahui oleh sahabat-sahabat kamu. Jangan khawatir, dengan mengganti PIN ATM secara berkala kamu tetap dapat bertransaksi dengan nyaman. Karena PIN ATM kamu akan selalu berubah dan tidak akan diketahui oleh orang lain lagi.

Bahaya Bila PIN ATM Terlalu Lama Tidak Diganti.

Sudah disarankan untuk mengganti PIN ATM secara berkala, tetapi masih tetap tidak melakukannya. Kamu harus tahu akibatnya. Berikut ulasan tentang bahaya saat kamu sudah terlalu lama tidak mengganti PIN ATM.

  1. Kurangnya Tingkat Keamanan
    Memiliki PIN ATM yang jarang diganti memiliki potensi untuk diketahui oleh orang-orang disekitar kamu. Tidak masalah jika mereka adalah orang yang kamu kenal dan kamu percayai. Tapi, apakah kamu pernah berpikir bahwa PIN ATM kamu diketahui oleh orang lain? Pasti was-was dong perasaan kamu. Ini adalah dampak yang akan kamu rasakan saat kamu jarang mengganti PIN ATM kamu. Jejak transaksi ATM kamu akan selalu tersimpan yang dapat mengurangi tingkat keamanan dana rekening kamu.
  2. PIN ATM Menjadi Disable
    Tidak heran lagi jika kamu jarang mengganti PIN ATM kamu, ATM tersebut akan di-disable secara otomatis oleh pihak BanK. Perlu kamu tahu bahwa Bank BRI secara otomatis akan mendisable kartu debit nasabah jika tidak mengganti PIN ATM sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dimana hal ini bertujuan untuk mengamankan kartu nasabah agar terhindar dari kasus kriminal, seperti kasus skimming. Jadi gimana? Masih tidak mau juga untuk mengganti PIN ATM?

Bila terlanjur kartu ATM di disable silahkan dibaca juga: Cara Mengatasi / Mengaktifkan Kartu ATM bila Kena Disable.

Cara Mengganti PIN ATM BRI.

Sering dianggap ribet dan merepotkan, mengganti PIN ATM ternyata tidak sesulit yang dibayangkan lho. Penasaran gimana cara mengganti PIN ATM? Yuk, simak cara-cara mengganti PIN ATM berikut ini.  

Mengganti PIN ATM di Mesin ATM BRI.

Berikut cara mengganti PIN ATM di mesin ATM BRI:

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM
  2. Pilih Bahasa Indonesia
  3. Pilih Lanjutkan
  4. Masukkan PIN
  5. Pilih Transaksi Lain
  6. Pilih Menu UBAH PIN
  7. Masukkan 6 digit pin baru
  8. Ulangi memasukkan 6 digit pin yang baru kamu masukkan
  9. Ubah Pin Berhasil !! Ingin transaksi lagi???
  10. Pilih tidak
  11. Ambil kartu ATM (Kamu telah berhasil mengganti PIN ATM)

Di mesin EDC (EDC BRILink).

Sudah pernah dengar EDC BRILink? Jadi, EDC atau Electronic Data Capture merupakan salah satu alat untuk bertransaksi Agen BRILink yang sudah disediakan oleh pihak Bank BRI untuk Agen BRILink secara gratis. Dengan alat ini kamu juga bisa mengubah PIN ATM kamu lho. Yuk intip cara-caranya.

  1. Pilih MINI ATM
  2. Keudian pilih Ubah PIN
  3. Pliese Swipe Costumer Card/ Gesekan Kartu ATM nya
  4. Masukan PIN Lama
  5. Masukan PIN Baru
  6. Konfirmasi PIN Baru yang baru saja dimasukkan/ masukan lagi PIN Baru
  7. Kemudian Keluar Trace/ Struk/ Kertas yang artinya Sukses

Syarat-Syarat ganti PIN ATM.

Saat ingin mengganti ATM, berikut syarat yang harus kamu penuhi.

Menggunakan Mesin ATM atau EDC BRILink.

  1. Memiliki ATM itu sendiri
  2. Mengingat PIN lama ATM Tersebut

Melalui CS BRI / Dikantor Bank.

  1. Memiliki ATM itu sendiri
  2. Mengingat PIN lama ATM Tersebut
  3. Menyiapkan buku rekening, KTP pemilik apabila memang diperlukan untuk mereset PIN, dengan cara ini maka PIN ATM akan kembali ke defaultnya, setelah PIN berhasil direset oleh CS Bank segera lakukan penggantian PIN dengan cara diatas.

Jadi gimana nih, udah tahu kan pentingnya mengganti PIN ATM secara berkala. Jadi jangan sampai di-disable dulu ya. Kamu harus rajin untuk menggantinya. Ingat, semakin sering rajin kamu mengganti PIN kamu, semakin aman data transaksi rekening kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *