Cara Mudah Mengatasi Suara CVT Matic Kasar Akibat V-belt Kering

  • Whatsapp

Cara mudah Mengatasi Suara CVT  Matic Kasar Akibat V-belt Kering

Kenyamanan merupakan hal penting dalam berkendara selain keamanan. Bagi pengguna motor matic sering tidak disadari tiba-tiba kendaraan mengeluarkan bunyi yang tidak nyaman saat berkendara. Hal ini menganggu pengendara itu sendiri dan juga pengendara sekitar. Suara kasar yang muncul pada CVT bisa diakibatkan banyak hal. Salah satunya adalah karena V-belt yang kering.

Read More

Terkadang para pengguna tidak sadar bahwa yang menyebabkan bunyi yang kurang nyaman tersebut berasal dari suara V-belt yang kering. Bagi pengguna yang tidak tahu, permasalahan ini juga bisa merembet ke mana-mana, misalkan pada laher CVT, roller, kipas atau lain-lain. Pada akhirnya, para pengguna matic akan sangat terburu-buru membawa kendaraanya ke bengkel dan mengeluarkan ongkos lebih mahal. Padahal  mengatasi suara Vbelt yang kering cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri dengan cara yang sederhana.

Pertama, teman-teman dapat membuka blok CVT dengan menggunakan kunci T. Lalu, siapkan pelumas CVT utuk melumasi vbelt. Sebelum dilumasi, teman-teman juga dapat membersihkan V-belt terlebih dahulu. Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan air, carbon cleaner, maupun bensin.

Teman-teman dapat melumasi V-Belt bagian dalam dan bagian luar ketika mesin menyala. Tetapi, melakukannya pada saat mesin mati tentu akan membiat pekerjaan menjadi lebih mudah dan aman. Anda dapat melumasi V-belt dengan pelumas khusus yang tersedia di bengkel atau pun took otomotif terdekat. Harganya cukup murah yaitu berkisar diantara 18.000 rupiah hingga 30.000 rupiah.

Baca juga: Pemasangan Roller Yang Baik Dan Benar

Setelah selesai melumasi V-belt, teman-teman dianjurkan untuk mengamati perbedaan suara Vbelt sebelum dan sesudah dilumasi. Jika ternyata suara sepeda motor masih berisik, teman-teman harus mengulangi sekali lagi prosedur pelumasan. Namun, jika suara sudah halus, maka teman teman dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Ketika telah selesai melumasi vbelt pasang kembali blok CVT. Pelumasan ini bertujuan agar Vbelt tidak terlalu keras, dan sedikit basah. Cara ini bisa dilakukan dirumah dan tidak memakan biaya yang banyak. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *