CARA MUDAH MENCOCOKAN SHARING FEE AGEN BRILink

  • Whatsapp

Pada tulisan sebelumnya, saya membahas Cara Melihat Rincian Sharing Fee pada Portal Agen Brilink. Rincian transaksi dan sharing fee bisa kita lihat dengan cara mendownload file laporan format Microsoft Excel lalu kita bisa mencocokkannya dengan jumlah sharing fee yang masuk ke rekening kita.

Tapi saya sendiri suka sedikit malas untuk log in dan mendownload laporan tersebut, untuk sekedar melihat atau ingin tahu berapa jumlah sharing fee yang akan saya terima, saya lebih memilih cara mudah seperti berikut ini:

Read More

Yang pertama, setiap pagi saya mencetak REPORT (Laporan) transaksi hari kemarin. Misalnya pada pagi hari tanggal 23 Maret, saya masuk ke menu REPORT Mini ATM untuk mencetak laporan transaksi pada tanggal 22 Maret caranya:

  • Tekan Menu
  • Mini ATM
  • Report
  • Past Summary
  • Kemudian masukkan tanggal bulan dan tahun dengan format DDMMYY (untuk tanggal 22 Maret 2016 => 220316) setelah itu ENTER, maka akan tercetak laporan seperti gambar berikut:

Setelah tercetak, saya hitung total sharing fee untuk transaksi hari tersebut secara manual:

Pada laporan tersebut terlihat pada tanggal 22 Maret saya melakukan transaksi transfer sesama BRI 12, Transfer antar Bank 11, dan PLN prepaid 1. Untuk transfer sesama BRI agen mendapat fee Rp. 500, transfer antar bank Rp. 2.500 dan PLN Rp. 1.250. Jadi total fee yang saya dapat adalah:

Transfer Sesama BRI: 12 x 500 = 6.000
Transfer Antar Bank: 11 x 2.500 = 27.500
PLN: 1 x 1.250 = 1.250
Total Sharing Fee = 34.750

Saya tulis total fee tersebut pada kertas laporan tadi dan beri keterangan tanggal.

Setelah itu simpan/kumpulkan kertas laporan tadi dan tunggu BRI mengirim sharing fee tersebut pada rekening kita. Setelah sharing fee tersebut masuk, kita tinggal mencocokkan jumlahnya.

Untuk mengecek masuknya fee, saya gunakan internet banking karena dengan menggunakan internet banking kita bisa melihat mutasi rekening lengkap dengan keterangannya, jadi kita bisa mengetahui sharing fee yang masuk adalah sharing fee untuk tanggal berapa. Karena BRI mentransfer sharing fee tidak teratur dan tidak setiap hari. Misalnya pada tanggal 22 Maret 2016 ada sharing fee yang masuk dan sharing fee tersebut adalah untuk tanggal 13 dan 16 Maret 2016. Karena itu kita membutuhkan internet banking untuk melihat mutasi rekening lengkap dengan keterangannya, seperti gambar di bawah ini:

Gambar diatas adalah mutasi rekening untuk tanggal 22 Maret 2016. Ada dua transaksi masuk dengan keterangan Kredit Merchant Agen Brilinks 13/02/216 dan Kredit Merchant Agen Brilinks 16/02/216. Itu artinya ada dua transaksi masuk sharing fee untuk tanggal 13 dan 16 Maret.

Catatan:
Tidak semua transaksi yang kita lakukan dengan mesin EDC mendapatkan sharing fee. Transaksi yang kita lakukan dengan Menu Tunai (Setor Simpanan, Setor Pinjaman, dan Tarik Tunai) tidak mendapatkan sharing fee.

Saya sendiri setiap harinya lebih banyak menggunakan menu Tunai untuk Setor Simpanan, oleh karena itu transaksi yang saya lakukan dengan Mini ATM sangat sedikit, karenanya sharing fee yang saya dapatkan setiap harinya pun sedikit. Tapi dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu yang sudah saya jelaskan pada tulisan sebelumnya, Transfer Sesama BRI, Setor Pasti, Setor Simpanan atau Tarik Tunai? saya lebih memilih menggunakan menu Setor Simpanan untuk transaksi setor tunai pada rekening BRI.

Jika kita ingin mengetahui berapa total transaksi yang kita lakukan dalam satu hari, kita bisa mencetak kedua laporan pada Mini ATM dan Tunai. Laporan untuk transaksi yang menggunakan menu Tunai bisa kita cetak dengan cara:

  • Menu
  • Tunai
  • Report
  • Past Summary/Today Summary
  • Enter

Pada gambar diatas, untuk transaksi yang saya lakukan pada tanggal 22 Maret 2016, pada menu Mini ATM berjumlah 24 transaksi dan pada menu Tunai 46 transaksi. Jadi total transaksi pada tanggal 22 Maret adalah 70 transaksi.

Diatas adalah sebagai contoh saja bukan data terbaru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

  1. Halo gan,kata saudara saya yang menjadi agen BRI Link, setiap transaksi yang terjadi, misalnya ada konsumen agen BRI Link mau transfer sesama nomor rekening Bank BRI, kemudian dia menggunakan menu setor simpanan, ketika proses berhasil maka fee nya Rp.3.000 di bagi 2, si agen dapat Rp. 1.500. nah jadi pertanyaan ini adalah, ketika ongkos administrasi pada transaksi tsb di potong atau di Debet dari Saldo rekening si Agen BRI link sejumlah Rp.3.000, dan beberapa hari atau beberapa waktu nanti ada dana masuk untuk si agen BRI Link sebagai fee sejumlah Rp.1.500, nah di sini saya kurang faham, soalnya di sini BRI hanya mengembalikan potong transaksi tadi nya Rp.3.000 , menjadi Rp.1.500, seharusnya di kembalikan Rp.3.000 ( Debetan dari rekening si Agen BRI link ) + fee Rp.1.500 = Total Rp.4.500 ke rekening si Agen BRI Link tsb . Mohon pencerahannya.

    1. Fee yang dibebankan bank adalah semisal 3rb maka itu adalah pada dasarnya dibebankan kepada nasabah namun karenakan nasabah membawa uang cash maka dana berikut biayanya diambil dari rekening agen namunkan nasabah memberikan uang sejumlah yg ditransfer ditambah adminnya semisal 3rb contoh: nasabah transfer 100rb maka nasabah memberikan uangnya 103rb

  2. Jadi kalau begitu sebaiknya pihak BRI cukup memotong Rp.1.500, dari beban administrasi transaksi tanpa potongan Rp.3.000, toh yang dipotong untuk keperluan administrasi transaksi kan hanya Rp.1.500, kesimpulan saya Real transaksi fee belum kelihatan, mungkin bahasa dari pihak BRI mengatakan hal tsb . si agen BRI Link lebih untung kalau konsumen menggunakan Kartu ATM nya sendiri untuk transaksi ke agen BRI Link, karena fee akan real terjadi secara real, fee di dapat dari Rp.1.500 dari rekening si konsumen yang di potong dan dapat secara langsung dari konsumen secara tunai. Mohon petunjuk.

    1. Mungkin itu sudah regulasinya seperti itu, sebetulnya secara umum pantauan saya agen didaerah membebankan biaya tambahan sebesar 2rb sd 5rb tergantung daerahnya utk tp dengan uang cash

  3. Oke gan, terima kasih atas masukannya. Hal ini bisa menjadi tambahan pengetahuan saya, karena kebetulan saya di tawarin untuk menjadi agen BRI Link oleh pihak BRI KCP di daerah saya. Sebelum saya menjadi agen mereka, saya cari2 info secara offline dan online. Semoga mas nya lebih mendapatkan fee lebih banyak dari sebelumnya. Aamiin